Fashion & Beauty

6 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Memilih Pakaian

Memilih Pakaian

Tak dapat dimungkiri, penampilan adalah hal yang sangat penting. Pernyataan ini nampaknya agak susah untuk disangkal. Sebab, orang lain melihat diri kita pun pertama adalah dari penampilannya. Hal tersebut menjadi kesan pertama di mata orang lain. 

Nah, kesan ini sangat penting untuk kelanjutan hubungan ke depan. Melalui kesan pertama, seseorang dapat memilih teman mana yang satu visi dan satu tujuan. Dengan begitu tentu akan memudahkan dalam hidup bukan?  

Untuk masalah penampilan, ada baiknya kamu mulai memperhatikan pakaian yang kamu kenakan. Sebenarnya hal tersebut tidaklah sulit asal kamu sudah mengenali dirimu sendiri. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Berikut ini enam tips memilih pakaian yang penting untuk diperhatikan. 

1. Warna 

Pertama, warna menjadi hal penting yang wajib kamu perhatikan ketika memilih pakaian. Warna inilah yang menampilkan pakaian kita di mata orang lain. Selain mencerminkan kepribadian, warna pakaian juga dapat diselaraskan dengan warna kulit. Dengan kata lain, pilihlah warna-warna yang cocok untuk kulitmu. 

Biasanya kamu akan mengerti warna apa yang cocok dan warna apa yang kurang cocok untukmu. Hal ini bisa terlihat ketika kamu cenderung menyukai sejumlah warna. Kamu juga menghindari beberapa warna yang lain. 

Dengan begitu, kamu bisa membedakan mana warna yang sebenarnya sesuai kepribadian dan mana warna yang bukan kamu banget. Pemilihan ini sangat penting untuk menjaga tampilan dirimu agar tetap menawan. Jangan pernah menyepelekan pemilihan warna ketika akan memilih pakaian ya. 

2. Model Pakaian 

Sebagian besar orang mungkin saja selalu tampil trendy. Golongan orang tersebut biasanya tak pernah ketinggalan zaman dalam hal model pakaian. Hampir setiap pakaian dengan model terbaru pasti langsung masuk daftar barang keinginan. Tak jauh-jauh, hal ini bertujuan agar penampilan tetap modis. 

Kalau kamu adalah tipikal orang yang pakaian apa pun cocok, kamu sangat bisa mengikuti model fashion terkini. Namun, kalau kamu tipe orang yang menyukai kesederhanaan, tidak ada salahnya untuk bertahan dengan model pakaian yang simpel. Misalnya cukup dengan mengenakan kaos polos, celana chino atau cargo, dan sepatu converse. 

Tenang saja, tipe model pakaian sederhana seperti itu tidak akan membuatmu ketinggalan zaman kok. Yang ada malah kombinasi pakaian simpel tersebut tetap lestari sepanjang zaman. Kuncinya kamu percaya diri saja bahwa pakaian tersebut mencerminkan tampilan diri yang terbaik. 

3. Cuttingan atau Pola Pakaian 

Poin ketiga yang penting untuk diperhatikan ketika memilih pakaian adalah tentang cuttingan atau pola pakaian. Saat ini banyak sekali pakaian dengan pola oversize. Pola potongan ini tidak mesti cocok untuk semua orang.  

Fatalnya, kalau salah memilih pola cutting, kamu bisa jadi merasa tidak percaya diri. Apalagi ketika baru mencoba pakaian satat hari H. Tidak ada pilihan lain untuk tetap bertahan. Untuk itu, penting sekali mengetahui mixed and matched pakaian yang cocok untukmu. 

Saat ini banyak referensi terkait cara memadukan pakaian. Khususnya pakaian model tertentu cocok untuk siapa. Nah, kamu bisa mencari sumber referensi dari Pinterest agar lebih leluasa memilih pakaian tipe kamu. 

4. Jenis Bahan 

Ketika membeli pakaian, kamu tentu menimbang-nimbang jenis bahan penyusunnya. Hal ini sangat berdampak pada jenis kegiatan apa yang akan kamu lakukan. Misalnya pergi ke negara di musim salju, tentu kamu memilih bahan pakaian yang tebal. 

Selain sesuai fungsi, jenis bahan ini juga perlu dijamin kenyamanannya. Tidak mungkin kamu memilih bahan yang kamu sendiri tidak suka bukan? Namun, tak jarang bahan ini dapat menyusut ketika dicuci. Pada awal pembelian memang bahannya sangat bagus. Akan tetapi, kok menyusut setelah pertama dicuci ya? 

Kasus ini memang biasa terjadi karena beberapa faktor. Salah satu faktor yang memengaruhi hal ini adalah baju belum garment washed. Ataupun cara mencuci kamu yang keliru. Nah, yuk mulai perhatikan kembali! 

5. Harga  

Banyak terdengar ungkapan, ada harga ada kualitas. Ungkapan tersebut tidak dapat sepenuhnya dimaknai benar. Sebab, dengan harga terjangkau pun masih bisa mendapatkan barang yang berkualitas. Dengan kata lain, bukan berarti pakaian dengan harga murah adalah pakaian yang kurang berkualitas. 

Nah, faktor harga ini sangat penting kamu perhatikan. Sesuaikan dengan anggaran yang kamu miliki. Akan lebih baik jika memang kamu telah menyiapkan anggaran khusus untuk belanja. Dengan begitu, kamu tidak perlu bingung memilih barang dengan jenis harga yang beragam. 

Jangan khawatir untuk membeli barang dengan harga murah. Yang utama adalah perhatikan kualitas pakaian tersebut. Misalnya dari segi ketebalan serat, bahan, rapi atau tidaknya jahitan, dan sebagainya. Pilih sesuai kebutuhkan kamu, tetapi jangan juga mengorbankan keinginan. 

6. Sirkulasi Udara 

Selain tampil menarik, kamu juga wajib mengutamakan faktor kenyamanan. Pakaian yang kamu pakai semestinya menjadi pakaian yang melindungi dirimu. Memang pakaian dapat mempercantik penampilan. Akan tetapi, alangkah lebih baiknya utamakan pakaian yang membuatmu nyaman. 

Terutama ketika kamu memiliki aktivitas yang padat. Tentunya kamu harus bertahan di tengah kegiatan itu dengan enjoy. Salah satu tipsnya adalah pilihlah pakaian dengan sirkulasi udara yang cukup. Dengan kata lain, kamu tidak merasa sesak ketika mengenakan pakaian tersebut. 

Nah, dengan enam tips memilih pakaian tersebut, kamu tidak perlu bingung lagi. Sesuaikan dengan kepribadian, warna apa yang cocok untukmu. Selanjutnya pilih bahan dan cutting yang tepat. Pertimbangkan kenyamanan kamu saat mengenakan pakaian tersebut. Dan terakhir, jangan lupa meninjau harga sesuai anggaran yang akan kamu keluarkan. 

To Top