Fashion & Beauty

7 Cara Menjaga ‘Sneakers’ Putih

Cara Menjaga 'Sneakers' Putih

Perkembangan fashion memang sulit untuk diprediksi. Jika dulu banyak orang yang menghindari membeli dan menggunakan sepatu putih karena cepat kotor, kini sepatu dengan spesifik warna putih semakin banyak diminati.

Tak terkecuali dengan sepatu sneakers. Sepatu yang kini banyak digandrungi oleh kawula muda pun tak luput dari tren warna putih. Selalu ada perasaan nyaman ketika menggunakan sepatu tersebut. Selain itu, sneakers juga membuat kita lebih trendy. Sepatu itu kini bukan lagi barang langka. Di hampir semua toko-toko sepatu sudah menyediakan sneakers. Namun, bagaimana cara merawat sepatu sneakers yang berwarna putih? Dikutip dari beberapa sumber, berikut tips merawat sneakers putih:

  • Sesuaikan Produk Perawatan dengan Jenis Bahan

Ketahui dulu jenis bahan sepatu Anda. Kulit atau kanvas? Setelah itu, Anda sangat disarankan memiliki produk perawatan sepatu sesuai dengan bahan sepatu sneakers yang Anda miliki. Produk perawatan tersebut nantinya bisa punya manfaat untuk menjaga sepatu dari noda atau pun jamur. Setelah disemprotkan dengan produk pembersih khusus, Anda bisa mengelapnya dengan kain bersih. Sedangkan untuk bahan kanvas bisa menggunakan sikat gigi berbulu halus.

  • Rutin Merawat

Memiliki sepatu putih memang harus lebih rajin dalam merawatnya. Dikutip dari detikcom, menurut Didit, salah satu anggota Indonesia Sneakers Team, komunitas pecinta sneakers di Indonesia, sepatu putih sangat mudah kotor dan warnanya cepat menguning. “Itu biasanya akibat umur atau noda yang didiemin,” ujar pria yang memiliki toko sepatu Emerge by Proud To Wear. Didit menyarankan agar membersihkan sepatu setelah menggunakannya atau setidaknya satu bulan sekali.

  • Hindari Penjemuran di Bawah Matahari

Hindari menjemur sneakers di bawah matahari karena warna sepatu bisa menguning. Setelah sepatu sneakers putih dibersihkan atau terkena air sebaiknya langsung dikeringkan tanpa sinar matahari langsung. “Sebaiknya di jemur atau hanya diangin-anginkan di dalam rumah atau teras, jangan langsung terkena matahari,” saran Didit dikutip detikcom.

  • Simpan di Tempat Kering

Untuk menghindari jamur dan mengubah warna sepatu, simpan sepatu di tempat kering. Anda juga bisa menaburkan baking soda di dalam sepatu untuk menghilangkan bau tidak sedap dan juga menghindari jamur.

  • Bersihkan Sol Terpisah

Beberapa noda membandel suka menempel pada sepatu terutama pada bagian sol meski pun Anda telah membersihkannya dengan mesin cuci. Untuk mengatasinya, Anda harus mencucinya secara terpisah. Cara mencucinya yaitu dengan membasahi kain ke dalam air sabun. Lalu gosokkan ke sol sepatu Anda. Jika belum bisa hilang juga, gunakan alkohol, lalu gosokkan pada sol sneakers Anda.

  • Pakai Mesin Cuci

Jangan salah nilai. Dikutip dari Stylecaster, mencuci sneakers dengan mesin cuci juga bisa dilakukan. Namun, ada syarat khusus untuk itu. Anda perlu membungkusnya dengan kain atau handuk agar melindungi kulit sneakers dari mesin cuci. Selain untuk melindungi, ini juga berfungsi mencegah terjadinya suara benturan sneakers dalam mesin cuci. Tips lain, gunakan air dingin dalam mesin cuci tersebut. Hindari juga penggunaan bleacher. Itu bisa merusak sepatu Anda.

  • Jika Berlumpur, Keringkan Terlebih Dahulu

Anda harus menunggu lumpur yang ada di sepatu mengering dulu, baru kemudian bisa merontokkan lumpur tesebut dengan cara menepukkan kedua sol sepatu hingga lumpurnya rontok. Namun jika nodanya hanya sedikit, bisa menggunakan sikat yang dibasahi air, lalu menyikatnya di bagian yang kotor. Jangan lupa untuk melepaskan tali sepatu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top