Fashion & Beauty

Aloe Vera, Manfaat dari Masker Wajah

Aloe Vera, Manfaat dari Masker Wajah

Aloe Vera atau lidah buaya sudah dikenal sejak zaman Mesir kuno, mereka bahkan menyebutnya sebagai tanaman kebadian. Bahkan, Ratu Cleopatra yang terkenal juga menggunakannya sebagai salah satu bagian perawatan kecantikannya.

Sudah banyak penelitian telah membuktikan manfaat dari tanaman aloe vera untuk berbagai masalah kulit seperti kulit kering, bekas luka, hingga bermanfaat untuk menyembuhkan diabetes, ketombe dan masih banyak lainnya.

8 Manfaat Aloe Vera Untuk Tubuh

Oke, berikut ini ada delapan manfaat Aloe Vera tidak hanya untuk kulit, tapi seluruh tubuhmu.

Mempercepat Regenerasi Kulit

Gunakan aloe vera pada area kulit yang terbakar sinar matahari, karena mampu mempercepat regenerasi kulit sekaligus melindunginya. Ini semua karena aloe vera mengandung banyak nutrisi dan antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh kulit.

Kelembaban Wajah dan Mengobati Luka Kecil

Aloe vera bisa melembabkan wajah tanpa membuatnya terlalu berminyak, jadi kamu dengan kulit kombinasi normal-berminyak atau berminyak sekalipun bisa menggunakannya. Kamu bisa menggunakannya sebelum make up agar tidak menjadi kering, dan para pria bisa menggunakan aloe vera sebagai aftershave untuk mengobati luka-luka kecil setelah bercukur.

Auxin dan Gibberellin

Dua hormon di dalam Aloe Vera, yaitu Auxin dan Gibberellin sangat berguna untuk mengobati luka dan pembengkakan. Aloe dapat mengurangi pembengkakan dan gatal sekaligus mendorong kulit untuk sembuh lebih cepat. Pada pengobatan Ayurveda, aloe digunakan untuk mengatasi penyakit kulit seperti eczema dan jerawat.

Melawan Garis Halus dan Kerutan

Aloe vera banyak mengandung antioksidan, vitamin E, vitamin C, dan beta karoten yang sangat membantu untuk melawan berbagai garis halus dan kerutan. Jika kamu sudah terganggu dengan munculnya keriput atau garis halus baik, segera ambil gel aloe vera dan gunakan setiap hari.

Menyamarkan Stretch Mark

Selain keriput, kulitmu juga akan bisa menyamarkan bekas stretch mark dengan bantuan aloe vera. Stretch mark terjadi karena adanya salah satu lapisan kulit yang rusak karena kulit harus mengembang cukup banyak dalam waktu singkat. Aloe vera bisa membantu mengobati lapisan kulit tersebut.

Kaya Nutrisi

Aloe vera mengandung lebih dari 75 macam nutrisi berbeda, mulai dari beberapa macam vitamin, mineral, enzim, gula, hingga asam amino dan asam salisilat. Semua ini sangat baik untuk kesehatanmu.

Perawatan Gigi dan Mulut

Percaya atau tidak, aloe vera juga bisa digunakan untuk pengobatan gigi dan mulut, terutama pada gusi. Antiseptik di dalamnya bisa membantu mengurangi pendarahan dan gusi bengkak. Selain itu, aloe vera juga memiliki kandungan anti jamur sehingga bisa mengatasi luka pada bibir.

Memperbaiki Sistem Pencernaan

Terakhir, kamu bisa menggunakan aloe vera untuk membantu pencernaanmu. Sebagian orang menganggap aloe vera sama baiknya dengan obat pencahar, tapi sebenarnya aloe vera hanya memperbaiki sistem pencernaanmu.

masker Aloe Vera
Aloe Vera Untuk Kulit Wajah

Selain semua manfaat itu, Aloe vera juga sangat baik untuk perawatan wajah. Selain mampu melawan tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan garis-garis halus. Aloe vera juga sangat lembut di wajah, dan sesuai untuk jenis kulit sensitif.

Baca Juga : Rekomendasi Gel Lidah Buaya Terbaik, Hasilkan Kulit Cerah Terawat

Berikut ini ada sepuluh masker berbahan dasar aloe vera yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Saat ini sudah banyak dijual aloe vera berbentuk gel, sehingga kamu tidak perlu susah-susah mengekstraksi gel aloe vera langsung dari tanamannya.

10 Masker dan Manfaat Aloe Vera

Dapatkan Wajah Bercahaya

Ingin wajahmu lebih bercahaya? Kamu bisa mencampurkan sedikit kunir, satu sendok teh madu, satu sendok teh susu, dan beberapa tetes air mawar. Setelah rata, kamu bisa menambahkan gel aloe vera hingga berbentuk seperti pasta. Gunakan pada wajah dan leher, dan diamkan selama 20 menit. Bersihkan dengan air dingin atau hangat.

Mencerahkan Wajah

Hampir semua orang ingin kulit wajah lebih cerah, dan tidak sedikit produk perawatan kulit yang menjanjikan hal tersebut. Tapi masih banyak orang yang khawatir dengan efek samping dari penggunaan produk pemutih wajah. Well, Jika kamu termasuk salah satu dari mereka, ada satu resep masker homemade yang bisa dicoba. Campurkan aloe vera dengan sari lemon, lalu gunakan pada daerah kulit yang gosong dan biarkan selama 10 menit, sebelum dibilas.

Menghilangkan Noda di Wajah

Terkadang, wajah bisa menjadi penuh noda seperti bercak hitam, noda bekas jerawat, atau mungkin karena bekas luka. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencampurkan aloe vera dengan air mawar hingga membentuk satu pasta. Diamkan di wajah selama 20 menit sebelum bilas hingga bersih. Untuk hasil lebih maksimal. Pijat-pijat sedikit selama beberapa menit sebelum dibilas.

Detox Wajah

Ingat. Kulitmu juga perlu untuk di detoks setelah terlalu sering menggunakan kosmetik dan berbagai produk kecantikan lainnya. Daripada bingung mencari cara atau membeli produk untuk detoks, kamu bisa mencoba masker dari campuran aloe vera, mangga, dan sari jeruk nipis. Campurkan semua bahan hingga rata dan gunakan pada wajah selama 20 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

Mengatasi Kulit Berminyak

Bagi pemilik kulit berminyak atau cenderung mudah berjerawat, kamu harus merebus daun aloe vera dan menghaluskannya hingga berbentuk pasta, tambahkan sedikit madu dan maskermu siap digunakan.

Untuk Kulit Sensitif

Sedang untuk kamu yang berkulit sensitif, kamu bisa mencampur gel aloe vera dengan sari ketimun, yogurt, dan essential oil. Haluskan semua bahan dan tambahkan essential oil di saat-saat terakhir. Gunakan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin.

Melembabkan Kulit Kering

Jika kulitmu termasuk kering, masker aloe vera berikut bisa membantu melembabkan kulitmu. Campurkan dua sendok makan cottage cheese dengan gel aloe vera, tambahkan potongan kurma dan ketimun, serta sedikit sari lemon. Campurkan hingga halus sebelum digunakan pada wajah selama 30 menit. Bersihkan dengan air dingin, lalu basuh wajah dengan air hangat dan air dingin lagi. Kamu bisa membuat masker ini dalam jumlah cukup besar untuk disimpan di dalam lemari es.

Scrub Wajah Alami

Tidak hanya masker, Lidah Buaya juga bisa digunakan sebagai scrub. Potong dadu ketimun dan tambahkan ke gel aloe vera. Haluskan lalu campurkan dengan oatmeal hingga rata. Kamu bisa mengatur sendiri tingkat tekstur scrub ini. Saat menggunakan, jangan lupa untuk melakukan pijatan dengan gerakan memutar. Diamkan selama 10 menit sebelum membilasnya.

Menjaga Kelembaban Alami Kulit

Seiring dengan bertambahnya usia, kadar minyak di dalam kulit akan semakin berkurang. Tapi dengan masker ini kamu bisa menjaga kelembaban alami kulitmu. Tambahkan kacang almond yang sudah dihancurkan pada gel aloe vera hingga rata. Gunakan sebagai masker selama 15 menit lalu bilas hingga bersih.

Mengatasi Kulit Kering

Masker ini sangat sesuai untuk kulit kering dan normal cenderung kering, karena mengandung shea butter dan olive oil. Campurkan shea butter, olive oil, dan aloe vera hingga rata lalu diamkan pada wajah selama 15 menit, bilas dengan air dingin. Dengan ini, semua kelembaban akan tetap berada di dalam kulit.

To Top