Fashion & Beauty

Cantik Dengan Terapi Sengat Lebah, Berani Coba?

Video Mandi Kucing, Nikita Mirzani Terancam Pidana 9 Tahun Penjara

Apa bayanganmu mendengar kalimat terapi sengat lebah? Pasti yang terbayang rasa ngeri karena sakit akibat sengatan. Meski banyak yang menggunakan terapi ini termasuk beberapa selebriti terkenal, nyatanya terapi sengat lebah masih menimbulkan pro dan kontra karena efek sampingnya membuat wajah bengkak sesaat.

Terapi sengat lebah atau apitherapy awalnya adalah pengobatan penyakit dengan sengatan lebah atau produk yang dihasilkan lebah seperti madu, racun lebah (venom), susu lebah (royal jelly), liur lebah (propolis) hingga benang sari bunga (pollen) yang dibawa oleh lebah. Seiring perkembangan, terapi sengat lebah juga digunakan untuk menjaga kecantikan wanita.

Lalu apa sih khasiat terapi sengat lebah ini?

Membasmi jerawat

Menurut ahli apitherapy, Wima M. Harsono, Akp, salah satu manfaatnya untuk kecantikan adalah membasmi jerawat. Penanganan yang dilakukan pun berbeda, jika jerawat hanya karena faktor hormonal dan tidak terlalu parah biasanya hanya diobati dengan madu ditambah royal jelly tidak perlu adanya sengatan. Namun jika jerawat cukup parah dan bersifat patologis (keluar nanah) maka dibutuhkan sengatan untuk mematikan bakteri dalam bintik merah tersebut.

Menghilangkan kerutan

Terapi sengat lebah juga bisa menghilangkan kerutan. Hal ini disebabkan racun lebah atau bee venom diakui dapat mengencangkan kulit. Untuk perawatan bisa dilakukan dengan pemberian krim atau terapi sengat tergantung dari kondisi kerutan yang ada.

Sengat lebah untuk menghilangkan kerutan adalah perawatan andalan selebriti papan atas dunia, Gwyneth Paltrow. Diakuinya bahwa racun yang dihasilkan dari sengatan lebah ini dapat membantu produksi kolagen dan elastisitas kulit.

Menghaluskan kulit

Tak harus dilakukan terapi sengat, pemberian produk dari lebah juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit. Madu seringkali dipakai untuk menghaluskan kulit sedangkan pollen umumnya digunakan untuk menghilangkan bekas-bekas jerawat.

Mengecilkan pori

Pori-pori wajah yang lebar dapat menyebabkan wajah sering berjerawat dan kusam. Produk dari racun lebah atau venom dipercaya dapat mengecilkan pori-pori kulit. Meski perawatan kecantikan dengan racun lebah atau venom ini cukup tinggi, nyatanya banyak juga yang berminat untuk melakukan perawatan dengan mengecilkan pori-pori kulit wajahnya.

Di Indonesia perawatan dengan terapi lebah masih menimbulkan pro dan kontra. Karena sebagian orang masih takut dengan rasa sakit atau bengkak yang dialaminya. Menurut Wima, rasa sakit dan bengkak saat pertama kali sengat lebah adalah proses wajar dalam pengobatannya. Rasa sakit itu pun diklaim tidak berbahaya dan berkepanjangan alias sementara saja.

Jika bermasalah dengan bengkak yang dialami, menurut Wima yang berpraktek di kawasan Klender, Jakarta Timur ini, cukup dikompres dengan air hangat saja. Bengkak pun akan hilang dalam hitungan jam.

Sementara itu, menurut dr Eddy Karta, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin RSCM, terapi kecantikan berupa sengat lebah ini belum diuji secara ilmiah sehingga belum bisa dipastikan tingkat keamanannya. Dijelaskannya racun dari sengatan lebah juga merupakan racun asam yang dapat menimbulkan reaksi radang dan belum ada artikel yang dipercaya secara ilmiah tentang racun tersebut yang dapat diolah sehingga bermanfaat bagi kulit.

Nah, itulah terapi sengat lebah yang mungkin sebagian dari kamu pernah mendengarnya. Melihat bagaimana khasiat dan efek dari sengatan, tertarikkah kamu untuk mencoba?

1 Comment

1 Comment

  1. heny

    Mei 1, 2016 at 3:05 am

    aku udah pernah kaya gitu tapi biasa aja geh gak ada perubahan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top