Fashion & Beauty

Cara Ampuh Menghilangkan Komedo Putih dan Hitam

Cara Ampuh Menghilangkan Komedo Putih dan Hitam

Tahukah kamu bahwa komedo merupakan tanda awal munculnya jerawat?Ini terjadi karena folikel rambut yang tersumbat akibat adanya sebum (minyak), serpihan kulit dan keratin. Komedo memang bukan termasuk masalah kulit yang berat, tapi kemunculan komedo ini sangatlah mengganggu! Sehingga diperlukan cara yang ampuh untuk menghilangkan komedo hitam dan putih.

Biasanya masalah komedo ini terjadi pada usia remaja hingga manula. Apalagi untuk seseorang yang memiliki jenis kulit berminyak, pasti kulitnya akan lebih rentan terkena komedo. Kita memang lebih sering menemukan komedo di area wajah terutama T-zone, tapi sebenarnya komedo bisa ditemukan juga pada punggung, dada, pundak dan bagian kulit lainnya yang lebih banyak memproduksi sebum (minyak).

Menghilangkan Komedo Putih

Cara Ampuh Menghilangkan Komedo Putih dan Hitam
Menghilangkan Komedo Putih (Whitehead)

Beda jenis komedo maka beda juga cara yang digunakan untuk menghilangkannya. Karena komedo hitam (blackhead) disebabkan oleh pori yang tersumbat dan tetap terbuka. Sedangkan komedo putih (whitehead) penyebabnya yaitu pori yang tersumbat namun tertutup. Maka dari itu sangat penting untuk mengetahui cara apa yang tepat untuk mengatasi komedo sesuai dengan jenisnya. Dan mari kita ketahui terlebih dahulu cara mengatasi komedo putih.

1. Asam Salisilat

Ada banyak manfaat dari asam salisilat yaitu mengeringkan permukaan kulit, mengurangi produksi minyak berlebih dan mengurangi sel-sel kulit mati yang bisa menyebabkan pori tersumbat. Produk kecantikan yang menggunakan bahan asam salisilat yaitu toner, pembersih wajah, gel atau krim wajah.

2. Menghilangkan Komedo dengan Krim Retinoid

Bahan aktif ini bisa kamu temukan di berbagai produk yang berfungsi untuk memperlambat proses penuaan kulit. Jika kamu sedang menggunakan krim dengan bahan retinoid maka perlu menghindari paparan sinar matahari secara langsung atau bisa menggunakan sunscreen dengan SPF cukup tinggi. Karena kulit akan lebih sensitif pada sinar matahari jika menggunakan krim dengan bahan retinoid.

3. Benzoil Peroksida

Sebenarnya fungsi dari benzoil peroksida hampir sama dengan asam salisilat selain itu juga bisa meredakan peradangan pada kulit dan membunuh bakteri. Karena kemampuannya itulah, banyak produk kecantikan yang menggunakan benzoil peroksida sebagai bahan aktifnya.

4. Membersihkan Wajah Dengan Eksfoliator

Sel-sel kulit mati menjadi salah satu pemicu komedo, sehingga sangat penting untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Kamu bisa menggunakan pembersih wajah yang terdapat butiran scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati ini. Gunakanlah 2 kali dalam seminggu secara rutin. Untuk kamu yang memiliki jenis kulit sensitif sebaiknya gunakanlah eksfoliator yang lembut di kulit. Eksfoliasi yang terlalu sering akan membahayakan kulit seperti membuat kulit lebih tipis, sensitif dan bahkan iritasi.

Menghilangkan Komedo Hitam

Cara Ampuh Menghilangkan Komedo Putih dan Hitam
Menghilangkan Komedo Hitam (Blackhead)

Untuk mengatasi komedo hitam ini kamu bisa melakukan berbagai cara seperti menggunakan produk-produk tertentu ataupun metode khusus lainnya. Contohnya seperti ini:

1. Terapi Laser dan Terapi Cahaya

Sesuai dengan namanya, terapi ini menggunakan laser dan juga cahaya untuk menghilangkan komedo yang ada di kulitmu. Sorotan cahaya pada terapi ini akan membunuh bakteri dan mengurangi produksi minyak berlebih. Banyak yang menyukai terapi ini karena tidak merusak lapisan teratas kulit pada saat menghilangkan komedo dan jerawat.

2. Menghilangkan Komedo dengan Clay Mask

Ada banyak jenis masker wajah yang ada di pasaran, beda jenis masker maka fungsinya juga berbeda. Salah satunya adalah clay mask yang bermanfaat untuk mengatasi komedo hitam di kulitmu. Clay mask akan membantu mengeluarkan minyak, kotoran dan berbagai bahan lainnya yang menyumbat pori-pori wajah. Clay mask biasanya menggunakan berbagai bahan aktif, nah untuk komedo sebaiknya pilihlah clay mask yang mengandung charcoal. Gunakan clay mask setidaknya satu hingga dua kali dalam seminggu.

3. Mikrodermabrasi

Metode mikrodermabrasi merupakan salah satu prosedur yang berguna untuk memperbaharui tekstur dan warna kulit. Tidak hanya mengatasi komedo, mikrodermabrasi juga bisa mengatasi dark spot, garis halus, bekas luka dan kerusakan kulit lainnya. Metode ini dilakukan dengan menggosokkan alat khusus ke kulit, dengan begitu komedo pun akan terkikis.

4. Chemical Peeling

Chemical peeling menggunakan cairan khusus yang bisa dioleskan secara langsung ke kulit. Tujuan dari chemical peeling yaitu menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuang sumbatan pada pori. Dengan menggunakan chemical peeling secara rutin, nantinya kulit bagian atas akan mengelupas sehingga tergantikan dengan lapisan kulit baru yang lebih baik.

5. Mengeluarkan Komedo Secara Manual

Beberapa jenis komedo hitam memang bisa dikeluarkan dengan cara manual. Dokter akan menggunakan teknik tertentu dan menggunakan alat khusus untuk mengeluarkan komedo di kulit kamu. Untuk lebih mudah mengeluarkan komedo, dokter harus membuat bukaan di area ekstraksi terlebih dahulu.

Menghilangkan komedo memang harus dilakukan secara rutin. Karena jika kamu menggunakan cara-cara diatas hanya sesekali, maka komedo tidak bisa hilang dengan sempurna dan komedo akan muncul lagi dan lagi. Selamat mencoba cara-cara diatas ya!

To Top