Fashion & Beauty

Cara Memanjangkan Rambut Lebih Cepat Dan Mudah

Cara Memanjangkan Rambut Lebih Cepat Dan Mudah

Rambut dikatakan sebagai mahkotanya perempuan. Hal ini dikarenakan tampilan rambut yang indah membuat seseorang terlihat lebih menawan. Rambut panjang yang kuat dan sehat pun menjadi idaman banyak perempuan. Tapi tidak semua perempuan memiliku rambut panjang yang sehat, karena cara memanjangkan rambut sendiri cukup sulit.

Lamanya pertumbuhan rambur bisa dipengaruhi oleh banyak faktor. Seperti kerontokan, menggunakan produk perawatan rambut yang salah, dan kurangnya asupan vitamin pada akar rambut. Jika anda mengalami kondisi ini, simak yuk beberapa cara untuk memanjangkan rambut berikut ini!

Konsumsi Vitamin Untuk Merangsang Pertumbuhan Rambut

Vitamin Untuk Merangsang Pertumbuhan Rambut
Sumber Vitamin Alami Untuk Rambut

Penggunaan produk vitamin rambut yang tidak sesuai kebutuhan malah akan membuat rambut semakin rusak. Nah, untuk menggantikannya anda bisa mendapatkan asupan vitamin dari bahan-bahan alami.

Yaitu sumber makanan yang kaya akan kandungan vitamin B dan D sehingga dapat membantu pertumbuhan rambut. Melansir dari Medicalnewstoday, sebuah studi pada 2012 dalam jurnal Stem Cells Translational Medicine menunjukkan bahwa vitamin bisa membantu membentuk folikel baru di mana rambut baru dapat tumbuh.

Hal tersebut dapat mengurangi kerontokan rambut dan meningkatkan ketebalan rambut. Selain itu, Vitamin D juga membantu “membangunkan” kembali folikel yang tidak aktif menjadi aktif kembali sehingga rambut dapat tumbuh kembali. Anda bisa mendapat asupan vitamin B dan D alami dari biji-bijian, ikan salmon atau jamur.

Jangan Sembarangan Memilih Shampo

Shampo
Pilih Shampo Yang Sesuai

Pilihlah produk shampo yang sesuai dengan kebutuhan rambut anda, sebisa mungkin hindarilah zat-zat yang tidak dibutuhkan. Seperti SLES, SLS, silikon, dan paraben, yang sering disebut sebagai ‘dimethicone’ pada label.

Bahan-bahan tersebut tergolong kasar dan dapat menumpuk di permukaan kulit kepala. Sehingga akan menyumbat folikel rambut, dan menganggu pertumbuhan rambut. Jika sudah memilih shampo yang tepat, gunakanlah dengan benar.

Hindari penggunaan shampo yang terlalu lama pada rambut, karena dapat menghilangkan minyak alami pada kulit kepala dan rambut. Akibatnya dapat memicu kerusakan dan rambut rapuh, sehingga akan sulit tumbuh panjang.

Lihat Juga: Manfaat Unik Sampo dan Conditioner Selain untuk Rambut

Jangan Lupa Gunakan Juga Kondisioner

Gunakan Juga Kondisioner
Gunakan Kondisioner Setelah Shampo

Menggunakan kondisioner setelah keramas juga menjadi salah satu cara memanjangkan rambut. Kondisoner akan membantu mengembalikan kelembaban pada rambut sehingga terhindar dari kerontokan.

Selain itu, menambah kelembaban rambut juga dapat membantu menumbuhkan batang rambut, meningkatkan kekuatan dan elastisitasnya dari waktu ke waktu. Untuk hasil lebih maksimal, aplikasikan kondisioner setelah keramas saat rambut masih basah. Setelah didiamkan selama 15 hingga 30 menit, anda bisa membilasnya hingga bersih.

Mencuci Dengan Air Dingin, Cara Memanjang Rambut Paling Mudah

Mencuci Rambut Dengan Air Rambut
Mencuci Rambut Dengan Air Rambut

Keramas dengan air dingin dapat memberi tambahan kekuatan pada pertumbuhan rambut. Air dingin mencegah hilangnya kelembaban serta kerusakan yang disebabkan oleh panas. Keramas dengan air dingin juga akan menghindari rambut kusut.

Selain itu, air dingin juga melindungi pori-pori pada kulit kepala tetap tertutup sehingga mencegah kotoran masuk. Manfaat lainnya yaitu, air dingin meningkatkan sirkulasi darah yang akan membuat kulit kepala dan akar rambut memperoleh nutrisinya.

Jangan Asal Mengeringkan Rambut

Mengeringkan Rambut
Jangan Keringkan Dengan Handuk Kasar

Proses pengeringan rambut setelah keramas juga mempengaruhi proses pertumbuhannya. Jika biasanya anda mengeringkan rambut dengan handuk secara kasar, hentikanlah mulai sekarang. Karena menggosok atau menggulung rambut dengan handuk secara kuat akan membuatnya kusut dan memicu kerusakan.

Pilih handuk berbahan mikrofiber karena lebih lembut dan keringkan dengan mengusapnya secara lembut. Jika rambut anda cenderung keriting, pilih handuk yang berbahan katun. Tapi cara terbaik untuk mengeringkannya adalah dengan udara dan membiarkannya kering dengan sendirinya.

Lihat Juga: Perawatan Rambut Rontok Dengan Cara Tradisional

Bagi anda yang memiliki kulit kepala berminyak sebaiknya cucilah rambut secara teratur. Karena kulit kepala yang sehat menjadi cara memanjangkan rambut yang paling efektif. Jadi, mulai sekarang jangan malas keramas ya!

To Top