Fashion & Beauty

Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Masker Alami

Salah satu dampak dari pandemi virus corona adalah diberlakukannya pembatasan sosial. Akibat dari pembatasan ini kita tidak diperbolehkan banyak beraktifitas di luar rumah. Karena jarang keluar rumah, tak sedikit orang yang justru abai akan kondisi kulit. Kebanyakan orang berpikir skincare tidak perlu digunakan ketika berada di dalam rumah.

Anggapan semacam itu tidak benar. Meskipun berada di dalam rumah kita tetap harus rajin merawat kulit agar tidak kering. Banyak faktor-faktor yang menyebabkan kulit menjadi kering.

Untuk mengatasi permasalahan kulit yang kering kita dapat menggunakan bahan-bahan alami sebagai masker wajah berikut dengan cara pembuatannya.

1. Bengkoang

Bengkoang merupakan buah-buahan yang paling sering digunakan dalam banyak produk perawatan wajah. Bengkoang mengandung vitamin C yang dapat mencerahkan kulit. Selain dapat mencerahkan kulit, bengkoang juga dapat melembapkan kulit yang kering karena kandungan vitamin B dan C didalamnya. Kedua vitamin ini dapat menyehatkan dan melembapkan kulit.

Memanfaatkan bengkoang untuk dijadikan masker cukup mudah. Ambil satu buah bengkoang, kemudian cuci dan kupas. Haluskan bengkoang dengan blender hingga berbentuk seperti pasta. Balurkan masker bengkoang ke seluruh permukaan kulit. Tunggu selama 30 menit kemudian bilas menggunakan air.

2. Lidah buaya

Lidah buaya mudah ditemukan di sekitar rumah. Tanaman yang satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk melembabkan kulit yang kering. Caranya sangat mudah, cukup dengan memanfaatkan gel-nya untuk dijadikan masker. Di dalam gel tersebut terkandung lignin yang dapat mengatasi permasalahan kulit seperti kulit kering bersisik hingga berjerawat.

3. Timun

Timun diketahui baik untuk kesehatan mata. Selain baik untuk mata, timun juga dapat membantumu mengatasi kulit yang kering. Karena kandungan airnya yang mencapai 90% timun dapat menghidrasi kulit dengan sangat baik. Kandungan vitamin C didalamnya juga berfungsi untuk mengurangi iritasi pada kulit. Perpaduan kedua kandungan ini sangat baik untuk mengatasi kekeringan pada kulit.

Membuat masker timun sangat mudah. Haluskan timun menggunakan blender. Balurkan masker ke permukaan kulit dan tunggu selama kurang lebih 15 – 20 menit. Bilas dengan air bersih setelahnya.

4. Madu

Banyak kandungan di dalam madu yang sangat baik untuk kulit. Madu berperan dalam menutrisi kulit. Selain itu, kandungan vitamin C dan kadar air yang terkandung didalamnya dapat melembabkan kulit. Cara mengaplikasikannya cukup mudah. Gunakan madu sebagai masker dan balurkan pada kulit. Madu juga bisa dicampurkan dengan bahan lain untuk manfaat yang lebih banyak.

5. Minyak zaitun

Bahan alami untuk melembabkan kulit berikutnya adalah minyak zaitun. Minyak ini mirip dengan minyak yang diproduksi tubuh manusia sehingga kulit dapat menyerapnya dengan baik. Minyak zaitun mengandung vitamin E yang dapat membantu melembabkan kulit. Cukup aplikasikan minyak zaitun ke permukaan kulit secara rutin maka hasilnya akan segera terlihat.

Baca Juga : Menghaluskan dan Mencerahkan Kulit Wajah dengan Masker Jeruk Nipis

Pelembab untuk kulit kering dari campuran bahan alami

Pelembab untuk kulit kering dari campuran bahan alami
Pelembab dari Bahan-bahan Alami

1. Pisang dan madu

Buah pisang mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Pisang cukup populer di kalangan pecinta kuliner karena variasi produk makanan yang dapat dibuat dari buah yang satu ini. Selain digunakan untuk produk makanan, pisang juga dapat dimanfaatkan sebagai masker kulit. Pisang mengandung zat pelembab atau moisture yang dapat melembabkan kulit.

Pisang dan madu dapat dicampur untuk dijadikan masker. Kandungan dalam kedua bahan tersebut akan saling melengkapi untuk mengatasi masalah kulit yang kering. Kamu hanya perlu mencampurkan kedua bahan ini dan menjadikannya sebagai masker. Langsung aplikasikan ke kulit.

2. Alpukat dan minyak zaitun

Mungkin kamu lebih mengenal buah alpukat sebagai buah untuk membantumu diet. Tetapi sebenarnya buah alpukat kaya akan manfaat, salah satunya manfaat untuk mengatasi kulit yang kering. Kandungan minyak alami, protein, dan vitamin pada alpukat dapat membantu mengatasi kulit kering dan mengelupas. Minyak zaitun juga diketahui memiliki banyak manfaat.

Baca Juga : 7 Pelembab Wajah Dari Bahan Alami

Kamu bisa mencampurkan alpukat dan minyak zaitun untuk dijadikan masker. Caranya sangat mudah. Haluskan buah alpukat hingga bertekstur seperti pasta. Campurkan kedua bahan ini dan gunakan sebagai masker seperti bahan yang lain.

4. Timun dan minyak zaitun

Tidak hanya diaplikasikan dengan alpukat saja, minyak zaitun juga bisa diaplikasikan dengan timun. Kandungan yang terdapat di dalam kedua bahan ini sangat efektif untuk mengatasi kulit yang kering. Sama seperti masker lainnya, kamu hanya perlu mencampurkan minyak zaitun dengan timun yang telah dihaluskan atau diblender. Gunakan sebagai masker.

5. Madu dan susu

Madu juga bisa dicampur dengan susu untuk mengatasi masalah kulit seperti kulit kering berjerawat. Susu mengandung air, lemak, dan protein yang dapat membantu melembabkan kulit. Madu juga memiliki banyak kandungan yang baik untuk kulit. Jika kedua bahan ini dicampurkan tentu saja manfaatnya akan sangat baik kesehatan kulit.

Campurkan susu dan madu dengan perbandingan 2 banding 1 untuk dibuat masker. Kamu juga bisa menggunakan kedua bahan ini untuk digunakan sebagai lulur. Madu dan susu juga mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Bahan-bahan di atas merupakan skincare alami untuk kulit kering. Bahan-bahan alami ditengarai lebih aman daripada bahan kimia. Tak heran banyak yang lebih memilih menggunakan bahan ini sebagai produk perawatan kulit. Kamu bisa mencoba salah satu dari beberapa cara di atas untuk mengatasi permasalahan kulit yang kering.

To Top