Fashion & Beauty

Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah

Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah

Bintik hitam atau dikenal dengan flek hitam sangat dirisaukan oleh para wanita yang berusia di atas 30 tahun. Hal ini karena kulit mengalami pigmentasi   atau melasma. Ini  bisa terjadi tidak hanya di wajah, tetapi bisa juga di beberapa bagian tubuh yang lain karena disebabkan paparan sinar matahari.

Penyebab melasma tidak hanya karena  sinar matahari, melasma dapat terjadi pula karena  pemakaian obat hormonal. misal obat pencegah kehamilan. Flek juga dapat timbul akibat bekas adanya jerawat, pemakaian obat antibiotik, antiepilepsi dan antiperadangan.

Pemakaian kosmetik secara terus menerus, apalagi yang disinyalir menggunakan merkuri dan asam salisilat akan  menyebabkan kulit menjadi sangat sensitif terhadap sengatan sinar matahari.

Cara mudah melenyapkan flek hitam di wajah antara lain :

Lakukan facial. Tujuannya untuk membersihkan wajah dari sel-sel kulit mati, sehingga wajah menjadi lebih cerah serta mencegah dan mengikis flek.

Urutannya :

  • Usapkan krim pada wajah dan diamkan selama 10-15 menit.
  • Bersihkan wajah, kemudian gosok menggunakan scrub untuk melenyapkan sel kulit mati.
  • Cuci wajah, setelah itu lumuri wajah dengan masker.
  • Bila masker telah kering, segera wajah  dibersihkan, kemudian gunakan pelembab.

Manfaat ini akan terasa bila telah melakukan facial secara rutin paling tidak 10 kali. Tingkat keberhasilannya tergantung seberapa parah flek yang Anda derita. Bagi Anda yang memiliki kulit wajah dengan flek yang agak meluas, sebaiknya lakukan facial seminggu sekali dan dibantu dengan krim malam.

Salah satu bahan facial yang kini mulai banyak dipakai dan dianggap cukup berkhasiat untuk membersihkan flek, adalah dengan spirulina. Spirulina adalah ganggang laut yang sudah dikemas dalam bentuk masker semacam lumpur, fungsinya untuk mengurangi flek karena strukturnya seperti scrub. Spirulina juga tersedia dalam bentuk kapsul dan diminum sebagai suplemen.

Lakukan Facial Sendiri

Bila Anda ingin menghemat biaya facial,   Anda dapat melakukannya sendiri di rumah, asal cukup mengetahui bahan-bahan apa saja yang diperlukan. Selain menggunakan bahan-bahan masker yang dijual, Anda pun bisa melakukan facial dengan buah-buahan atau bahan alami.

Gunakan Masker Bengkuang atau Mentimun

Bengkuang sejak dulu dikenal mampu mengatasi flek hitam di wajah. Begitu pun Mentimun. Anda tinggal memblendernya, lalu lumurkan di wajah agar flek hitam di wajah memudar.

Gunakanlah buah-buahan yang masih segar dan kondisinya baik, sebab bila tak hati-hati, alih-alih menyembuhkan, bisa jadi kulit wajah Anda malah akan gatal-gatal. Jika wajah terlanjur perih dan gatal-gatal, inilah yang harus Anda lakukan:

  • Oleskan tipis-tipis madu asli di wajah selama 15 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat.
  • Basuh wajah dengan air es, tepuk-tepuk perlahan dan merata sampai terasa segar.

Perawatan wajah dengan bengkoang atau mentimun yang diblender, baik bagi Anda yang aktif bekerja di luar ruang. Efek sari bengkoang atau mentimun yang dingin, akan terasa sejuk di wajah sesaat setelah Anda memakainya.

Irisan Jeruk Nipis

Bila Anda telah  berusia di atas 40 tahun, irisan jeruk nipis bisa digunakan secara  merata di kulit wajah dan seluruh tubuh. Jeruk nipis mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Diamkan hingga kering, lalu bilaslah dengan air hangat-hangat kuku agar pori-pori terbuka. Setelah itu, bilas kembali dengan air dingin agar pori-porinya merapat.

Teh

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam teh baik untuk mencegah penuaan dini. Teh mengandung tanin sehingga sangat baik untuk mengatasi kulit yang terbakar matahari, mengencangkan bibir, merawat kulit wajah dan menghitamkan rambut.  Adapun caranya:

  • Inapkan secangkir teh kental semalam.
  • Oleskan air teh ke seluruh kulit wajah dan tubuh.
  • Biarkan kering dengan sendirinya.
  • Bilas dengan air hangat untuk membuka pori kulit, lalu bilas dengan air biasa.

Teh juga bermanfaat untuk menyegarkan mata lelah, Anda tinggal meletakkan sekantong teh celup yang sudah dingin langsung pada kelopak mata. Sambil berbaring, Anda sekaligus melakukan perawatan kulit wajah dan mata.

Baca Juga : Kenali Penyebab Kulit Wajah Berwarna Hitam

Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah

Hindari Toner Wajah

Saat Anda membersihkan wajah dengan menggunakan susu pembersih di malam atau pagi hari, cukup bilas wajah dengan air bersih biasa. Andatidak perlu menggunakan toner, astringent maupun face tonik, jika pemakaiannya berlebihan akan mengakibatkan kulit wajah bertambah kering. Kecuali jika kulit wajah Anda berminyak.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top