Fashion & Beauty

Demi Wajah Glowing, Ini Tahapan Memakai Skincare yang Benar!

Wajah Glowing, Ini Tahapan Memakai Skincare yang Benar

Glowing itu butuh perjuangan ya, Ladies? Banyaknya jenis produk yang bisa mendukung kulit wajah menjadi cantik nan glowing tak jarang membuat bingung, bagaimana sih tahapan memakai skin care yang benar?

Istilah skincare yang membumi belakangan ini, mengacu pada produk kecantikan kulit wajah yang bermanfaat untuk merawat dan mengatasi berbagai macam masalah seperti jerawat, komedo, kusam hingga untuk mencegah keriput. Tujuannya adalah untuk membuat wajah terlihat lebih glowing a.k.a bersinar bak artis korea.

Nah, biar perawatan nggak gagal, kamu perlu tahu nih tahapan memakai skincare yang benar. Loper bahas di bawah ini ya, Ladies!

1. Cleanser

Tahapan memakai skincare yang pertama adalah mengaplikasikan cleanser. Logikanya, sebelum memberikan nutrisi, kulit wajah kita harus benar-benar bersih, bukan? Hebatnya nih, ya, cleanser pada umumnya nggak cuma membersihkan, tapi, juga punya kekuatan untuk menjaga kelembapan dan elastisitas kulit wajah kita, lho!

Langkah membersihkan wajah sendiri paling efektif jika dilakukan dua tahap atau yang biasa kita kenal sebagai double cleansing. Tahap pertama membersihkan wajah biasanya dimulai dari mengangkat sisa-sisa makeup, debu dan kotoran menggunakan cleansing balm, cleansing milk, cleansing oil atau micellar water.

Tahap kedua, cuci wajah agar lebih bersih sempurna dengan mengandalkan foaming facial wash, non-foaming facial wash atau gel foaming facial wash. Untuk memilih produk cleanser yang tepat, sesuaikan dengan jenis kulit kamu, ya!

2. Toner

Tahap selanjutnya adalah mengaplikasikan toner pada wajah. Toner pada zaman dulu cukup dihindari karena produk yang ada biasanya mengandung alkohol yang membuat kulit wajah kering dan terasa seperti ditarik. Toner yang mengandung alkohol pun biasanya memberikan sensasi pedih dan perih.

Kini, toner justru penting karena fungsinya yang melembapkan serta mempersiapkan wajah sebelum mengaplikasikan skin care. Selain itu, toner juga mampu mengembalikan PH kulit setelah mencuci wajah dengan facial wash. Bahkan, sebagian orang memilih melakukan double toner untuk hasil yang maksimal, lho!

Gambar: Pinterest

Fungsi toner sebenarnya ada empat, yakni mengembalikan PH kulit (balancing), exfoliating (mengangkat sel kulit mati), hydrating (menghidrasi kulit) dan penetration (mempersiapkan kulit untuk pemakaian skin care). Namun, karena tidak ada produk yang sempurna, cukuplah bagi kita untuk memilih dua toner saja, yaitu exfoliating toner dan hydrating toner.

Toner eksfoliasi, atau toner yang digunakan untuk mengangkat sel kulit mati dan sisa-sisa cleansing, langsung diaplikasikan pada wajah setelah cuci muka. Caranya, tuang toner pada kapas lalu tepuk-tepuk pada wajah.

Kedua, aplikasikan toner yang bertujuan untuk menghidrasi kulit. Toner jenis ini biasanya tidak memerlukan kapas dalam penggunaannya. Lakukan double toner ini sehari dua kali, pagi dan malam.

3. Serum

Tahapan memakai skin care selanjutnya adalah serum. Jenis skin care satu ini mengandung asam amino, air dan emulasi serta formula tambahan yang mampu menutrisi kulit hingga lapisan kulit terdalam. Formula tersebut mampu bekerja sepuluh kali lebih efektif dibanding krim wajah biasa, jadi, wajar jika harganya relatif mahal.

Serum berfungsi untuk mengencangkan, melembapkan, mencegah penuaan dini serta menghaluskan dan mencerahkan kulit. Serum dan pelembap sangat berbeda. Oleh karena itu, serum dulu baru pelembap.

Serum diaplikasikan setelah memakai toner. Tunggu 1-2 menit agar toner meresap, setelah itu, langsung aplikasikan serum. Timing ini penting, karena serum sebaiknya digunakan saat kulit masih dalam keadaan lembap, dalam arti toner pada wajah tidak  dalam keadaan terlalu kering atau basah.

Gunakan serum secukupnya, yakni sekitar 1-2 tetes. Ratakan pada wajah. Penting untuk memberikan serum pada bagian leher. Ingat, serum tidak akan bekerja jika pemakaiannya berlebihan atau pengaplikasiannya tidak benar.Cukup dua kali sehari, pagi dan malam.

4. Pelembap

Meski serum lebih baik daripada pelembap, tapi, bukan berarti kamu tidak memerlukannya. Pelembap justru sangat dibutuhkan untuk melembapkan kulit sekaligus mengunci formula serum agar bekerja lebih optimal.

Gambar: Pinterest

Pilihlah pelembap sesuai jenis kulit.Misalnya, pelembap dengan kandungan hyaluronic acid dan ceramides untuk kamu yang memiliki kulit kering atau yang oil-free untuk kulit berminyak. Sebaik-baiknya pelembap adalah yang mengandung SPF setidaknya SPF 15 meski nantinya kamu akan menggunakan sunscreen juga.

Ingatlah untuk mengaplikasikan pelembap secara lembut dan dipijat-pijatkan pada kulit bukannya digosok-gosok. Hindari penggunaan pelembap di saat kulit kering, karena pelembap hanya akan bekerja ketika kulit dalam keadaan lembap.

5. Sunscreen (Pagi) atau Face Oil (Malam)

Seperti yang Loper katakan tadi, kita tetap perlu menggunakan sunscreen atau tabir surya. Fungsi sunscreen ini tak lain adalah untuk melindungi kulit wajah dari pengaruh buruk sinar matahari saat kamu beraktivitas seharian. Nah, saat malam, gunakanlah face oil alih-alih sunscreen untuk melembapkan kulit wajah kamu.

Nah, itu dia tahapan memakai skincare yang benar. Jangan sampai tertukar ya, Ladies!

3 Comments

3 Comments

  1. Pingback: Manfaat Air Mawar Viva Untuk Wajah Hingga Rambut - LoperOnline.com

  2. Pingback: Rekomendasi Brand Lokal: 7 Toner Murah di Bawah 50 Ribu

  3. Pingback: Cara Cepat Dan Aman Mendapatkan Wajah Glowing! - LoperOnline.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top