Fashion & Beauty

Green Tea Sangat Bermanfaat Untuk Kulit Wajah, Benarkah?

Green Tea Sangat Bermanfaat Untuk Kulit Wajah

Green Tea atau teh hijau dipercaya sangat bagus untuk kecantikan kulit wajah. Hal itu dikarenakan teh hijau mengandung antioksidan tinggi yang dipercaya dapat melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit. 

Selain antioksidan, berbagai macam kandungan baik yang ada di dalam teh hijau seperti polifenol, tanin, vitamin E, asam tanat, theobromineasam vitamin B, dan masih banyak lagi juga mampu memberikan banyak manfaat yang luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah seseorang.  Nah, kira-kira apa saja manfaat green tea untuk  kecantikan kulit wajah? Penasaran? Yuk simak baik-baik ya

Manfaat Green Tea untuk kulit wajah

Teh hijau memiliki banyak manfaat yang baik untuk wajah. Jadi, tidak heran jika banyak produk skincare yang memasukkan kandungan green tea di dalamnya.

Teh Hijau seringkali menjadi bahan utama dalam suatu produk seperti masker, tetapi dalam bentuk bubuk. Berikut ini deretan manfaat dari green tea untuk kulit wajah:

1. Mampu mengatasi masalah jerawat

Green Tea Sangat Bermanfaat Untuk Kulit Wajah

Green tea menjadi solusi untuk jerawat karena ada beberapa kandungan zat yang bagus untuk mengatasi jerawat diantaranya:

  • Kandungan antibakteri, dan antioksidan dapat menjadi solusi untuk menghilangkan jerawat hingga ke akarnya.
  • Senyawa katekin di dalamnya juga berguna sebagai anti inflamasi untuk mengurangi jerawat yang meradang beserta bekasnya.
  • Kandungan polifenol berguna untuk melawan infeksi dan mencegah tumbuhnya bakteri penyebab jerawat.
  • Kandungan tanin yang memiliki sifat astrigent yang berguna untuk mengurangi produksi sebum berlebih yang menyebabkan jerawat

Green tea dapat membersihkan pori-pori tersumbat yang menjadi penyebab munculnya jerawat. 

2. Dapat mencegah penuaan dini

green tea Dapat mencegah penuaan dini

Teh Hijau mengandung antioksidan tinggi yang dipercaya sebagai solusi untuk melawan radikal bebas akibat dari sinar UV, kotoran, dan polusi yang menjadi penyebab munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti adanya lipatan-lipatan maupun keriput pada wajah.

Mengandung vitamin B2 yang dapat mempertahankan kadar kolagen sehingga kulit akan tampak lebih kencang. Dengan menggunakan green tea dalam rangkaian produk perawatan kulit wajah, seseorang dapat mencegah penuaan dini dan membuat wajah terlihat awet muda.

3. Mampu mengatasi kemerahan dan iritasi

Mampu mengatasi kemerahan dan iritasi

Green tea mengandung polifenol sehingga memiliki sifat anti inflamasi yang berguna untuk mengurangi gatal-gatal, kemerahan, iritasi, dan pembengkakan pada kulit wajah.

Baca Juga : Tips Alami Perawatan Anti Aging

Selain itu, teh hijau juga dapat menenangkan luka kecil dan luka bakar akibat dari sinar matahari. Kandungan asam tanat dan theobromine dapat membantu menyembuhkan kulit yang rusak dan menghilangkan rasa sakit pada luka bakar karena sinar matahari.

4. Green Tea dapat Mencegah kanker kulit

Green tea memiliki kandungan antioksidan EGCG dapat membantu kerusakan DNA yang disebabkan oleh sinar UV sehingga kulit wajah akan terlindungi dari kanker nonmelanoma.

5. Green Tea Mampu melembabkan kulit

teh hijau Mampu melembabkan kulit

Selain vitamin B2, Green tea juga mengandung vitamin E yang berperan penting dalam memelihara dan memberi kelembapan pada kulit.

Itulah alasan mengapa kebanyakan produk dengan kandungan teh hijau dikhususkan untuk pemilik kulit kering karena memang dapat menghidrasi kulit sehingga kulit akan menjadi lembab.

6. Mengatasi mata panda dan mata bengkak

teh hijau Mengatasi mata panda dan mata bengkak

Kandungan zat tanin dan kafein yang terkandung di dalam green tea berguna untuk mengurangi lingkaran gelap di bawah mata atau mata panda.

Baca Juga : 7 Tips Manjur untuk Atasi Mata Panda

Kandungan antioksidan mampu menyusutkan pembuluh darah yang ada di bawah kuli halus di sekitar mata yang menjadi penyebab mata bengkak.

Seseorang dapat menggunakan kantung green tea dingin yang dikompres ke mata selama 15 menit untuk mengatasi mata panda dan bengkak.

7. Mengurangi produksi sebum berlebihan

Mengurangi produksi sebum berlebihan

Sebum yang berlebihan pada kulit dapat menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga akan memunculkan komedo, bruntusan, maupun jerawat. Dengan sifat antioksidan, anti inflamasi, dan anti bakteri yang mampu mengurangi kelenjar minyak pada wajah sehingga pori-pori tidak akan tersumbat lagi. Selain itu, teh hijau juga berperan sebagai exfoliator alami yang dapat mengurangi produksi sebum berlebih.

8. Membuat kulit tampak bersih dan mulus

teh hijau atau green tea

Jika terdapat seseorang yang bermasalah dengan noda hitam dan bekas jerawat, maka teh hijau ini bisa menjadi solusinya. Green tea bisa menjadi masker. Cara membuatnya pun sangat mudah, yaitu:

  • Keluarkan green tea atau teh hijau dari kantong
  • Taruh di mangkok kecil atau mangkok khusus masker.
  • Tambahkan satu atau dua sendok teh madu dan air lemon.
  • Oleskan pada wajah secara merata.
  • Tunggu selama 10-15 menit.
  • Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Penggunaan masker ini lakukan secara rutin minimal satu minggu dua sampai tiga kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain perawatan dari luar tubuh, bantu juga dari dalam tubuh dengan mengkonsumsi teh hijau sebagai minuman secara rutin untuk mempercepat hasil yang didapat.

Dengan begitu, kulit akan bersih dan mulus seperti semula yang bebas dari semua masalah kulit seperti noda hitam, bekas jerawat, bruntusan, dan lainnya.

Baca Juga : Cara Cepat Dan Aman Mendapatkan Wajah Glowing!

Begitu banyak manfaat yang dimiliki teh hijau untuk kulit wajah. Untuk mempercepat hasil yang didapat pada kulit, lakukan perawatan kulit dengan green tea secara rutin.

Di samping itu, konsumsi juga teh hijau ini secara rutin agar menghasilkan perubahan yang cepat pada wajah.

To Top