Fashion & Beauty

Kulit Tetap Sehat Dan Cantik Dengan Bahan Alami, Yuk Gunakan Rempah-Rempah Ini

Gunakan Rempah-Rempah UNTUK Kulit Tetap Sehat Dan Cantik Dengan Bahan Alami

Kecantikan kulit tidak harus didapatkan dengan perawatan yang mahal. Kita bisa untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cantik dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang bisa ditemukan dengan mudah, salah satunya rempah-rempah dalam rak bumbu dapur.

Selain digunakan untuk penambah cita rasa masakan, rempah-rempah juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan kulit loh. Bahkan ada beberapa rempah yang sudah digunakan selama bertahun-tahun sebagai bahan perawatan kulit tradisional. Penasaran tentang apa saja rempah-rempah yang memiliki manfaat untuk kecantikan kulit? yuk simak ulasannya di bawah ini!

Cengkeh

Cengkeh
Cengkeh

Rempah yang beraroma harum ini memiliki manfaat untuk kecantikan kulit. Dengan kandungan antiseptik, antimikroba, dan antioksidan di dalam cengkeh bermanfaat untuk mengatasi masalah inflamasi pada kulit seperti mengatasi jerawat ataupun menyamarkan bekas luka.

Kunyit

Kunyit
Kunyit

Rempah-rempah Kunyit termasuk salah satu jenis rempah yang sudah lama digunakan untuk merawat kulit, baik diminum sebagai jamu maupun dijadikan krim wajah.

Rempah ini mengandung kurkumin yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat mencerahkan kulit, mencegah jerawat, menghilangkan komedo, menyamarkan bekas jerawat, mengurangi kerutan di wajah, dan mengatasi pigmentasi kulit.

Jenis kunyit yang biasanya digunakan untuk perawatan kulit adalah kunyit kasturi. Biasanya rempah ini digunakan sebagai masker dengan campuran madu, yoghurt, maupun teh hijau.

Lada hitam

Lada hitam
Lada hitam

Saat dikonsumsi, lada hitam memiliki rasa pedas. Meskipun demikian, rempah ini ternyata memiliki manfaat baik untuk kulit loh. Lada hitam mengandung vitamin C yang dapat mengencangkan kulit dan mencegah adanya kerutan pada kulit. Selain itu, kandungan antioksidan dalam lada hitam pun tinggi.

Lada hitam juga sering dijadikan eksfoliator alami untuk mengangkat sel kulit mati. Caranya dengan menumbuk kasar lada hitam kemudian dicampur dengan madu, bubuk kunyit dan sedikit air.

Kayu manis

rempah-rempah Kayu manis
Kayu manis

Selain dijadikan bahan campuran masakan, kayu manis juga bisa digunakan untuk perawatan kulit. Kayu manis dapat menjadi perawatan anti aging karena kandungan antioksidan tinggi yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas sebagai penyebab penuaan dini pada kulit.

Dengan menggunakan kayu manis, segala tanda penuaan dini pada kulit seperti kerutan, kusam dan flek hitam tidak akan muncul.

Selain itu, kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mencegah peradangan jerawat dan masalah eksim. Tidak hanya itu, rempah ini juga bisa untuk mencerahkan kulit, bahkan bisa memudarkan bekas jerawat maupun noda hitam.

Jintan

Jintan rempah-rempah
Foto jintan

Jintan umumnya sering dipakai sebagai bahan masakan Sumatera, Bali, dan Sulawesi. Meski begitu, jintan juga bisa digunakan sebagai perawatan kulit.

Rempah yang memiliki aroma kuat ini ternyata mengandung vitamin E dan antioksidan alami yang bisa melindungi kulit dari radikal bebas. Dengan begitu, kulit akan terhindar dari proses penuaan dini jika menggunakan jintan sebagai perawatan kulit.

Baca Juga : Manfaat dan Khasiat Jintan Hitam yang Perlu Anda Ketahui

Di India, air rendaman jintan digunakan untuk cuci muka karena dipercaya mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, jintan bisa digunakan sebagai masker alami. Caranya, haluskan jintan hingga menjadi bubuk kemudian campur dengan madu. Penggunaan masker jintan tersebut bermanfaat untuk mencerahkan kulit.

Pala

rempah-rempah Pala
Foto pala

Pala termasuk salah satu jenis rempah yang sudah menjadi incaran banyak orang sejak dulu. Semua bagian dari pala dapat diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat, termasuk untuk perawatan kulit.

Olahan pala yang biasanya digunakan untuk perawatan kecantikan kulit adalah minyaknya. Minyak pala dipercaya mampu mengurangi peradangan jerawat dan iritasi kulit, menjaga kelembapan, mengurangi kerutan, mencerahkan, dan meratakan tekstur kulit. Tidak hanya itu, minyak dari pala ini juga mampu menghilangkan bekas jerawat dan noda hitam.

Jahe

Jahe
Foto jahe

Jahe dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti menghangatkan badan, mengatasi perut kembung, dan masih banyak lagi. Selain untuk kesehatan, jahe juga bermanfaat untuk kecantikan kulit loh. Rempah yang satu ini memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu mengatasi masalah jerawat dan memperbaiki tekstur kulit. Kemudian sifat antioksidan yang dimiliki jahe mampu mencegah kulit dari tanda-tanda penuaan dini.

Tidak hanya itu, jahe ternyata dapat melembabkan kulit, mengontrol minyak, bahkan mempercepat penyembuhan luka. Rempah yang biasanya dibuat minuman ini mengandung vitamin C yang dapat mencerahkan wajah. Untuk penggunaannya sebagai perawatan kulit, jahe bisa dibuat sebagai masker yang dicampur dengan madu dan lemon.

Nah itulah ulasan mengenai deretan rempah-rempah yang bermanfaat untuk kecantikan kulit. Kini, kita tidak perlu lagi merogoh kocek besar untuk membeli produk-produk perawatan demi mendapatkan kulit cantik dan sehat. Dengan bahan-bahan alami pun bisa digunakan sebagai perawatan kulit. Jika ada yang murah dan mudah ditemukan, kenapa harus pilih yang mahal?

To Top