Fashion & Beauty

Hemat Budget! 6 Produk Makeup Multifungsi

Produk Makeup Multifungsi

Sudah menjadi rahasia umum ya kalau perempuan itu memang tidak bisa lepas deh dari yang namanya makeup. Bahkan sekarang ini hampir semua pekerjaan mewajibkan karyawan wanitanya untuk menggunakan makeup sehingga penggunaan makeup pun jadi lebih boros. Jika beberapa produk makeup yang kamu miliki sudah habis tapi belum ada budget untuk membelinya, coba deh manfaatkan produk makeup multifungsi yang kamu miliki.

6 Produk Makeup Multifungsi

Perkembangan produk makeup memang sangat pesat ya. Hal tersebut bisa kita lihat dengan banyaknya jenis-jenis makeup yang ada saat ini. Jika dulu kita hanya mengenal produk makeup dasar seperti bedak, lipstick dan eyeshadow maka sekarang ini sudah hadir highlighter, bronzer dan lainnya.

Mungkin selama ini kamu merasa satu produk makeup tidak memiliki fungsi lain, seperti lipstick yang hanya bisa mewarnai bibir. Padahal lipstick juga bisa digunakan sebagai eyeshadow. Selain lipstick ada beberapa produk makeup multifungsi lainnya, apa saja ya?

1. Lip Cream Sebagai Lipstick, Eyeshadow, dan Blush on

Lip cream ini memiliki aplikator sehingga lebih mudah digunakan. Selain bisa digunakan sebagai pewarna bibir, lip cream juga dapat dimanfaatkan untuk eyeshadow dan bahkan blush on! Biasanya lip cream memiliki pigmentasi warna yang intens jadi jika kamu sedang ingin menggunakan makeup natural, apply sedikit saja ya. Lip cream juga memiliki finish matte dan semi matte jadi bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

2. Brow Pencil

Produk yang satu ini memang wajib kamu miliki karena memiliki fungsi 2 in 1 hanya dalam satu produk. Ya, brow pencil bisa menjadi mascara yang dapat melentikkan bulu mata, juga merapihkan dan menebalkan alis. Untuk penggunaan yang lebih mudah, sebaiknya kamu memilih brow pencil dengan warna natural dengan ujung yang agak pipih agar memudahkan kamu dalam membingkai alis.

Brow pencil ada yang waterpoof dan juga tidak waterproof. Selain itu, jika kamu ingin menggunakannya sebagai maskara, agar hasil yang di dapatkan lebih dramatis dan lentik bisa menggunakan penjepit mata terlebih dahulu ya.

3. Concealer Sebagai Produk Makeup Multifungsi

Foundation memang memiliki fungsi untuk meratakan warna kulit, tapi ada beberapa foundation yang tidak bisa menutupi kekurangan di kulit seperti dark spot ataupun dark circle. Maka dari itu concealer hadir agar bisa menutupi dengan sempurna kekurangan yang ada di wajah kita.

Biasanya coverage yang dimiliki concealer adalah medium dan full. Dan ada juga produk concealer yang menambahkan sedikit glitter sehingga wajah terkesan lebih glowing, nah concealer yang seperti ini bisa kamu manfaatkan sebagai highlighter di tulang pipi. Karena highlighter bukanlah fungsi utama dari sebuah concealer jadi efek berkilau di wajah pun akan terlihat lebih natural.

4. Eyeshadow Sebagai Highlighter dan Eyeliner

Produk makeup multifungsi yang selanjutnya adalah eyeshadow. Eyeshadow bisa dimanfaatkan sebagai highlighter dan juga eyeliner, kok bisa? Bisa banget! asalkan eyeshadow yang kamu pilih memiliki pigmentasi tinggi sehingga warna lebih terlihat di wajahmu.

Biasanya eyeshadow dengan pigmentasi ini memiliki ciri fallout yang tidak terlalu banyak, sedikit powdery ataupun memiliki tekstur yang creamy. Finish eyeshadow ada dua yaitu matte yang bisa kamu manfaatkan sebagai eyeliner dan juga shimmer yang bisa dimanfaatkan sebagai highlighter. Tapi perlu di ingat, jangan asal dalam menggunakan shade shimmer di eyeshadow untuk highlighter ya, gunakanlah warna-warna seperti pink, silver, nude, dan transparant.

5. Highlighter Sebagai Eyeshadow

Highlighter juga bisa dimanfaatkan sebagai produk makeup multifungsi. Jika eyeshadow yang kamu punya habis, jangan ragu memanfaatkan highlighter untuk menggantikan peran eyeshadow. Gunakanlah eyeshadow dengan intensitas warna yang tinggi dan tanpa fallout agar glitter tidak berantakan ke bagian wajah lainnya.

Untuk makeup natural, bisa menggunakan highlighter warna soft pink dan soft brown. Sedangkan untuk night event atau makeup yang lebih bold, bisa memilih warna highlighter seperti bronze dan silver.

6. Foundation Sebagai Produk Makeup Multifungsi

Nah, jika tadi concealer bisa menutupi kekurangan pada wajah yang tidak bisa dilakukan oleh foundation, sekarang dengan foundation pun kamu tidak perlu lagi menggunakan concealer. Coverage yang dimiliki foundation ada 3 yaitu sheer, medium dan full coverage. Coverage medium lah yang bisa kamu gunakan sebagai concealer karena dapat menutup dark spot dan dark circle di wajahmu.

Pemilihan foundation juga harus disesuaikan dengan jenis kulitmu agar saat foundation digunakan tidak menimbulkan masalah kulit seperti komedo, jerawat dan lain sebagainya. Kamu juga bisa apply foundation beberapa kali agar kekurangan di wajah bisa tertutupi dengan sempurna.

6 produk makeup diatas pastinya bisa kamu manfaatkan untuk menggantikan fungsi dari produk makeup yang tidak kamu miliki. Selain lebih hemat, kamu juga tidak perlu membawa banyak makeup saat berpergian. Selamat mencoba ya!

To Top