Fashion & Beauty

Hindari 6 Makanan Pemicu Jerawat Ini!

Makanan pemicu jerawat

Jerawat merupakan salah satu penyakit kulit yang bisa dialami oleh semua orang, baik pria maupun wanita. Ada banyak penyebab jerawat, seperti wajah yang kotor, perawatan wajah yang kurang baik, kondisi hormon, termasuk makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Oleh karena itu, selain merawat wajah dengan telaten, kita juga harus memperhatikan kandungan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita.

Untuk menghindari jerawat, penting bagi kita untuk mengetahui apa saja kandungan makanan yang dapat memicu timbulnya jerawat. Oleh karena itu, kita dapat menghindari konsumsi makanan-makanan tersebut secara berlebihan. Berikut adalah 6 makanan pemicu jerawat yang harus kamu waspadai.

1. Makanan dan Minuman Tinggi Gula

Kandungan gula dalam kue dapat memicu jerawat
Makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi dapat memicu jerawat

Olahan makanan dan minuman dengan kadar gula yang tinggi merupakan salah satu makanan pemicu jerawat. Makanan dengan kadar gula tinggi dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh, yang kemudian akan memicu peningkatan produksi insulin. Kadar insulin yang tinggi ini kemudian akan mempengaruhi kadar hormon lainnya, yang memicu produksi sebum atau minyak di wajah secara berlebihan. Produksi sebum yang berlebihan inillah yang nantinya dapat memicu munculnya jerawat.

Beberapa makanan yang mengandung kadar gula tinggi di antaranya adalah nasi putih, roti putih, kue, permen, dan minuman kemasan.

2. Produk Olahan Susu

Produk olahan susu diduga menjadi salah satu makanan pemicu jerawat
Produk olahan susu diduga dapat menyebabkan jerawat

Sampai saat ini, penelitian terhadap jerawat dan susu hanya sebatas menunjukkan hubungan korelasi, bukan hubungan sebab-akibat. Meskipun begitu, penelitian-penelitian tersebut mampu menunjukkan peningkatan munculnya jerawat akibat konsumsi produk olahan susu. Misalnya saja, sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang hobi minum susu dan makan es krim beresiko empat kali lebih tinggi atas munculnya jerawat.

Beberapa pendapat mengatakan bahwa produk olahan susu juga dapat meningkatkan kadar insulin, seperti halnya makanan dan minuman yang berkadar gula tinggi. Di samping itu, produk olahan susu juga mengandung asam amino yang dapat meningkatkan produksi hormon IGF-1. Hormon IGF-1 inilah yang dapat memicu timbulnya jerawat pada kulit.

Oleh karena itu, kita harus mengontrol konsumsi produk olahan susu, seperti susu itu sendiri, keju, serta es krim.

3. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji dapat memicu munculnya jerawat
Makanan cepat saji mengandung lemak jahat yang dapat memicu jerawat

Terdapat sebuah penelitian yang menyatakan bahwa makanan dengan kadar lemak yang tinggi, seperti produk makanan cepat saji, dapat meningkatkan resiko timbulnya jerawat antara 17-43 persen. Akan tetapi, sama halnya dengan produk olahan susu, belum ada penelitian yang mampu membuktikan hubungan sebab-akibat yang jelas antara makanan cepat saji dan jerawat. Beberapa dugaan menyatakan bahwa resiko jerawat akibat makanan cepat saji dipicu oleh kandungan lemak jahat yang mempengaruhi kadar hormon dalam tubuh.

4. Makanan Kaya Lemak Omega-6

Jagung adalah salah satu makanan yang kaya lemak omega-6
Jagung memiliki kandungan lemak omega-6

Untuk kandungan yang satu ini, jerawat biasanya timbul akibat ketidakseimbangan antara lemak omega-6 dan lemak omega-3 yang masuk ke dalam tubuh. Ketidakseimbangan ini menyebabkan peradangan pada tubuh, yang dapat memperparah kondisi jerawat.

Untuk mengatasi kondisi ini, kita dapat mengkonsumsi suplemen dengan kandungan lemak omega-3 di dalamnya. Lemak omega-3 dapat mengurangi tingkat peradangan pada tubuh sekaligus mengurangi tingkat keparahan jerawat. Beberapa makanan dengan kadar lemak omega-6 yang tinggi adalah jagung dan minyak kedelai.

5. Cokelat

Cokelat adalah salah satu makanan penyebab jerawat
Cokelat termasuk ke dalam makanan yang dapat meningkatkan resiko berjerawat

Cokelat merupakan salah satu makanan yang diduga dapat memicu munculnya jerawat. Sebuah penelitian terhadap pria berjerawat yang mengkonsumsi dark chocolate 99 persen selama dua minggu menunjukkan kemunculan jerawat yang lebih banyak. Penelitian lainnya terhadap laki-laki yang diberi kapsul bubuk kakao 100 persen selama satu minggu juga menunjukkan semakin banyaknya jerawat yang muncul.

Dugaan yang muncul terkait hubungan antara cokelat dan jerawat adalah bahwa cokelat dapat meningkatkan reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap bakteri jerawat.

6. Lemak Trans

Mentega adalah salah satu makanan yang mengandung lemak trans
Mentega mengandung lemak trans yang dapat menimbulkan jerawat

Salah satu dampak yang diberikan oleh  lemak trans kepada tubuh adalah menyempitnya pembuluh darah, termasuk pembuluh darah kecil di kulit. Oleh karena itu, lemak trans dipercaya dapat memicu peradangan yang kemudian menjadi penyebab munculnya jerawat di wajah.

Beberapa sumber lemak trans adalah minyak sayur yang sudah pernah dipakai untuk memasak, kue, keripik, biskuit, serta mentega. Kita dapat mengganti konsumsi lemak trans dengan lemak sehat, seperti minyak zaitun, alpukat, dan kacang kenari.

Itu dia 6 kandungan makanan pemicu jerawat yang harus kamu waspadai. Memang, belum ada penelitian yang secara pasti menyatakan hubungan sebab-akibat antara jerawat dan makanan yang kita konsumsi. Akan tetapi, sesuai penjelasan di atas, beberapa kandungan memang dapat memicu hormon-hormon atau reaksi yang menjadi pemicu tumbuhnya jerawat.

Baca Juga : Kulit Wajah Berjerawat?, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengontrol kandungan makanan yang kita konsumsi. Selain mengontrol makanan yang masuk ke dalam tubuh, jangan lupa untuk selalu membersihkan dan merawat wajahmu ya. Penting untuk diingat bahwa makanan bukanlah satu-satunya penyebab munculnya jerawat di wajah kita. Wajah yang kotor, pori-pori yang tersumbat, serta perawatan wajah yang tidak telaten pastinya juga dapat memicu kemunculan jerawat di wajah kita. Semoga informasi kali ini dapat membantu kamu untuk merawat kulit wajahmu ya!

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top