Fashion & Beauty

Ini Ciri Barang Branded Asli yang Mesti Kamu Tahu

Bisa mengenakan barang-barang branded merupakan kebanggaan tersendiri. Harganya yang di atas rata-rata seolah mendefinisikan bahwa kita adalah orang yang mampu secara finansial jika mengenakannya. Barang-barang branded pun meliputi banyak kategori. Dalam kategori fashion, barang-barang yang paling banyak diminati adalah pakaian dan tas. Dua barang fashion tersebut adalah yang selalu dikenakan sehari-hari, maka tidak heran jika banyak peminatnya. Beragam merek dunia seperti Hermes, Chanel, LV, Gucci dan Prada berlomba-lomba mengeluarkan produk fashion terbaru tiap tahunnya. Semakin terbatas jumlah produksinya dan semakin baru tahun keluarannya, semakin mahal pula harganya. Apalagi untuk barang-barang yang memiliki series, Anda perlu sedikit usaha untuk mengoleksi semuanya.

Mengingat besarnya dana dan pengorbanan yang dikeluarkan demi mendapatkan barang branded, Anda tentu tidak ingin mendapatkan barang branded yang palsu, bukan? Selain akan membuat Anda kecewa, pun akan membuat Anda malu jika membanggakannya di depan banyak orang, tapi kemudian diketahui bahwa barang tersebut ternyata palsu. Untuk menghindari hal tersebut, simak artikel berikut agar Anda memiliki cukup pengetahuan untuk membedakan ciri-ciri mana barang branded yang asli dan yang palsu.

Perhatikan  Kerapian Jahitan

Suatu barang bisa menjadi mahal, selain karena mereknya yang sudah mendunia, tentu juga karena barang tersebut dibuat dengan hati-hati. Beberapa barang yang mengusung tema homemade malah akan lebih mahal harganya. Hal ini membuktikan, cara produksi juga menentukan harga. Jika Anda melihat jahitan yang berantakan pada tas, dompet, pakaian atau barang lain, maka sudah dapat dipastikan barang tersebut palsu. Barang branded asli pun biasanya dijahit rangkap untuk menambah ketahanan lama produk tersebut.

Pola Pada Bahan Kulit

Salah satu barang branded termahal adalah barang yang memakai kulit sebagai bahan utamanya. Kulit asli yang berasal dari hewan memang menjamin kualitas mulai dari ketahanan, fungsi pakai hingga warna. Untuk mendapatkan barang branded berbahan kulit yang asli, Anda harus lebih teliti. Kulit asli biasanya lembut, memiliki aroma khas dari hewan dan bahan penyamak, serta motif porinya tidak beraturan.

Logo dan Kualitas Resleting

Jangan keliru, resleting dari barang branded asli biasanya malah lebih kasar teksturnya. Tekstur yang kasar itulah yang menjamin kualitas kekuatannya. Resleting barang branded asli terbuat dari logam dan memiliki logo merek barang. Hati-hati, karena pada barang palsu pun terdapat logo pada resletingnya. Salah satu ciri logo pada resleting yang asli adalah logo tersebut dicetak timbul. Cara lain membedakannya adalah, coba tarik resleting tersebut. Resleting barang barang branded asli tidak mudah tersangkut.

Logo Merek Barang

Logo merek barang pada barang branded asli dengan yang palsu memiliki perbedaan yang cukup mencolok pada bordiran logo atau posisi hurufnya. Tentu Anda sering melihat logo yang dibuat dari logam, bukan? Coba perhatikan logo tersebut. Barang branded asli memiliki logo yang rata dengan permukaan tas atau dompet, lain halnya dengan barang palsu yang memiliki logo timbul seolah-olah logo tersebut hanya asal tempel saja.

Kancing

Pada pakaian branded yang asli, di bagian kancing biasanya terdapat logo merek produk yang dicetak timbul. Selain itu, pada barang asli biasanya juga disertakan kancing cadangan di balik bagian bawah pakaian tersebut. Khusus pada tas merek LV, kancing yang menghubungkan badan dan gagang tas memiliki tulisan “LV” yang mengelilingi bundaran kancing tersebut. Sementara pada tas Chanel, kancing memiliki logo kecil yang khas.

Tag Pada Tas

Tas branded asli selalu memiliki tag, baik berupa kartu kredit, cetak timbul atau hologram. Chanel, Gucci dan LV bahkan selalu menyertakan buku mini yang memuat tentang info produk dan cara perawatan tas tersebut.

Cek Label

Sebagai peminat barang branded asli, tentu Anda harus paham betul dari negara mana saja merek-merek dunia berasal. Ya, ingatlah selalu bahwa produk asli menulis negara asal pembuatan, bukan kota asal pembuatan. LV adalah buatan Perancis, maka pada label akan tertulis ‘Made in France’ dan bukan ‘Made in Paris’.

Kualitas Packaging

Setiap barang tentu memiliki kantong pembungkus atau dustbag. Dustbag yang membungkus tas asli biasanya berukuran lebih lebar. Dustbag barang branded asli juga disertai logo, silica gel atau bahkan buku panduan perawatan.

Barcode dan Nomor Seri

Barang branded asli tentu memilik barcode dan nomor seri. Bukan sembarang barcode, tapi barcode yang akan mengarahkan ke situs resmi jika di-scan. Cek juga nomor seri pada situs terpercaya produk branded.

Harga

Namanya juga barang branded, yakni barang mereknya sudah dikenal dan diakui dunia, tentu harganya pun sangat mahal bahkan kadang tidak masuk akal. Jika Anda menemukan barang branded yang dijual dengan harga murah, dapat dipastikan itu adalah barang palsu. Barang asli yang seken sekalipun, harganya masih tergolong mahal.

Nah, itu dia beberapa ciri barang branded asli yang bisa Anda cermati agar tidak tertipu saat membelinya. Semoga bermanfaat dan selamat berbelanja!

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top