Fashion & Beauty

Inspirasi Model Kebaya Muslim

Kebaya merupakan kain tradisional khas Indonesia. Kebaya berbrntuk blus, biasanya dikombinasikan dengan kain jarit atau songket yang masing-masing memiliki bermacam-macam motif. Kebaya di berbagai pulau Indonesia rata-rata meniru gaya kebaya yang ada di Jawa, karena diyakini kebaya Jawa memiliki nilai estetis sebagai penguasa yang halus. Seiring perkembangan zaman, terdapat berbagai macam variasi kebaya. Teruma ketika trend hijab booming, para desainer memunculkan model-model kebaya untuk wanita yang berhijab. Jika kalian bingung memilih model kebaya untuk suatu acara, ini ada beberapa inspirasi model kebaya yang bisa kamu contoh;

Model kebaya kutu baru seperti yang dipakai artis Zaskya Adya Mecca di atas, merupakan model kebaya lama dari zaman kerajaan Majapahit. Kebaya model tersebut kinikembali booming. Kebaya kutu baru memiliki perbedaan yaitu ada kain penghubung di tengah yang menghubungkan sisi kanan dan kiri yang terletak di bagian dada. Kebaya model ini cocok digunakan untuk resepsi, dan akhir-akhir ini digemari oleh mahasiswa untuk acara wisuda. Selain motifnya banyak, seperti bunga-bunga, semen rama, yang cocok dikombinasi dengan batik, kebaya kutu baru juga yang berbahan emboss juga cocok untuk dikombinasikan dengan batik maupun songket.Inspirasi Model Kebaya Muslim kutu baru

Setelah mengalami perkembangan, kebaya berbahan broklat memiliki berbagai macam model. Untuk pengantin, biasanya kebaya dibuat panjang melebihi jarit. Model tersebut terinspirasi dari gaun pengantin di negara barat.

Untuk acara pernikahan, model kebaya tidak hanya berbahan broklat yang dikombinasikan dengan jarit. Di era ini telah mengalami perkembangan. Kebaya berbahan broklat dibuat dengan model dress atau menyerupai gaun, jadi tidak harus mengenakan jarit. Model ini paling modern dan lebih simple. Biasanya kain broklat dijahit dengan bahan tutu, jersey maupun sifon pada bagian bawahnya.Inspirasi Model Kebaya MuslimInspirasi Model Kebaya Muslim

Ada pula motif peplum seperti yang digunakan perancang busana muslim Dian Pelangi di atas. Kebaya tanpa motif cocok untuk bawahan berbahan jarit maupun songket. Model kebaya yang dibuat plui-plui di bagian perut, cocok untuk digunakan wanita bertubuh kecil untuk menutupi bagian perut sampai pinggang.

Jika Anda memiliki tinggi badan yang tidak ideal, Anda bisa memilih model kebaya seperti di atas. Ujung kebaya bagian depan depan dibuat runcing sehingga Anda akan terlihat tinggi. Model tersebut bisa dipadukan dengan bawahan yang sepan (skirt)  atau bermodel megar (berplui-plui). Untuk bawahan bermodel lebar, atasannya atau bagian kebaya tidak dibuat panjang, mungkin sebatas pinggang saja.

Itulah beberapa model kebaya muslim yang bisa dijadikan inspirasi untuk acara-acara resmi maupun khusus. Jangan lupa kombinasikan dengan warna yang tepat. Pilihlah warna hijab yang sesuai dengan warna kebaya. Hijab berbahan velvet akan menambah tampilan Anda terlihat glamour. Selain bahan sifon juga cocok untuk digunakan dengan kebaya. Wanita muslim juga bisa berkreasi dengan kebaya. Sesuaikan pula acsessoris yang Anda kenakan untuk memperindah tampilan Anda. Semoga terinspirasi!

Cara Merawat Kebaya

  • Cuci di penatu atau rendam dalam air hangat yang telah dicampur dengan 1 sendok makan bubuk detergen yang mengandung pelembut maksimal 10 menit. Lalu bilas hingga bersih. Keringkan dengan cara di angin-anginkan.
  • Bila kebaya terkena noda, gunakan air jeruk nipis tepat diatas noda, diamkan beberapa saat, baru dicuci.
  • Kebaya berbahan renda / sutra sebaikanya disimpan dengan cara dilipat, lalu diselipkan karton di dalam lipatannya, untuki menjaga bentuknya.
  • Bila kebaya Anda mempunyai banyak manik-manik dan payet, masukan ke dalam kotak khusus. Untuk kebaya organdi sebaiknya disimpan dengan gantungan yang sudah diberi busa terlebih dahulu.
  • Untuk melicinkan kebaya, gunakan setrika uap.
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top