Intip Prewed Kejawen yang Berbudaya

Prewed Jawa

Membahas mengenai persiapan pernikahan tidak akan pernah ada habisnya. Apalagi diera kekinian ini, semua ingin tampil mewah dengan berbagai kemudahan. Dari persiapan perlengkapan pengantin, konsep pernikahan hingga menu makanan yang akan disajikan. Persiapan konsep pun tidak hanya untuk hari H pernikahan. Akan tetapi, dari prewedding hingga acara besanan.

Sebagian calon pengantin menginginkan suatu kesan kekinian untuk pernikahannya. Hal tersebut ditunjukkan dengan maraknya foto prewedding. Foto tersebut nantinya akan diaplikasikan pada kartu undangan serta pelengkap dekorasi waktu hari H pernikahan. Konsep prewedding pun juga bermacam-macam. Dari ala-ala western hingga mengangkat tema budaya.

Tema kejawen yang berbudaya menampilkan sosok bijaksana dan anggun layaknya putera dan puteri keraton. Pakaian adat pun menjadi ciri khas dari tema tersebut. Jika Anda menginginkan tema tersebut, Anda bisa menyimak beberapa konsep prewedding tema kejawen. Amati property dan pose yang paling menarik minat Anda sebgai berikut;

Pertama, kalian bisa mencontek gaya prewed anak mantan orang satu di Indonesia berikut. Anak kedua dari bapak Susilo Bambang Yudhoyono ini memilih konsep prewednya klasik dan penuh budaya. Rubi, istrinya mengenakan kebaya dan jarit, tidak lupa sanggul pada rambutnya. Sedangkan Abas sendiri memakai beskap dengan bawahan celana bahan. Properti yang ditampilkan pun juga klasik, teko-teko, penyiram tanaman serta peti harta karun. Suasana yang ditampilkan santai dan romantis.

Prewed Jawa

Kedua, ini lebih simpel dari gaya sebelumnya. Hanya menonjolkan pakaian adat yakni kebaya oleh calon pengantin wanita dan surjan oleh calon pengantin pria. Mereka berdua sama-sama mengenakan bawahan batik. Meskipun tanpa sanggul, wanita tetap terlihat anggun. Tidak lupa pelengkap yang dipakai calon pengantin pria yaitu blangkon. Tanpa properti pun terlihat romantis dan syahdu dengan background alam seperti gambar di bawah ini.

Prewed Klasik

Ketiga, bagi wanita, Anda juga bisa memakai jarit pendek di bawah lutut untuk disandingkan dengan kebaya motif bunga. Untuk pria tetap dengan surjan lurik, jarit dn blangkon. Nah, yang berbeda dari tema sebelumnya yaitu settingnya. Anda bisa memilih tempat wisata, seperti candi untuk menambah suasana yang berbudaya.  Gayanya pun juga simpel. Lebih efektif tanpa harus mempersiapkan properti.

fotografer yogyakarta

Keempat, kali ini busana yang digunakan tampak serasi. Kebaya hitam dan beskap hitam ala surakarta. Jarit kedua calon pengantin pun juga sama. Tidak lupa blangkon dan sanggul melengkapi penampilan mereka berdua. Konsepnya pun sederhana, seperti dalam rumah tangga. Istri melayani suami dari hal-hal kecil yaitu menyiapkan minuman. Simpel dan romantis.

prewedding-indoor-jakarta-kebaya-hitam

Kelima, busana yang digunakan seperi gambar sebelumnya, yang berbeda hanyalah warnanya yaitu merah kalem. Selain itu, konsep yang digunakan juga berbeda. Gambar di bawah ini menampilkan properti kuno yang artistik, meliputi keris, patung punokawan, karya seni topeng, wayang, gamelan dll.

Prewed Adat Jawa

Keenam, Bagi And ayang berkerudung tidak menjadi maslah jika ingin tampil dengan tema jawa klasik. Kerudung bisa divariasi seperti gambar di bawah ini. Tampat yang digunakanpun juga sederhana yaitu layaknya pendopo yang dipenuhi barang-barang kuno. Pose yang ditampilkan simpel sekali, yaitu hanya saling berhadapan.

Kawasan-Rumah-Klasik-di-Kota-Gede

Ketujuh, konsep ini juga menarik. Nuansa jawa dan pedesaan menyatu dengan serasi. Kebaya serta surjan bunga menambah penampilan semakin ceria dan romantis. Tatanan rambut ala pedesaan yaitu kepang dua membuat tampilan semakin natural. Nah, yang menjadi unik yaitu pose yang digunakan. Lelaki berjalan beriringan menuntun sepeda sedangkan wanita memanggul tenggok.

foto-prewed tema adat jawa klasik

Ketujuh, Anda bisa mencontek prewed kejawen ala artis yakni Caca Federica di bawah ini. Buasana calon pengantin pria beskap ala surakarta lengkap dengan blangkon. Kemudian, untuk pengantin wanita yaitu basahan, basahan yaitu busana tanpa lengan. Settingnya juga sederhana, hanya menggunakan background dengan pola  artistik.

Prewed Chaca

Terakhir, layaknya suasana campursari, pose antara kedua calon pengantin yang memainkan instrumen kendang dan kenong. Tidak lupa properti gong serta patung punokawan yang ada di belakang memperkental suasana adat jawa. Pose dengan memainkan alat musik sembari tersenyum memandang satu sama lain tampak romantis.

Prewed Jawa Klasik

Diantara beberapa konsep foto prewed yang bertemakan budaya jawa, Anda memilih yang mana? Melestarikan budaya dengan cara sederhana sangat mudah. Apalagi untuk momen spesial seperti ini.

This website uses cookies.