Fashion & Beauty

Jadi Polemik, Ini Bedanya Paris Fashion Week dan Paris Fashion Show

Jadi Polemik, Ini Bedanya Paris Fashion Week dan Paris Fashion Show

Klaim fashion brand atau jenema mode (dan kuliner) Indonesia tampil di ‘Paris Fashion Week 2022’ menjadi kontroversi. Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) akhrinya buka suara bahwa mereka mengikuti ‘Paris Fashion Show. Lalu apa bedanya Paris Fashion Week (PFW) dan Paris Fashion Show?

Paris Fashion Week adalah satu dari empat acara pekan mode terbesar di dunia selain Milan, New York dan London.

Acara ini digelar oleh Fédération de la Haute Couture et de la Mode (FHCM). FHCM yang ada sejak 1868 ini berada di bawah pengawasan Kementerian Industri Perancis dengan misi utama untuk mempromosikan budaya Perancis melalui fashion.

FHCM sendiri memiliki tiga divisi, yaitu ready to wear (busana siap pakai wanita), men’s ready to wear (busana siap pakai pria) dan haute couture (adibusana). Seluruh jenema dan desainer yang ikut di PFW adalah anggota FHCM atau minimal pernah lolos pengkurasian dari divisi terkait.

Lihat Juga: Lisa Tak Diizinkan Hadiri Paris Fashion Week, BLINK Ramai-ramai Protes YG Entertainment

Paris Fashion Week yang tengah berlangsung saat ini yaitu Fall/Winter 2022 yang digelar pada 28 Februari-8 MAret 2022. Ada dua jenema asal Indonesia yang secara resmi mengikuti acara ini, yaitu Sean Sheila dan Jewel Rocks.

Paris Fashion Show Jelas Berbeda dengan Paris Fashion Week

Nama Paris Fashion Week sendiri telah dipatenkan FHCM, jadi desainer maupun jenema yang tidak termasuk dalam organisasi itu tidak bisa sembarangan mengklaim tampil di acara tersebut.

Karena itulah, pemakaian nama Paris Fashion Show dianggap sebagai pilihan paling aman, seperti yang dijelaskan oleh Ifan Seventeen selaku Ketua Bakominfo Gekrafs.

Gekrafs yang turut mensponsori peragaan busana yang dihelat oleh Fashion Division di mana nama-nama jenema lokal seperti Harry Halim, Purana dan IKYK memamerkan busana terbarunya di Westin Paris pada 5-6 Maret 2022. Tidak hanya itu, ada juga brand lain selain fashion seperti Scarlett (kosmetik) dan Geprek Bensu (kuliner).

“Namun memang bukan ke Paris Fashion Week dari FHCM. That’s why kita namain ‘Gekrafs Paris Fashion Show during Paris Fashion Week‘,” klarifikasi Ifan di Instagram miliknya.

Ifa mengklarifikasi hal tersebut setelah banyak yang melontarkan kritik kepada beberapa nama yang mengaku mengikuti peragaan busana di Paris Fashion Week. Salah satu kritikan disampaikan oleh akun Instagram bernama @mrluckyheng.

Kritikan tersebut menjadi viral, pemilik akun itu menuliskan kekesalannya dan menyebut tindakan mengklaim secara sembarangan itu adalah pembodohan publik. Ia menuturkan, brand di luar fashion hanya menumpang pada kategori fashion dengan berkolaborasi bersama desainer.

Bukan itu saja, nama dan jadwal ‘Fashion Week Online’ seperti yang kerap beredar di media juga bisa dibeli dengan harga US$100.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top