Fashion & Beauty

Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat, Apa Saja?

Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat, Apa Saja?

Jerawat memang bukan suatu penyakit yang membahayakan nyawa, tapi kemunculannya ini bisa membuat seseorang menjadi tidak percaya diri karena bisa mengganggu penampilan. Ada berbagai hal yang dapat memicu timbulnya jerawat ini, mulai dari hormon yang tidak stabil, mengonsumsi beberapa makanan tertentu dan bahkan kebiasaan buruk penyebab jerawat yang sering kali kita lakukan baik secara sadar ataupun tidak sadar.

Apa Saja Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat?

Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat, Apa Saja?

Tentunya kebiasaan buruk ini perlu kamu hindari mulai dari sekarang. Karena jika terus berlangsung, hanya akan membuat jerawat bertambah parah, meninggalkan bekas jerawat, hingga menyebabkan infeksi. Berikut ini ada berbagai kebiasaan yang seharusnya kamu hindari, yaitu:

1. Terlalu Sering Mencuci Wajah

Menjaga kulit wajah tetap bersih memang sangat penting agar bakteri dan kotoran tidak mengendap di dalam pori-pori kulit yang nantinya bisa menyebabkan jerawat. Untuk menjaga kulit wajah tetap bersih, salah satu cara paling mudah adalah dengan mencuci wajah. Tapi sayangnya mencuci wajah terlalu sering bisa memberikan efek buruk seperti memperparah jerawat hingga membuat kulit lebih kering.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Karena terlalu sering mencuci wajah akan membuat kulit kehilangan kelembapan alaminya sehingga produksi minyak menjadi berlebihan. Tentunya hal tersebutlah yang membuat jerawat semakin bertambah parah.

Penting untuk bisa mencuci wajah dengan benar yaitu hanya dua kali dalam sehari (saat bangun pagi dan malam sebelum tidur). Gunakan sabun pencuci wajah dengan formula yang lembut dan tidak mengandung banyak kandungan berbahaya untuk kulit.

2. Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat Dengan Memencet Jerawat

Meskipun hanya ada satu jerawat yang timbul di bagian wajah, pastinya bisa membuat kita kesal dan ingin memencetnya ya agar jerawat tersebut cepat hilang. Tentunya kamu sudah tau kan kalau memencet jerawat itu merupakan salah satu kebiasaan buruk penyebab jerawat yang bisa menimbulkan jerawat baru dan memperparah kondisi jerawat lama.

3. Terlalu Sering Eksfoliasi Kulit

Sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit bisa membuat kulit terlihat lebih kusam, kasar dan bisa menimbulkan komedo atau jerawat karena pori yang tersumbat. Sangat penting untuk eksfoliasi agar sel-sel kulit mati bisa terangkat dengan baik. Tapi banyak orang yang menganggap bahwa semakin sering eksfoliasi, akan semakin bagus hasilnya untuk kulit.

Padahal anggapan tersebut salah! Eksfoliasi yang terlalu sering akan membuat kulit semakin tipis, rentan berjerawat dan lebih sensitif terhadap sinar matahari. Eksfoliasi yang tepat setidaknya 1 atau 2 kali dalam seminggu dengan menggunakan scrub yang lembut di kulit.

4. Menggosok Kulit Terlalu Keras

Pernahkah kamu menggosok kulit terlalu keras? Jika iya, cobalah hentikan kebiasaan buruk itu sekarang juga. Karena bisa menyebabkan iritasi dan merangsang pertumbuhan jerawat baru. Menggosok kulit dengan gerakan atas-bawah juga bisa membuat kulit cepat berkerut lho.

5. Tidak Membersihkan Keringat Di Wajah

Saat beraktivitas di luar ruangan atau terpapar terik sinar matahari, pastinya kulit kita akan berkeringat ya. Karena terlalu malas membersihkan keringat, akhirnya keringat tersebut dibiarkan mengering di kulit dan nantinya bisa membuat kulit lebih mudah berjerawat. Maka dari itu sangat penting untuk membersihkan kulit yang berkeringat baik dengan menggunakan tissu, mandi atau membersihkan wajah dengan micellar water.

6. Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat Yaitu Tidak Membersihkan Makeup

Makeup yang bertahan di kulit wajah selama seharian pastinya bercampur dengan debu, kotoran, bakteri dan keringat. Sehingga jika tidak dibersihkan akan menyebabkan komedo dan jerawat karena bisa menyumbat pori-pori.

Bersihkanlah wajah dari makeup secara benar. Kamu bisa mencoba triple cleansing atau double cleansing untuk membersihkan wajah ini. Sedangkan untuk makeup yang sulit untuk dibersihkan bisa menggunakan bantuan face oil. Setelah itu kamu bisa menggunakan sabun pembersih wajah.

7. Tidak Memperhatikan Bahan Dasar Makeup

Ada dua jenis bahan dasar makeup seperti alas bedak atau foundation, yaitu berbahan dasar air dan berbahan dasar minyak. Untuk kamu yang memiliki jenis kulit kering disarankan untuk menggunakan foundation berbahan dasar minyak, karena bisa melembapkan kulit. Begitu juga untuk kulit berminyak yang lebih disarankan untuk menggunakan foundation berbahan dasar air karena tidak menyumbat pori sehingga nantinya tidak menimbulkan komedo ataupun jerawat.

8. Sering Ganti Skincare

“Duh, skincare yang baru dibeli beberapa hari lalu kurang cocok jadi mau beli skincare baru deh!” Nah, ini juga menjadi salah satu kebiasaan buruk penyebab jerawat yaitu sering ganti skincare. Padahal baru sekali dipakai dan sudah menyimpulkan bahwa skincare tersebut tidak cocok di kulitmu.

Padahal dibutuhkan waktu setidaknya berminggu-minggu untuk bisa mengetahui apakah kulit kamu cocok dengan skincare tersebut atau tidak. Sering ganti skincare hanya akan membuang uang dan kamu tidak bisa mengetahui manakah skincare yang sebenarnya cocok di kulitmu atau tidak.

To Top