Fashion & Beauty

Klinik Kecantikan VS Salon Kecantikan

Klinik Kecantikan VS Salon Kecantikan

Berbicara soal cantik, tentu kita harus pula membahas hal penunjang dibaliknya. Untuk mendapatkan wajah yang cantik misalnya, seseorang harus rela melakukan perawatan berkala.

Tak hanya itu, adapula beberapa tindakan yang disinyalir mampu meningkatkan kecantikan wajah. Sebut saja operasi bedah plastik, penyuntikan silikon hingga tanam benang yang tengah trend. Semua hal tersebut mampu membawa dampak tersendiri pada penampilan, terutama bagian wajah.

Di Indonesia sendiri, trend wajah cantik selalu berkiblat pada fashion wanita barat maupun asia. Dari Asia, kita selalu mencontoh tampilan ala Jepang maupun Korea yang selalu hype.

Sedangkan dari belahan Eropa dan Amerika, ada artis ternama serta fashion blogger maupun youtuber yang selalu direkomendasikan. Tak salah memang mencontoh gaya orang ternama tersebut, hanya saja kitapun tak boleh melupakan beberapa hal. Contohnya saja kulit wajah maupun tubuh yang tak seputih wanita Barat maupun Jepang dan Korea.

Hanya karena ingin memiliki kulit yang sama indahnya, kita menggunakan produk yang tidak aman. Padahal sudah banyak klinik kecantikan yang mampu memberikan perawatan tubuh lebih efektif.

Klinik kecantikan sendiri berbeda dengan salon yang banyak kita jumpai di berbagai sudut kota. Lalu adakah bedanya diantara kedua tempat perawatan tubuh dan wajah tersebut? Berikut beberapa perbedaan antara klinik dan salon kecantikan.

Perbedaan Klinik dan Salon Kecantikan

Klinik Kecantikan

Tak sedikit memang klinik kecantikan yang tersebar di seantero negeri, dengan nama besar masing-masing. Sebagai tempat perawatan wajah dan kulit, klinik kecantikan umumnya memiliki izin resmi dari pemerintah. Merekapun mempekerjakan beberapa tenaga ahli, seperti dokter bersertifikat maupun konsultan di bidang estetika. Semua konsultan atau ahli harus memiliki sertifikat dan izin praktek guna menjamin keamanan konsumen ketika berkonsultasi.

Para dokter maupun ahli ini biasanya telah mengikuti training khusus kecantikan. Itulah mengapa seorang dokter umum pun bisa bekerja pada sebuah klinik kecantikan. Tindakan kecantikan yang diambil oleh sebuah klinik pun lebih beragam, termasuk menyuntikkan cairan silikon.

Umumnya seorang dokter bertugas sebagai pengawas pada sebuah klinik, guna memastikan setiap tindakan berjalan benar. Konsultan yang bekerja pada sebuah klinik kecantikan pun diharapkan mampu menjadi sahabat dari setiap wanita maupun pria yang datang untuk berkonsultasi.

Sebuah klinik kecantikan bersertifikat pun tak segan-segan menggunakan peralatan terbaru. Berbagai peralatan yang berhubungan dengan kecantikan dapat kita jumpai disana, seperti laser. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi di bidang kecantikan yang terhitung pesat. Sehingga mau tak mau sebuah klinik pun harus mau belajar dan menerima kemajuan tersebut. Begitu pula dengan produk yang digunakan oleh klinik kecantikan, sudah berizin BPOM dan menggunakan bahan-bahan alami.

Salon kecantikan

Klinik Kecantikan VS Salon Kecantikan
Salon Kecantikan

Berbeda dari klinik kecantikan, salon biasanya hanya dikelola dan diawasi oleh orang awam. Salon umumnya tak menyediakan tenaga profesional yang bisa menjadi tempat konsultasi para pelanggan. Walaupun tak memiliki tenaga medis, para karyawan biasanya telah mengikuti seminar atau kursus seputar kecantikan. Tindakan perawatan yang biasanya disediakan pun memerkan tindakan medis yang serius. Coba saja lihat, kebanyakan salon kecantikan hanya melayani facial, masker, creambath dan lain sebagainya.

Jika Anda bertanya bagaimana untuk memilih diantara keduanya, tentu Anda harus tahu dulu perawatan apa yang ingin dijalani. Kalau hanya sekedar ingin facial ataupun creambath, datang ke salon kecantikan sudah termasuk cukup. Pasalnya perawatan tersebut tak memerlukan keahlian di bidang medis maupun konsultan bersertifikat. Kecuali bila Anda ingin melakukan perawatan yang berhubungan langsung dengan tindakan medis, seperti suntik silikon maupun tanam benang.

Sebaiknya pilih pula salon maupun klinik yang mendapatkan rekomendasi dari orang sekitar. Mengingat reputasi tempat kecantikan berpengaruh pada pelayanan dan tindakan yang mereka ambil. Jangan mudah termakan rayuan salon yang mengatakan mampu melakukan tindakan medis. Ditakutkan mereka hanya melakukan prosedur diluar medis yang dapat berdampak negatif pada kesehatan kulit Anda. Tindakan medis berupa pemancungan hidung maupun tanam benang hanya boleh dilakukan oleh tenaga medis. Diluar tenaga medis, sebaiknya Anda berhati-hati atau memilih untuk tidak melakukan perawatan tersebut sama sekali.

To Top