Fashion & Beauty

Kulit Terbakar Sinar Matahari, Begini Cara Mengatasinya

Kulit Terbakar Sinar Matahari

Kulit wajah terbakar sinar matahari? Paparan sinar matahari terkadang menjadi musuh bagi kulit Anda. Teriknya sinar matahari sering menyebabkan tubuh menjadi terasa terbakar, salah satunya adalah bagian kulit wajah yang terasa terbakar.

Cara Mengatasi Kulit Terbakar Sinar Matahari

Bagi Anda yang tidak ingin kulit wajah Anda terbakar oleh teriknya sinar matahari, Anda bisa menghindari keluar rumah di jam tertentu. Biasanya panas matahari terasa sangat terik sekitar pukul 12 siang hingga pukul 3 sore.

Jadi jika Anda tidak memiliki keperluan yang terlalu penting, sebaiknya Anda tidak keluar rumah, kantor, atau ruangan di jam-jam matahari terik. Tapi bukan berarti Anda tidak bisa keluar pada jam tersebut. Anda masih bisa keluar di jam tersebut dengan catatan khusus. Misalnya Anda perlu menggunakan masker agar kulit wajah Anda tidak terbakar.

Tips lain yang juga perlu Anda perhatikan adalah tidak menggunakan baju berwarna gelap seperti warna hitam yang biasanya justru akan menyerap panas. Jadi sebaiknya Anda menggunakan baju yang berwarna lembut dan berbahan dingin seperti jersey, katun, dan lain sebagainya.

Cuci muka

Cuci muka
Cuci muka

Tapi bagi Anda yang sudah terlanjur keluar ruangan dan mengalami keluhan kulit wajah terasa terbakar, Anda bisa mencoba mendinginkan wajah Anda dengan mencuci muka Anda.

Cara lainnya Anda bisa menggunakan handuk basah yang berisi es batu atau menggunakan handuk yang telah Anda basahi dengan air dingin untuk mendinginkan kulit Anda yang terbakar. Anda jangan sampai melakukan kesalahan dengan menggosok-gosokkan kain handuk tersebut pada kulit wajah Anda karena tindakan tersebut bisa jadi akan memperburuk kondisi kulit wajah Anda.

Cara yang benar adalah menempelkan handuk tersebut pada kulit wajah yang terasa terbakar untuk meminimalisasi rasa panas dan membuat kulit wajah terasa dingin.

Ramuan tradisional

obat kulit terbakar
Obat Kulit Terbakar Sinar Matahari Traditional

Ramuan tradisional seperti lemon, yoghurt, dan bubuk cendana. Cara membuat ramuan tradisional tersebut sangat sederhana dan mudah.

Bahan yang perlu disiapkan untuk ramuan lemon adalah lemon, air mawar, dan mentimun.

Lemon

Langkah pertama adalah memeras lemon dan mencampurnya dengan air mawar. Langkah kedua adalah memblender mentimun hingga halus. Langkah ketiga adalah mencampur air perasan lemon, air mawar, dan mentimun hingga merata. Langkah keempat adalah mengoleskan ramuan tersebut pada bagian kulit wajah yang terbakar dan mendiamkannya selama 15 menit sebelum mencucinya dengan air bersih. Anda bisa melakukannya sebanyak dua kali dalam sehari.

Yoghurt

Bahan yang dibutuhkan untuk ramuan yoghurt adalah yoghurt tanpa rasa, buah tomat, mentimun, dan kunyit. Langkahnya sangat mudah, Anda hanya perlu memblender secangkir yoghurt tanpa rasa, satu buah tomat, dua irisan mentimun, dan sejumput kunyit bubuk secara bersamaan. Setelah semua bahan selesai Anda blender secara merata, Anda bisa menggunakannya untuk scrub saat mandi.

Bubuk Cendana

Anda juga bisa menggunakan ramuan bubuk cendana untuk mengobati kulit wajah terbakar sinar matahari secara tradisional.

Bahan yang perlu disiapkan bubuk cendana, susu murni, dan bubuk kunyit.

Campurkan satu sendok makan bubuk cendana dengan seperempat cangkir susu murni dan satu sendok teh bubuk kunyit. Aduk ketiga bahan tersebut hingga membentuk pasta.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Masker Alami

Selanjutnya, Anda dapat memakainya sebagai scrub untuk mandi sama halnya dengan ramuan yoghurt. Ketika menggunakan scrub jangan buru-buru Anda siram, Anda harus menunggunya kering terlebih dahulu, kemudian Anda bersihkan. 

To Top