Fashion & Beauty

Kulit Wajah Berjerawat?, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kulit Wajah Berjerawat?, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kebanyakan dari kita mungkin mengalami yang namanya jerawatan. Baik itu di wajah ataupun tubuh seperti dibagian punggung. Penyebab tumbuhnya jerawat ada dua faktor. Yaitu faktor dari dalam dan dari luar.

Jerawat yang mudah disembuhkan, biasanya jerawat yang disebabkan oleh faktor dari luar. Apa sih faktor dari luar? Yupp simple banget, debu dan kotoran yang menumpuk biasanya penyebab 99% jerawat yang tumbuh karna faktor dari luar. 

Jadi, cara mencegahnya ya cukup mudah. Bersihkan wajah dan lindungi dari debu dan kotoran. Mungkin bisa menggunakan masker ketika berada di luar atau juga produk anti polutant yang sudah banyak dijual di pasaran. Dengan begitu, kamu akan terbebas dari jerawat.

lalu, apa sih penyebab dari dalam? Penyebab dari dalam biasanya karna faktor genetik, hormon, ataupun jenis makanan sehari-hari yang kamu konsumsi. Biasanya, orang yang secara genetik dan hormon mudah sekali terserang jerawat, memiliki kelenjar minyak berlebih pada area yang sering timbul jerawat. Biasanya orang-orang dengan type seperti ini akan sulit sekali mencegah timbulnya jerawat. Karna bisa jadi saat libur panjang hanya mendekam saja di kamar tidak ke mana-mana alias tidak kena debu dan kotoran saja jerawat tetap akan timbul dengan rajinnya. Apalagi kalo jalan-jalan di luar penuh debu. Sedih ya guys.

Tapi tenang. Bukan brarti tidak bisa mencegah timbulnya jerawat dong. Buat kamu yang kulitnya type seperti ini, perhatikan dari hal yang paling simple. Apa itu? Yak, sabun pembersih wajah. Jika selama ini kamu menggunakan sabun anti acne atau sabun khusus jerawat, cek apakah mengandung scrub atau tidak. Jika ada, maka segera sekarang juga ganti sabun pembersih kamu dengan sabun anti acne tanpa scrub.

Mangapa? Karna sebetulnya, sabun berbahan scrub itu diperuntukkan bagi produk whitening, bukan produk anti acne. Jangan terkecoh. Kulit yang mudah berjerawat yang disebabkan oleh faktor dari dalam, biasanya memiliki tekstur yang sangat sensitif. Untuk itu, kita harus ekstra hati-hati menjaga bagian yang sensitif itu. Penggunaan sabun scrub hanya akan mengakibatkan kulit menjadi semakin sensitif. Karna scrub yang bersifat agak kasar, akan membuat kulit sensitif kamu sedikit tergores (Meski tidak terlihat sama sekali). Untuk orang yang berkulit normal mungkin akan baik penggunaan scrub, karna berfungsi mengexfoliating kulit mati. Tapi tidak untuk kulit sensitif.

kulit berjerawat

Jadi guys, intinya jangan pernah menggunakan perawatan wajah apapun yang mengandung scrub, juga jangan melakukan perawatan peeling atau exfoliating wajah pada kulit wajah sensitif. Itu sangat tidak dianjurkan.

Demikian info ini cantik buat agar pemirsa cantik lebih tau lagi perawatan khusus apa yang baik bagi kulit. Semoga bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top