Fashion & Beauty

Kulit Wajah Berminyak? Hindari 5 Penyebabnya

Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Membersihkan Wajah

Hal yang cukup mengganggu ketika kulit wajah berminyak adalah menurunnya kepercayaan diri ketika harus bertemu dengan seseorang atau bagi kaum wanita, tentu kulit wajah berminyak dapat sangat menyebalkan karena membuat makeup di wajah tidak tahan lama atau bahkan luntur. Selain itu kulit wajah berminyak juga merupakan akar dari permasalahan kulit wajah lainnya, seperti kulit kusam dan berjerawat.

Banyak produk perawatan wajah yang dapat membantu mengurangi minyak di wajah. Tapi, mengatasi kulit berminyak tanpa mengetahui penyebabnya akan kembali memicu produksi berlebih kelenjar minyak pada wajah.

Jadi, selain mencoba mengatasinya, tidak ada salah untuk menghindari 5 penyebab kulit wajah berminyak seperti di bawah ini.

1. Sering Cuci Muka

Alih-alih membersihkan wajah dari minyak dan debu, mencuci muka terlalu sering malah berpotensi membuat wajahmu makin berminyak.

Hal ini dikarenakan karena adanya produksi berlebih kelenjar minyak pada wajah pada lapisan kulit terluar yang terkikis akibat adanya aktivitas cuci muka.

Meski membersihkan wajah pakai face tonic dan bukannya air, hal itu juga berlaku demikian. Sebaiknya hindari sering membersihkan wajah. Bila dirasa sangat kotor, cukup tepuk-tepuk wajah menggunakan tisu kering.

Bagi kaum muslim, wudhu tidak termasuk mencuci wajah yang dapat mengikis lapisan kulit terluar sebab tidak adanya penggunaan sabun atau pembersih di sini.

Cuci muka dua kali sehari bila wajah terasa sangat kotor atau setelah dipoleskan makeup.

2. Mengonsumsi Makanan Tidak Berminyak

Apa jenis makanan yang kamu hindari saat ingin mengurangi kadar minyak di wajah? Banyak orang biasanya menghindari makanan yang digoreng. Tapi jangan salah, makanan yang tidak digoreng pun bisa menyebabkan kulit berminyak. Susu, contohnya.

Susu dan dairy food lainnya mengandung hormon yang bisa menyebabkan penyumbatan pori-pori dan produksi minyak berlebih pada kulit wajah.

Gandum olahan seperti roti dan biskuit, yang sudah pasti mengandung gula, juga berpotensi menyebabkan kulit berminyak, lho.

3. Pengaruh Hormon

Siklus hormonal bulanan yang biasa dialami wanita saat menstruasi juga bisa memproduksi kelenjar minyak berlebih pada kulit, bahkan pada kulit kepala.

Hormon memang memiliki pengaruh besar terhadap kondisi kulit, seperti adanya jerawat saat tubuh mengalami peningkatan hormon stres. Jadi, bagi wanita yang menjelang, atau sedang mengalami mensturasi, disarankan lebih menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi. Sedia kertas penyerap minyak setiap saat.

4. Tidak Selektif Memilih Produk Kecantikan Wajah

Memang, tak terhitung banyaknya jenis dan produk kecantikan yang menjanjikan membantumu mengatasi kulit beminyak. Tapi, tidak semua produk cocok untukmu.

Tidak ada salahnya untuk lebih teliti dan mulai mempelajari kandungan apa saja yang ada dalam produk kecantikanmu.

Hindari produk yang terlalu berat karena bisa menyebabkan pori-pori tersumbat dan membuat kulit memproduksi kelenjar minyak lebih banyak. Biarkan kulitmu bernapas.

Untuk makeup, sebaiknya hindari pula produk yang berbahan minyak. Pilih yang berbahan dasar air, selain untuk mengurangi resiko kulit wajah lebih berminyak juga berfungsi menjaga makeup lebih tahan lama dan tidak mudah luntur akibat kulit wajahmu yang berminyak.

5. Faktor Genetik

Ya, faktor genetik yang berbeda-beda pada setiap orang juga memiliki pengaruh terhadap berminyak atau tidaknya kulit wajah seseorang. Hal ini disebabkan karena, semacam dengan gen, kelenjar minyak juga mempunyai jumlah dan tingkat aktivitas produksi yang berbeda-beda bagi tiap orang.

Jika kulit wajah berminyak karena faktor genetik, maka akan cukup sulit menghilangkan bawaan dari lahir ini. Tapi kamu bisa tetap menguranginya dengan memerhatikan penyebab-penyebab kulit wajah berminyak yang sudah lebih dulu dijelaskan di atas.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top