Fashion & Beauty

Makeup Tahan Lama Dengan 8 Cara ini

Makeup Tahan Lama Dengan 10 Cara ini

Untuk saat ini wanita memang diharuskan untuk menggunakan makeup. Dulu makeup digunakan pada acara-acara tertentu saja, tapi sekarang ini meskipun dirumah wanita wajib menggunakan makeup. Apalagi saat pandemi virus corona covid-19 yang melanda dunia mengharuskan kita memakai masker sehingga makeup cepat hilang. Maka dari itu sangat diperlukan makeup tahan lama.

Cara untuk Makeup Tahan Lama

Makeup Tahan Lama Dengan 10 Cara ini
Makeup

Untuk wanita yang tidak suka ribet pastinya makeup yang tidak tahan lama menjadi “PR” tersendiri karena harus touch-up. Disini kamu akan mengetahui 8 cara yang bisa membuat makeup tahan lama lho, apa saja ya caranya? yuk langsung aja kita simak.

1. Bersihkan Wajah Secara Menyeluruh

Sebelum kamu menggunakan makeup apapun sebaiknya bersihkanlah wajah secara menyeluruh dengan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit setelah itu dibilas dengan air bersih. Wajah yang bersih dan terbebas dari kotoran akan membuat makeup tersebar lebih merata ke kulit wajah.

Membersihkan wajah ini sangat penting baik sebelum ataupun setelah menggunakan makeup. Meskipun demikian sebaiknya jangan terlalu berlebihan dalam membersihkan wajah karena akan merusak kulit. Agar wajah lebih bersih optimal, bisa memanfaatkan face brush atau kain pembersih wajah khusus.

2. Makeup Tahan Lama dengan Pelembap

Menggunakan pelembap wajah adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat makeup tahan lama. Jika kamu berpikir jenis kulit wajah berminyak tidak perlu menggunakan pelembap, ternyata salah besar. Meskipun berminyak sebenarnya kulit tetap membutuhkan pelembap, tapi gunakanlah pelembap yang khusus untuk kulit berminyak.

Pelembap juga sangat penting untuk membuat kulit lebih kenyal, sehat dan glowing. Untuk kulit kering biasanya menggunakan bahan-bahan yang bisa melembapkan ekstra seperti minyak dari buah atau bunga. Sedangkan pelembap untuk kulit berminyak biasanya menggunakan bahan dasar yang lebih ringan seperti air misalnya.

3. Kurangi Bedak

Mungkin kamu pernah merasakan jika menggunakan bedak terlalu berlebihan hanya akan membuat makeup terlihat tidak natural dan belum lagi bisa membuat makeup tidak tahan lama. Bedak biasanya digunakan setelah menggunakan pelembap. Jadi jika pelembap yang sudah dioleskan pada wajah telah terserap sempurna, sapukan bedak ke wajah dengan menggunakan powder brush agar terlihat lebih natural dan pendistribusiannya lebih merata.

4. Gunakanlah Makeup yang Bebas Minyak

Nah, ternyata produk makeup yang mengandung banyak minyak bisa membuat makeup cepat luntur lho. Maka dari itu sebaiknya pilihlah makeup yang bebas minyak. Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, agar pori tidak tersumbat dan menyebabkan komedo, cobalah memilih produk makeup yang non-comedogenic.

Kotoran dan sisa-sisa makeup juga harus dibersihkan. Selain dengan face wash, kamu bisa menggunakan masker berbahan dasar clay untuk membersihkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak di wajah.

5. Hindari Menyentuh Makeup

Kesalahan ini memang sering banget dilakukan tanpa kita sadar ya. Padahal menyentuh makeup menjadi salah satu hal terbesar yang menyebabkan makeup di wajah menjadi tidak tahan lama. Apalagi jika kita menyentuh wajah dengan tangan kotor yang penuh kuman dan bakteri, pastinya bukan hanya makeup yang tidak tahan lama, bisa-bisa wajah jadi berjerawat.

Cobalah untuk mulai membiasakan tidak penyentuh wajah dengan tangan, baik tangan yang kotor ataupun tangan bersih karena bisa membuat makeup jadi tidak tahan lama dan mudah luntur.

6. Gunakan Produk Makeup yang Long Lasting

Memiliki wajah berminyak pastinya akan membuat makeup jadi lebih mudah luntur karena kulit wajah memproduksi lebih banyak minyak. Gunakanlah produk makeup yang memiliki klaim waterproof, long wear ataupun water resistant.

Memang sih menggunakan produk makeup dengan klaim demikian akan menjadi “PR” tersendiri untuk kamu karena membersihkannya harus lebih ekstra. Agar proses pembersihannya bisa lebih mudah, gunakanlah makeup remover dan juga oil cleanser di bagian-bagian wajah yang makeupnya sulit dibersihkan.

7. Face Primer untuk Makeup Tahan Lama

Produk makeup yang “berjasa” untuk membuat makeup long lasting adalah face primer. Face primer ini bisa kamu aplikasikan setelah menggunakan pelembap di wajah. Gunakan primer di area T-zone yang memang lebih banyak memproduksi minyak sehingga pori terlihat lebih mengecil dan produksi minyak menjadi berkurang. Fungsi primer lainnya adalah membuat foundation lebih lama menempel pada kulit dan tahan lama.

8. Face Mist

Cara yang terakhir adalah dengan menggunakan face mist. Setelah selesai mengamplikasikan makeup di wajah, langkah terakhir adalah semprotkan face mist ke wajah dengan jaran sekitar 30 cm. Ada banyak kegunaan face mist selain bisa membuat makeup tahan lama yaitu menyehatkan kulit, menyegarkan dan memberikan efek glowing, mencegah penuaan, memberikan efek menenangkan dan lain sebagainya.

Itulah 8 langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat riasan di wajah lebih tahan lama. Sangat mudah untuk diikuti kan? Selamat mencoba ya!

To Top