Fashion & Beauty

Manfaat Melatonin dalam Produk Perawatan Wajah

Manfaat melatonin dalam produk skin care

This post is also available in: English

Manfaat Melatonin untuk Kulit – Saat mendengar nama melatonin, satu hal yang akan terlintas pastilah tidur. Tak keliru memang, karena melatonin sendiri merupakan hormon alami dalam tubuh yang bertugas mengatur jam tidur secara alami.

Di pasaran saat ini tersedia suplemen dengan kandungan melatonin yang ditujukan untuk masalah tidur, seperti insomnia dan juga jet lag.

Tapi, siapa sangka jika ternyata hormon melatonin ini punya manfaat luar biasa jika diaplikasikan ke kulit wajah secara topikal. Bahkan kandungan hormon tersebut sudah banyak digunakan dalam bermacam produk skincare

Melatonin dipercaya merupakan kandungan dengan manfaat antioksidan yang luar biasa pada kulit. Seperti melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari, menjaga kulit dari polusi, meningkatkan elastisitas kulit, hingga membuat garis halus tersamarkan.

Umumnya, vitamin C yang paling populer digunakan sebagai antioksidan aktif untuk menyamarkan noda gelap dan mencerahkan kulit wajah. Selain itu, ada juga beberapa jenis antioksidan lain yang juga cukup ampuh melawan tanda-tanda penuaan dini yang muncul.

Misalnya saja seperti vitamin A (retinol), vitamin E, niacinamide, flavonoids, dan juga polyphenols. Semua kandungan tersebut memiliki beragam manfaat baik bagi kulit.

Misalnya meremajakan kulit, mengurangi adanya inflamasi, menjaga dari paparan negatif sinar UV, hingga mengurangi garis halus yang mulai muncul akibat penuaan.

Salah satu produk skin care dengan kandungan melatonin ialah serum wajah dan pencerah kulit. Lantas, bagaimana sejatinya dengan melatonin yang sesungguhnya adalah hormon?

Baca juga: 5 Vitamin untuk Wajah Lebih Glowing

Manfaat melatonin Dalam Produk Skin Care

Manfaat melatonin yang begitu luar biasa dalam produk skin care
Manfaat melatonin begitu luar biasa untuk perawatan wajah

Sejumlah ahli berpendapat, bahwa melatonin merupakan lipophilic yang cukup tinggi. Ini berarti kandungan tersebut bisa meresap ke dalam sel-sel kulit dengan cukup baik.

Inilah sebabnya, mengapa melatonin mampu melakukan banyak hal untuk perawatan kulit wajah. Seperti misalnya membuat perlindungan pada kulit menjadi lebih aktif terhadap paparan oksidatif.

Baca juga: Perawatan Kulit Wajah Secara Alami Sesuai Jenis Kulit

Untuk memanfaatkan melatonin sebagai produk skincare, cara terbaik ialah dengan menggunakannya secara topikal. Pasalnya, mengonsumsinya hormon melatonin secara oral tak memiliki bukti bisa memberikan manfaat secara signifikan pada kulit. 

Namun, menggunakan melatonin sebagai produk skincare secara topikal ternyata mampu membantu kulit memperoleh antioksidan yang dibutuhkan oleh kulit dan membuatnya jadi lebih cerah.

Jika Anda penasaran dan ingin mengetahui lebih jauh apa manfaat dari melatonin, simak ulasan berikut selengkapnya. 

Memberikan Perlindungan Maksimal Pada Kulit

Manfaat melatonin dalam produk perawatan wajah
Melatonin mampu menjaga kulit dari paparan buruk sinar ultra violet

Melatonin mampu melindungi kulit dari radikal bebas hingga paparan sinar ultra violet yang berbahaya. Sejatinya kandungan melatonin mampu merangsang produksi enzim pembentuk anti-oksidan pada kulit.

Kandungan tersebut berfungsi untuk memberikan perlindungan kulit secara maksimal dari radikal bebas maupun paparan sinar ultraviolet. 

Karenanya tak mengherankan jika kandungan melatonin dalam produk skin care diklaim mampu melindungi kulit dari efek buruk sinar ultraviolet maupun polutan.

Secara tak langsung, hal ini turut membuat kandungan melatonin semakin efektif dan memberikan  banyak manfaat baik untuk keremajaan kulit.

Baca juga: Serum Wajah Terbaik dengan Kandungan Melatonin

Mencegah Tanda Penuaan Dini

Manfaat baik melatonin untuk kulit wajah dalam produk skin care
Melatonin dalam produk skin care juga memberikan efek melembabkan kulit

Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa paparan sinar ultraviolet secara langsung dan terus menerus dapat memberikan efek buruk pada kulit. Mulai dari membuat wajah terlihat kusam, muncul flek hitam, hingga memicu munculnya tanda penuaan dini. 

Komposisi melatonin dalam produk skin care diklaim mampu meresap secara sempurna di kulit wajah. Sehingga mampu memberikan perlindungan maksimal terutama meningkatkan produksi kolagen kulit.

Hasilnya, dengan treatment menggunakan produk skin care mengandung melatonin bisa mencegah munculnya berbagai macam efek buruk dari sinar UV pada kulit. Sekaligus membuat kulit wajah jadi lebih terlindungi saat terpapar sinar matahari. 

Baca juga: Benarkah Produk Sunscreen Efektif Melindungi Kulit dari Pengaruh Buruk Sinar Matahari?

Apa Saja Efek samping Dari Penggunaan Skin Care dengan Kandungan Melatonin? 

Dari penjelasan mengenai manfaat melatonin dalam produk skin care, tentu Anda sudah cukup memahami bagaimana cara kerja melatonin dan efeknya bagi kulit.

Tetapi pemakaian hormon melatonin sebagai salah satu komposisi produk skin care hingga saat ini masih saja menimbulkan perdebatan di kalangan ahli. 

Dilansir dari situs wellandgood.com, Mona Gohara, MD, berpendapat bahwa perdebatan tentang melatonin untuk perawatan kulit wajah ini karena melatonin sendiri memiliki potensi negatif.

Seperti misalnya berpotensi untuk pigmentasi karena mampu mengaktifkan melanosit, kandungan ini yang membuat tampilan sun spot di wajah semakin tegas.

Sedangkan sejumlah dermatolog pun masih sedikit ragu untuk memberikan rekomendasi untuk penggunaan melatonin. Pasalnya, hasil penelitian substantif yang masih kurang maksimal.

Namun, sebuah penelitian yang dilakukan sekitar tahun 2018 memberikan hasil berbeda. Kandungan melatonin dapat dipertimbangkan untuk digunakan secara topikal sebagai skin care.

Bisa untuk anti-aging maupun perlindungan kulit dalam mencegah pembentukan noda gelap karena efek buruk dari sinar ultraviolet.

Nah, jika ingin mendapatkan hasil secara maksimal untuk penggunaan produk perawatan wajah yang mengandung melatonin. Ada baiknya aplikasikan produk skin care dengan melatonin tersebut pada saat malam hari.

Namun  jika masih merasa ragu, Anda bisa berkonsultasi secara langsung dengan dokter ahli. Supaya bisa mengetahui kondisi kulit wajah Anda sekaligus meminimalisir munculnya efek samping berbahaya.

To Top