Fashion & Beauty

Kenali Maskne, Jerawat Akibat Pakai Masker Beserta Cara Mengatasinya

maskne, jerawat

Penggunaan masker di masa pandemi ini merupakan hal yang wajib dilakukan oleh banyak orang. Hal ini berguna untuk mencebag penyebaran virus Covid-19 yang sedang melanda dunia. Meskipun diwajibkan, namun penggunaannya dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan munculnya jerawat atau yang biasa dikenal dengan sebutan maskne (mask acne).

Munculnya jerawat tentunya membuat rasa percaya diri seseorang menurun. Oleh karena itu, ada cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari maskne adalah dengan mencuci wajah dan mengganti masker beberapa jam sekali. Tidak hanya itu, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi munculnya maskne. Apa saja cara-cara yang dimaksud? Yuk simak ulasannya dibawah ini! Sebelum itu, akan diulas secara singkat mengenai maskne dan penyebabnya.

Apa itu maskne dan apa penyebabnya?

Maskne atau mask acne merupakan jerawat yang muncul di bagian wajah yang tertutupi oleh masker seperti hidung, pipi, dagu, dan atas bibir. Dalam istilah medis, maskne ini adalah acne mechanica. Istilah tersebut merujuk pada suatu kondisi kulit yang disebabkan oleh masker dalam waktu yang lama.

Istilah maskne ini sebenarnya bukan hal baru. Banyak atlet yang menggunakan helm sebagai pelindung pun sering merasakan hal ini dimana jerawat muncul di dagu maupun dahi. Nah, saat ini, di saat orang-orang wajib menggunakan masker, malah menyebabkan munculnya jerawat di dagu dan pipi.

Tipe jerawat ini muncul disebabkan oleh adanya pergesekan antara bahan masker dengan kondisi kulit yang lembab yang memicu pertumbuhan jerawat. Penggunaan masker secara terus menerus maka akan membuat kulit menjadi sensitif dan rentan timbulnya jerawat. Jadi, meskipun sudah mengganti masker beberapa jam sekali, jerawat masih tetap bisa muncul.

Memang faktor utama penyebab maskne adalah gesekan dan kelembapan kulit yang berlebih, namun pada dasarnya jerawat adalah kondisi multifaktorial. Jerawat tidak akan muncul jika tidak didukung oleh faktor lain seperti tidak cocok skincare, sebum berlebih, stress, kurang tidur, dan hormon. Faktor-faktor tersebut juga menjadi penyebab munculnya jerawat. Jadi, semua faktor-faktor tersebut saling berhubungan.

Baca Juga : Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat, Apa Saja?

Cara mengatasi maskne yang muncul akibat penggunaan masker

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat-jerawat yang muncul diwajah akibat dari masker atau maskne, diantaranya sebagai berikut:

1. Membersihkan wajah

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan wajah sebelum maupun setelah memakai masker. Penggunaan masker bisa membuat wajah menjadi berkeringat, lembab, dan gatal akibat hawa panas. Dalam kondisi yang seperti itu membuat kotoran, minyak, dan keringat yang menumpuk dikulit bisa terperangkap dalam masker sehingga memicu jerawat.

Cara ini dilakukan agar wajah seseorang tetap bersih. Dengan demikian, kondisi maskne tidak bertambah parah atau breakout. Oleh karena itulah, seseorang wajib mencuci muka sebelum dan sesudah memakai masker agar dapat membersihkan kotoran-kotoran yang menempel di wajah.

Cara membersihkan wajah ini bisa dilakukan dengan double cleansing. Pertama, membersihkan dengan menggunakan micellar water, cleansing balm, milk cleanser maupun cleansing oil. Setelah itu, mencuci muka dengan menggunakan sabun cuci muka.

Saat mencuci wajah, gunakan sabun cuci muka yang sekiranya mengandung ingredient yang ringan dan tidak bikin wajah tertarik. Kalian bisa menggunakan sabun cuci muka dengan kandungan ceramide untuk membuat kulit lembabp dan memperkuat skin barier. Jika skin barier kuat, maka wajah akan terhindari dari semua masalah kulit. Selain itu bisa menggunakan sabun cuci muka yang mengandung salicylic acid untuk menghilangkan minyak berlebih dan membuka pori-pori yang tersumbat.

2. Gunakan exfoliant toner

Penggunaan sabun cuci muka memang tidak bisa menghilangkan jerawat dengan sempurna. Hal ini bisa dibantu dengan penggunaan exfoliant toner yang mengandung bahan aktif. Produk exfoliant toner bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga mampu menghilangkan jerawat beserta bekasnya secara bertahap. Gunakan exfoliant toner yang menag dikhususkan untuk jerawat agar jerawat maskne cepat teratasi dan hilang.

3. Gunakan sheet mask

Lululun, Rekomendasi Brand Sheet Mask Jepang
Sheet Mask

Jerawat tidak akan tumbuh jika kondisi kulit wajah seseorang sehat dan terjaga kelembapannya. Penggunaan sheet mask ini berguna untuk menambah kelembapan kulit. Masker wajah berbahan kertas ini diformulasikan sesuai dengan kebutuhan kulit.

Untuk menghilangkan jerawat maskne, gunakan sheet mask yang mengandung hyaluronic acid untuk melembabkan kulit dan mengobati jerawat. Bisa juga menggunakan sheet mask yang mengandung aloevera dan green tea untuk menenangkan kulit yang iritasi akibat penggunaan masker.

4. Gunakan pelembap untuk mengunci kelembaban kulit

Penggunaan masker memang akan membuat wajah lembab dan berkeringat, tetapi pelembab juga sangat penting bagi wajah. Dengan menggunakan pelembab, wajah akan tetap terhidrasi, kusam, dan tentunya dapat mencegah maskne.

Jika akan menggunakan pelembab, pilih pelembab dengan kandungan hyaluronid acid ataupun ceramide yang dapat memperkuat skin barier. Selain itu, pilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit.

Jangan lupa gunakan sunscreen

Sunscreen itu wajib. Meskipun menggunakan masker, sunscreen wajib dipakai agar dapat melindungi wajah dari paparan sinar matahari sehingga lapisan kulit wajah tidak rusak.

5. Jangan gunakan makeup untuk sementara waktu

Sebenarnya, makeup lebih mudah membuat pori-pori wajah tersumbat sehingga wajah akan mudah breakout. Oleh karena itu, saat menggunakan masker, usahakan jangan menggunakan makeup yang tebal. Jika memang diharuskan merias wajah karena tuntutan pekerjaan, maka gunakan produk-produk makeup yang ringan dan sedikit mungkin. Bila perlu yang berlabel non comedonic atau oil free.

6. Pastikan kebersihan masker

Cara selanjutnya adalah dengan memastikan kebersihan masker. Masker dapat menyerap keringat, percikan air liur, hingga makeup yang akan menjadi bakteri terutama pada masker kain. Oleh karena itu, seseorang wajib membersihkan masker kain secara rutin. Jika menggunakan masker medis, wajib dibuat setelah satu kali pakai. Selain itu, jangan lupa untuk membawa masker cadangan jika pergi dalam waktu yang lama.

7. Lepas masker selama 15 menit setiap 4 jam

Untuk menghindari munculnya maskne, jikalau bisa lepaskan masker selama 15 menit setiap 4 jam. Ini dilakukan agar wajah bisa terkena udara sehingga kulit wajah akan terselamatkan. Meski begitu, jangan asal lepas dan pasang masker. Pastikan saat melepas masker dalam kondisi yang aman. Seseorang bisa melepas masker di beberapa tempat yang dirasa aman seperti area outdoor jauh dari kerumunan, sendirian di mobil, dan di rumah.

8. Jangan pernah memencet jerawat

Terakhir yaitu jangan pernah memencet jerawat. Jerawat yang dipencet tidak hanya membuat lama untuk sembuh, namun juga bisa membuat jerawat meradang atau menyebar.

Selain itu, kita tidak tahu apakah jari tangan itu bersih atau tidak. Meradangnya jerawat juga bisa disebabkan oleh seringnya disentuh dengan tangan. Oleh karena itu, ketika jerawat muncul, biarkan saja hingga kempes dengan sendirinya.

Nah itulah ulasan mengenai maskne beserta penyebab dan cara mengatasinya. Meskipun muncul maskne di wajah, bukan berarti kalian tidak pakai masker. Kalian wajib pakai masker terutama di situasi pandemi Covid-19 ini. Hal ini berguna untuk mencegah penularan virus Covid-19 yang sudah memakan banyak korban jiwa di seluruh dunia.

Untuk menghindari munculnya maskne, pastikan untuk mencoba cara-cara di atas. Namun, jika kondisi jerawat memburuk, maka sebaiknya periksakan ke dokter spesialis kulit agar mendapatkan pertolongan yang tepat.

To Top