Fashion & Beauty

Mengenal Niacinamide dan Manfaatnya untuk Wajah

Mengenal Niacinamide dan Manfaatnya untuk Wajah

Niacinamide merupakan salah satu kandungan yang banyak ditemui di berbagai produk skin care. Belakangan ini, produk skin care dengan kandungan Niacinamide di dalamnya sedang banyak digandrungi oleh para pegiat skin care.

Nah, tahukah kamu apa itu Niacinamide sebenarnya? Apa khasiat Niacinamide yang membuat orang banyak menggemari kandungan skin care yang satu ini? Yuk, kita mencoba lebih mengenal Niacinamide serta manfaatnya untuk wajah!

Apa itu Niacinamide?

Mengenal Niacinamide
Mengenal Niacinamide

Sederhananya, Niacinamide merupakan turunan dari vitamin B3. Seperti yang telah dibahas di artikel sebelumnya, vitamin B Kompleks memang merupakan salah satu vitamin yang baik untuk perawatan wajah.

Niacinamide sendiri memiliki nama lain, yaitu nicotinamide. Akan tetapi, perlu dicatat bahwa Niacinamide tidak sama dengan Niacin ya. Niacin juga merupakan bentuk lain dari vitamin B3, serta merupakan kandungan yang dapat diubah oleh tubuh menjadi Niacinamide. Jadi, Niacin dan Niacinamide merupakan dua kandugan yang berbeda ya.

Layaknya makanan dengan kandungan vitamin B Kompleks lainnya, Niacinamide dapat diperoleh dari daging-daginan seperti ikan salmon, daging sapi, daging ayam, dan telur. Meskipun begitu, Niacinamide akan dapat berfungsi dengan lebih efektif apabila digunakan secara topical atau dioleskan. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Niacinamide dapat ditemukan di berbagai produk skin care. Beberapa produk yang umum menggunakan kandungan yang satu ini mulai dari pembersih atau cleanser, pelembab atau moisturizer, bahkan serum dan toner.

Manfaat Niacinamide untuk Wajah

Manfaat Niacinamide untuk wajah
Manfaat Niacinamide untuk wajah

Nah, selain penjelasan tentang Niacinamide, pastinya kita juga ingin tahu soal manfaat Niacinamide untuk mengenal Niacinamide lebih jauh lagi ya. Oleh karena itu, yuk kita simak sedikit pembahasan dari manfaat Niacinamide untuk kulit wajah!

1. Menyamarkan Noda Bekas Jerawat

Kandungan Niacinamide 5% diklaim dapat meredakan hiperpigmentasi pasca jerawat, sehingga dapat menghilangkan noda bekas jerawat di wajah kamu. Setelah menggunakan Niacinamide untuk menghilangkan bekas jerawatmu, hasilnya diklaim mampu dilihat dalam kurun waktu 4 minggu sampai 2 bulan setelahnya. Niacinamide menyamarkan noda bekas jerawat dengan cara memperlambat perpindahan melanin pada epidermis kulit.

Sekilas tentang melanin, zat yang satu ini merupakan penyebab terjadinya hiperpigmentasi apabila diproduksi secara berlebihan. Oleh karena itu, manfaat Niacinamide dalam memperlambat perpindahan melanin dapat menurunkan resiko pembentukan hiperpigmentasi.

2. Menangani Jerawat

Selain menghilangkan bekas jerawat, Niacinamide juga diklaim mampu mengatasi jerawat itu sendiri. Kandungan ini mengatasi jerawat dengan cara memperbaiki tekstur serta meminimalkan luka pada kulit wajah.

3. Menyamarkan Garis Halus dan Kerutan

Niacinamide dapat menyamarkan garis halus dan kerutan pada wajah dengan cara meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Kolagen merupakan salah satu kandungan yang mampu menjaga elastisitas kulit, sehingga dapat membuat kulit terlihat lebih halus. Dengan peningkatan produksi kolagen, garis halus dan kerutan pun dapat disamarkan.

4. Meningkatkan Imunitas Kulit

Tidak hanya memperbaiki kulit, Niacinamide juga memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Niacinamide merawat kulit wajah dengan cara memicu produksi keratin. Nah, keratin inilah yang diperlukan untuk menjaga kekencangan dan kesehatan kulit.

5. Menjaga Kelembaban Kulit

Niacinamide memiliki fungsi lain untuk menjaga Kesehatan kulit selain meningkatkan imunitasnya, yaitu dengan menjaga kelembabannya. Hal ini dilakukan Niacinamide dengan cara mendorong pertumbuhan lapisan ceramide, yakni lapisan yang menjaga kelembaban kulit. Nah, lapisan yang menjaga kelembaban kulit ini lebih dikenal dengan istilah skin barrier, atau lebih spesifiknya bagian lipid barrier. Semakin menguatnya lapisan lipid barrier ini, semakin rendah pula peluang terjadinya Trans Epidermal Water Loss atau TEWL.

Sekilas tentang Trans Epidermal Water Loss, TEWL ini merupakan proses hilangnya air secara alami yang diakibatkan dari penguapan air berlebihan. Dengan memperkuat lipid barrier dan meminimalisir kemungkinan terjadinya TEWL, Niacinamide dipercaya dapat menjaga kelembaban kulit wajah kita.

6. Mengontrol Produksi Sebum

Sesuai dengan manfaat di poin sebelumnya, Niacinamide juga memiliki manfaat untuk mengontrol produksi sebum pada kulit wajah kita. Tentunya kita tahu ya bahwa semakin terhidrasi kulit kita, semakin rendah pula produksi sebumnya. Apabila sebum yang diproduksi oleh kulit hadir dalam jumlah yang sedikit atau terkontrol, maka semakin kecil pula kemungkinan sebum terperangkap dalam pori-pori dan teroksidasi menjadi komedo. Dari sini, kita mendapat 2 manfaat tambahan dari Niacinamide, yaitu mengurangi kemungkinan munculnya jerawat serta menngurangi tampilan pori-pori yang besar.

7. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Manfaat lain dari Niacinamide adalah untuk melindungi kulit dari sinar matahari, tepatnya dari paparan sinar UV. Niacinamide berpotensi mencegah melanoma, yang merupakan jenis kanker kulit yang berkaitan dengan kerusakan akibat sinar UV. Kabarnya, konsumsi suplemen Niacinamide mampu meningkatkan daya pulih DNA pada kulit yang terpapar sinar UV. Dengan manfaat yang satu ini, Niacinamide menjadi salah satu kandungan yang juga dapat melindungi bekas jerawat dari paparan sinar matahari sehingga tidak semakin meradang.

Baca Juga : Demi Wajah Glowing, Ini Tahapan Memakai Skincare yang Benar!

Nah, itu dia sedikit pembahasan terkait Niacinamide. Ternyata, Niacinamide memang memiliki beragam manfaat menarik untuk kulit ya, mulai dari mengatasi masalah mendasar seperti kelembabaan dan imunitas kulit, sampai menyamarkan jerawat dan kerutan. Oleh karena itu, tidak heran apabila penggemar skin care sedang banyak-banyaknya mencari produk skin care dengan kandungan yang satu ini. Setelah mengenal Niacinamide dan manfaatnya untuk kulit wajah, semoga kamu dapat menyesuaikan kebutuhan kulitmu dengan kandungan yang satu ini ya!

Berita Terkini

To Top