Fashion & Beauty

Menjaga Agar Rambut Tetap Indah dan Sehat

rambut lurus

Memiliki rambut yang sehat dan berkilau indah adalah impian banyak orang, terutama bagi Anda kaum wanita, yang umumnya menganggap bahwa rambut adalah sebuah mahkota. Namun karena cuaca, debu, kebiasaan mengkonsumsi makanan yang kurang sehat, stress, seringnya mewarnai rambut, menggunakan pengering rambut dan lain sebagainya membuat rambut kita rentan pada kerusakan. Sebenarnya, menjaga agar rambut kita selalu terjaga kesehataannya bukanlah hal yang sulit, hanya saja memang memerlukan perhatian yang cukup dari kita. Berikut ini adalah beberapa cara efektif untuk menjaga agar rambut kita tetap sehat serta terhindar dari berbagai permasalahannya seperti kerontokan, kusam, ujung yang bercabang, ketombe atau kekeringan.

UBAH GAYA RAMBUT ANDA SECARA BERKALA

Mengubah gaya rambut dalam hal ini dapat diartikan bahwa disarankan untuk memotong rambut Anda secara berkala sehingga ujung rambut yang rusak dapat terbuang dan tergantikan dengan yang baru. Saran ini juga dimaksudkan agar kita meminimalisir penggunaan asesoris rambut seperti jepit rambut, klip rambut atau karet rambut. Selain itu, mengubah gaya rambut juga biasanya mempengaruhi emosi atau kondisi psikologis kita. Perubahan gaya rambut membuat kita merasa fresh, bersemangat dan terlihat lebih muda. Kondisi psikologis kita akan mempengaruhi kesehatan jasmani kita, termasuk juga rambut.

GUNAKAN SHAMPOO DAN CONDITIONER DENGAN BENAR

Setiap kali kita membersihkan rambut, janganlah terlalu terburu-buru. Gunakan shampoo yang sesuai dengan jenis rambut kita, bersihkan perlahan hingga mencapai kulit kepala kita. Pijat perlahan agar shampoo bisa masuk sampai ke akar rambut. Setelah shampoo kita bilas sampai bersih, gunakanlah conditioner hanya pada batang sampai ujung rambut saja, ratakan dan pijat perlahan sebelum kembali dibilas. Saat shampoo bertugas untuk membersihkan seluruh bagian rambut, maka conditioner bertugas untuk menjaga agar rambut kita tetap lembab dan terhindar dari kekeringan. Menggunakan shampoo dan conditioner dengan benar dapat membantu agar rambut kita tetap sehat.

JANGAN TERLALU SERING MENGGUNAKAN SHAMPOO

Beberapa diantara kita seringkali menanyakan sebenarnya seberapa sering kita perlu mencuci rambut. Pada umumnya para ahli berpendapat bahwa kita jangan terlalu sering menggunakan shampoo, apalagi tiap hari. Mencuci rambut dengan shampoo setiap hari akan mengikis kelembaban alami rambut kita dan akan membuat rambut kita rentan akan kekeringan dan kerusakan. Untuk menjaga kesehatan rambut, sebaiknya kita mencuci rambut cukup dua atau tiga kali seminggu.

JANGAN TERLALU SERING MENGGUNAKAN ALAT PENGERING RAMBUT

Untuk menjaga kesehatan rambut kita, sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan hair dryer, alat catok rambut dan yang sejenisnya. Suhu panas yang dihasilkan dari alat-alat ini membuat rambut kita rapuh dan beresiko ujung rambut bercabang. Disaat panas dari pengering rambut ini bersentuhan dengan rambut kita yang basah saat itulah proses pengikisan kelembaban rambut dimulai dan rambut menjadi sangat kering. Sebaiknya kita biarkan rambut mengering secara alami atau manfaatkan kipas angin untuk mengeringkan rambut.

MENGKONSUMSI LEBIH BANYAK PROTEIN

Seperti yang banyak kita tahu, protein adalah salah satu bahan dasar yang berguna bagi kesehatan tubuh kita. Ia dapat membangun, memperkuat serta memperbaiki jaringan dalam tubuh dan sangat diperlukan bagi pembentukan tulang, otot, kulit serta darah. Jika tubuh kekurangan asupan protein, maka sangat dimungkinkan rambut juga akan rapuh. Bahan makanan yang mengandung banyak unsur protein diantaranya adalah telur, daging, kacang-kacangan, ikan dan biji-bijian.

GUNAKAN MINYAK RAMBUT ATAU MINYAK KELAPA

Para penata rambut professional memiliki cara khusus untuk membuat rambut kita tampak sehat dan berkilau saat kita keluar dari salon. Salah satu rahasia meraka adalah minyak khusus rambut. Minyak khusus rambut dapat meregulasi produksi minyak pada kulit kepala kita sehingga membuatnya lembab secara alami. Kita juga bisa memperoleh manfaat yang serupa jika kita menggunakan minyak kelapa. Oleskan pada rambut hingga kulit kepala, lalu diamkan selama kurang lebih 2 hingga 4 jam. Anda bisa menggunakan penutup kepala atau hair cap agar dapat lebih mengunci kelembabannya. Sehabis itu, rambut dapat kita bilas hingga bersih seperti biasa. Cara ini dapat membuat rambut menjadi tidak kering, lembut dan berkilau.

PILIHLAH PRODUK RAMBUT ORGANIK

Begitu banyak produk kimia yang ditawarkan dan jika terlalu sering digunakan pada rambut kita bisa jadi rambut akan stress sehingga beresiko pada ujung rambut bercabang. Saat kita menggunakan bahan kimia misalnya saat mengeriting rambut, mewarnai rambut, meluruskan rambut atau bleaching,maka rambut akan rentan terhadap berbagi kerusakan. Mulailah memilih produk organik untuk perawatan rambut kita. Produk organik sangat sedikit menggunakan bahan kimia dan biasanya terbuat dari ekstrak bahan alami. Dengan memilih produk organik, kita bukan hanya dapat menjaga kesehatan rambut namun juga sekaligus menunjukkan bahwa kita peduli terhadap lingkungan.

KURANGI PENGGUNAAN SIKAT RAMBUT

Untuk menjaga agar rambut kita tampak berkilau indah, sebaiknya kita kurangi penggunaan sikat rambut untuk menyisir. Terlalu sering menggunakan sikat rambut dapat membuat rambut kita rawan rusak karena banyak bergesekan dengan batang-batang sikat yang rapat dan rambut menjadi rawan putus. Untuk merapikan rambut, akan lebih baik jika kita rapikan menggunakan jari-jari tangan saja. Perlu kita ingat bahwa untuk rambut basah sebaiknya kita gunakan sisir bergigi jarang, sedangkan sikat rambut dapat digunakan dalam kondisi rambut kering.

MEMIJAT KULIT KEPALA

Memijat kulit kepala secara berkala terutama saat kita mencuci rambut dan saat melakukan perawatan sangat disarankan sebagai cara untuk mempertahankan kesehatan rambut. Memijat kepala akan membantu kelancaran sirkulasi darah di kepala. Sirkulasi darah yang lancar dapat mendetoksifikasi kulit kepala kita dan membantu kelancaran kerja alaminya.

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top