Fashion & Beauty

Mikrodermabrasi, Manfaat dan Efek Samping

Mikrodermabrasi, Manfaat dan Efek Samping

This post is also available in: English

Apa itu Mikrodermabrasi?

Mikrodermabrasi adalah sebuah tindakan pengelupasan yang menggunakan kristal – kristal mikro, yang berguna untuk menghilangkan sel – sel kulit mati pada kulit sekaligus merangsang produksi dari sel kulit baru itu sendiri.

Praktek Mikrodermabrasi bekerja dengan mendorong produksi kolagen dan juga berguna untuk merawat kesehatan berbagai jenis kulit dari kulit pori – pori tersumbat dan berjerawat sampai hiperpigmentasi.

Mikrodermabrasi juga berguna untuk mengurangi tampilan garis halus atau kerutan pada wajah, sehingga tekstur kulit wajah anda akan terlihat lebih mulus dan halus.

Praktek ini tidak bisa dilakukan untuk semua orang karena ketika hasil Mikrodermabrasi ini terbukti dapat menghasilkan kulit yang lebih bercahaya dan mulus, namun pada beberapa jenis kulit bisa merubah kulit menjadi kasar.

Selain itu, ketika dilakukan sejumlah perawatan anti-penuaan lainnya, malah dapat menimbulkan sedikit efek samping.

Solusinya adalah, sebelum anda memutuskan untuk melakukan Mikrodermabrasi, alangkah lebih baik jika anda mengetahui terlebih dahulu panduan – panduan melakukan Mikrodermabrasi yang tepat dan juga beberapa efek samping yang ditimbulkannya.

Manfaat Mikrodermabrasi

Apakah manfaat dari Mikrodermabrasi ?

Epidermis kulit yakni lapisan terluar kulit kita, ternyata akan menebal sebab dari penuaan dan juga penumpukkan dari sel kulit mati. Cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi penumpukkan sel kulit mati tersebut adalah dengan proses pengelupasan sel kulit mati. Salah satu proses pengelupasan sel kulit mati yang dapat dilakukan adalah dengan Mikrodermabrasi. Menjalani proses ini dapat memicu pertumbuhan dari lapisan kulit yang baru menjadi semakin optimal dan hasilnya kulit terlihat lebih sehat, mulus dan juga bersinar.

Dalam proses Mikrodermabrasi, juga dapat merangsang dari pembentukkan serat kolagen dan elastin yang berguna agar tesktur kulit menjadi lebih baik, kerutan atau garis – garis halur menghilang dan juga pori – pori kulit menjadi halus.

Saat melakukan Mikrodermabrasi, kulit akan bertambah cerah yang dikarenakan pengurangan lapisan sel kulit mati serta berkurangnya pigmen melanin pada lapisan kulit.

Kegunaan dan manfaat dari facial Mikrodermabrasi ini adalah meningkatkan kadar dari moisturizer kulit yang dapat dirasakan hasilnya setelah 2 hari proses facial Mikrodermabrasi tersebut.

Facial Mikrodermabrasi dapat juga digunakan untuk mengurangi bekas luka yang diakibatkan dari jerawat atau cacar yang membuat permukaan wajah menjadi tidak rata.

Kegunaan atau manfaat lain dari Mikrodermabrasi adalah dapat digunakan untuk mempercepat proses kerja dari cream, serum dan juga vitamin – vitamin yang anda gunakan sebanyak 3 sampai 5 kali lebih dalam ke lapisan kulit.

Efek samping dari Mikrodermabrasi

Efek samping Mikrodermabrasi
Efek Samping Mikrodermabrasi

Berikut ini adalah beberapa efek samping yang mungkin akan terjadi yang kami dapat dari beberapa sumber ahli.

Kulit memerah akibat Mikrodermabrasi

Setelah proses Mikrodermabrasi yang berlangsung selama 30 menit sampai 1 jam ini, anda mungkin akan mendapatkan perubahan pada kulit anda.

Warna dari kulit wajah anda menjadi lebih merah dari sebelumnya, ini merupakan salah satu efek yang ditimbulkan dari proses Mikrodermabrasi itu sendiri.

Secara umum, ini tidak akan berlangsung lama, hanya sekitar 1 sampai 2 hari sajan, tetapi bila terjadi gangguan setelah hari ke 4 dan seterusnya, maka dipastikan ada yang tidak beres atau salah dengan kulit anda.

Segera periksakan ke dokter tersebut dan bertanya tentang apa yang terjadi dan bagaimana cara mengatasinya.

Menghilangnya stratum korneum

Epidermis yakni lapisan kulit terluar, terdiri dari sel kulit mati yang terletak dibagian paling atas permukaan kulit.

Lapisan kulit mati yang biasa disebut dengan stratum komeum ini berfungsi sebagai penghalang antara lingkugan luar dan lapisan kulit dibawahnya atau dengan kata lain sebagai pelindung dari segala macam dampak negatif dari lingkungan luar.

Saat melakukan Mikrodermabrasi, lapisan ini akan dihilangkan dan berakibat anda tidak lagi memiliki pelindung dari radiasi lingkungan sekitar.

Karena itu, setelah proses Mikrodermabrasi selesai, sangat tidak dianjurkan untuk terkena sinar matahari langsung tanpa menggunakan tabir surya dan pelembap.

Kulit menjadi kering akibat Mikrodermabrasi

Metode Mikrodermabrasi ini juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering jika anda terlalu sering melakukan Mikrodermabrasi.

Meski telaj terbukti dapat menjadi solusi dari berbagai masalah seperti kerutan, jerawat dan komedo, tetapi anda juga harus menerima dampak kadar kelembapan kulit menjadi cepat mwnurun.

Solusi dari permasalahan ini adalah dengan menggunakan pelembap, tetapi untuk solusi jangka panjang maka anda harus kembali memeriksa ke dokter tentang kondisi yang sedang anda alami.

Proses Pengelupasan Kulit ‘Mikrodermabrasi’

manfaat Mikrodermabrasi
Pengelupasan Kulit

Bebaskan diri dari stress

Cara itu membuat tubuh rileks dilakukan dengan merendam kai yang diberi tetesan minyak essensial lalu tubuh dibaringkan dan terapis akan memberikan asupan untuk pikiran serta jiwa dengan minyak essensial lavender.

Membersihkan kulit

Kulit kemudian dibersihkan dengan susu pembersih dan dilanjutkan menggunakan cleansing wash setelah itu baru diberi toner.

Pengelupasan

Proses pengelupasan dilakukan dengan sebuah alat atau mesin yang dimulai dari bagian dagu menuju kearah dahi agar kulit tidak turun.

Pengelupasan pada bagian dahi dilakukan dengan arah ke samping lalu kulit dibersihkan dengan kuas untuk menghilangkan serbuk kristal yang menempel.

Kulit ditenangkan dengan Hydrosol Pad

Hydrosol pad berguna untuk menenangkan kulit sekaligus memberi kelembaban agar tidak kering setelah proses pengelupasan.

Masker kertas di rendam dalam hydrosol pad selama lebih kurang 5 sampai 10 menit sebelum diaplikasikan pada wajah.

Menyamarkan flek dengan Fair Gel

Fair gel berguna untuk menyamarkan noda atau flek hitam pada kulit yang dibantu dengan mesin galvanic agar gel dapat meresap dengan baik ke kulit.

Mencerahkan warna kulit dengan Hyaluronic Acid 

Dalam hal ini juga digunakan mesin galvanis agar Hyaluronic Acid dapat menyerap dengan sempurna ke dalam kulit.

Pemakaian masker

Masker ini sendiri juga disesuaikan dengan kebutuhan pasien atau klien, jika kulit pasien kering maka akan digunakan masker untuk memberi hidrasi, jika pasien memiliki kulit yang lebih cerah maka diberikan masker pencerah kulit.

Pemberian tonner, pelembap dan tabir surya

Tahapan terakhir adalah dengan pengaplikasian toner, pelembap dan juga tabir surya pada permukaan kulit wajah.

Baca Juga : Chemical Peeling: Proses, Manfaat dan Harga

Untuk informasi lebih lanjut dan penjelasan mengenai detail tentang facial mikrodermaberasi, dapat berkonsultasi dan menghubungi dokter klinik terdekat.

To Top