Fashion & Beauty

Penyebab Komedo di Wajah, Kamu Perlu Menghindari 5 Kebiasaan Ini

komedo

Komedo memang sangat mengganggu. Beberapa kebiasaan pun dipercaya dapat menjadi penyebab komedo di wajah.

Kulit mulus tanpa komedo maupun jerawat adalah impian semua orang, terlebih wanita. Tapi nyatanya, justru komedo kerap muncul di hidung, pipi dan area wajah lainnya yang bikin kepercayaan diri menurun.

Mengutip berbagai sumber, komedo sebetulnya adalah bentuk jerawat ringan. Bukan hanya di wajah, komedo juga bisa muncul di dada, punggung, leher, bahu dan lengan.

Ada banyak hal yang menjadi penyebab komedo di wajah. Misalnya beberapa kebiasaan yang tanpa disadari kamu lakukan setiap hari ini.

1. Memencet Komedo

Kamu mungkin merasa gemas dengan keberadaan komedo di hidung yang bikin pori-pori tersumbat. Rasanya ingin mencungkilnya dengan jari atau alat mirip jarum.

Lihat JugaMengatasi Komedo Putih dan Hitam Pada Wajah

Namu, kebiasaan justru membuat komedo di wajah semakin parah. Sebaiknya, hilangkan kebiasaan ini dan segera temui dokter untuk mendapatkan perawatan kulit.

2. Penggunaan Handuk Kotor

Keringat memang harus diseka. Tetapi, kamu harus melakukan dengan tisu atau handuk yang bersih. Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab komedo.

Kalau kamu menggunakan kain atau handuk kotor untuk menyeka keringat, maka kotoran lain dapat menempel dan tertinggal di wajah.

3. Tidak Membersihkan Riasan Sebelum Tidur

Setelah seharian beraktivitas, kamu mungkin ingin langsung tidur tanpa membersihkan make-up di wajah. Jangan lagi melakukannya ya, karena bisa membuat wajah kamu berkomedo.

Riasan dapat menyumbat pori-pori dan menghambat sel-sel kulit bernafas. Riasan juga bisa menempel ke bantal, yang malah mengotori wajah kamu di malam-malam berikutnya.

4. Terlalu Banyak Makan Makanan Manis dan Asin

Sejumlah penelitian membuktikan hubungan antara gula, karbohidrat dan komedo. Olahan gula dan karbohidrat memiliki sifat inflamasi dan membuat kadar insulin naik. Ini memicu hormon penyebab komedo dan jerawat.

Lihat JugaCara Menghilangkan Komedo Putih dan Hitam Dengan Cepat

Karena itu, batasi konsumsi makanan manis dan bertepung seperti nasi putih, roti putih, permen atau soda. Dengan begitu, kondisi kulitmu mungkin akan semakin membaik.

5. Penggunaan Produk Skincare yang Kurang Cocok

Penyebab komedo terakhir adalah penggunaan produk skincare yang tidak tepat. Kamu mungkin pernah iseng-iseng menggunakan pembersih atau pelembab wajah baru. Apalagi, kalau sedang ada diskon besar-besaran.

Padahal, tidak semua jenis kulit bisa menerima produk tertentu. Hal yang harus kamu lakukan yaitu gunakan produk skincare yang memang benar-benar cocok dengan kondisi kulit.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top