Fashion & Beauty

Pilih Transformasi Model Kutubaru sesuai Seleramu

Model baju seperti sebuah siklus. Baju lama akan kembali ngetrend pada masa-masa tertentu. Seperti halnya kutubaru, meskipun beberapa waktu lalu banyak sekali model kebaya modern. Sekarang, kebaya kutu baru kembali ngetrend dan ada beberapa variasi model kutu baru. Kutubaru sendiri merupakan sepotong busana tradisional dengan ciri-ciri desain berkerah setali , istilahnya bersurawe atau lipatan sampai dada, belahan penutup pada bagian muka baik langsung maupun menggunakan bef dengan peniti atau kancing, serta berlengan panjang dengan bagian pergelangan tangan melebar atau menyempit (cnnindonesia.com). Selain modelnya yang berkemang, kain dalam pembuatan kutu baru juga memiliki banyak variasi dan sudah diperbarui dengan adanya perkembangan trend fashion. Kalian yang ingin kondangan, wisuda maupun acara formal lainnya bisa mencontek beberapa model kutubaru sebagai berikut ulasannya;

Kutubaru Peplum

Kutubaru Peplum

Kutubaru model peplum sangat ngetrend dikalangan anak muda. Selain modelnya yang cantik dan kekinian, kutubaru model tersebut juga bisa menjadi pilihan bagi yang memiliki tubuh kecil. Yang memiliki ukuran tubuh kecil bisa memilih model ini agar kekurangan tersebut bisa tertutupi.

Kutubaru 7/8

Kutubaru Hijau

Biasanya kutubaru memiliki panjang sampai pantat atau menutupi pantat. Namun kini berkembang modelnya. Beberapa orang memilih kutu baru dengan panjang di bawah lutut atau bisa disebut 7/8. Kutubaru model ini sangat cocok untuk kalian yang memiliki tubuh kecil pula. Bagian pantat akan tertutupi, selain itu cocok juga digunakan untuk kalian yang berhijab.

Kutubaru Belt 7/8

kebaya kutubaru modern

Selanjutnya, kutubaru 7/8 model lipatan sehingga tampak lebih megar. Kutubaru dengan tambahan belt juga disukai anak muda. Biasanya mereka memilih aksen belt dari kain tersebut atau kain yang berbeda warna namun masih matching dan membentuk belt berpita. Kebaya tersebut cocok buat kondangan maupun wisuda, bisa juga acara formal lainnya.

Kutubaru Panjang

kebaya kutubaru modern muslim

Bukan hanya panjang 7/8 saja, kebaya kutubaru juga memiliki model panjang hampir menutupi penuh kain jarit sebagai bawahan. Kebaya model tersebut tetap elegan dan menunjukkan kewibawaan. Kebaya model panjang bukan hanya bisa digunakan untuk wanita yang mengenakan hijab saja loh, girls. Kalian yang tidak berhijab juga bisa memilih model kebaya panjang dengan menyanggul rambut atau digerai rapi sesuai dengan selera.

Kutubaru Lengan Balon

Baju Kebaya Bali

Bagi yang memiliki ukura lengan yang tidak kecil, kalian bisa memilih kebaya kutubaru model lengan balon. Ukuran lengan kalian bisa tersamarkan oleh model balon pada bagian lengan. Selain itu model tersebut juga bagus, pada bagian depan dan ujungnya dibentuk lancip. Kalian bisa mengkombinaikan dengan jarit panjang maupun pendek selutut.

Kutubaru Lengan Pendek

Kebaya Model Kutubaru Lengan Pendek

Pada penjelasann sebelumnya bahwa pada umumnya kebaya kutubaru berlengan panjang. Akan tetapi, sesuai dengan perkembangan fashion, beberapa perancang busana membuat kebaya kutubaru berlengan pendek. Bagi kalian yang tidak berhijab bisa memilih model kebaya kutu bar tersebut. Kebaya kutubaru berlengan pendek dengan bawahan jarit panjang maupun pendek juga tidak mengurangi kecantikan dan keanggunan kalian.

Itulah girls, model kebaya kutubaru yang mengalami pembaruan. Kalian bisa memilih sedikit dari referensi di atas. Kebaya kutubaru merupakan pakaian tradisional yang tidak akan pernal pudar oleh zaman. Sebagian besar orang masih melestarikannya, memakainya bahkan mengoleksinya. So, cintai kebudayaan warisan bangsa. Selamat mencoba tampil dengan busana tradisional!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top