Fashion & Beauty

Produk Perawatan Rambut yang Harus Kamu Miliki

Produk Perawatan Rambut yang Harus Kamu Miliki

Selain wajah, rambut merupakan bagian tubuh yang sangat dijaga oleh seorang perempuan. Rambut termasuk mahkota yang dimiliki perempuan. Tak heran jika perempuan sangat memperhatikan kondisinya. Umumnya perempuan hanya melakukan perawatan rambut di salon saja. Padahal merawat rambut juga harus dilakukan secara rutin seperti kita menggunakan skincare.

Ketika menjalani aktifitas sehari-hari rambut kita terpapar zat ultraviolet, zat kimia, hingga polutan. Zat seperti ultraviolet memang dibutuhkan rambut. Tetapi zat ultraviolet di jam-jam tertentu tidak baik untuk rambut. Apabila rambut yang terpapar tidak kita rawat sangat mungkin mengalami kerusakan. Untuk merawat rambut ada beberapa produk hair care yang wajib dimiliki. Baik untuk perawatan rambut rutin maupun

6 Macam Produk Perawatan Rambut

1. Shampoo

Perawatan rambut dengan shampoo
Perawatan Rambut dengan Shampoo

Tidak semua orang mudah menemukan produk shampoo yang cocok untuk rambutnya. Tak sedikit perempuan yang mengalami kesulitan dalam mencari produk yang tepat. Padahal shampoo adalah produk terpenting untuk merawat rambut. Meskipun sekarang sudah banyak beredar produk di pasaran, kamu tetap harus memperhatikan kandungan dalam produk yang akan dibeli.

Sesuaikan kondisi rambutmu dengan produk yang akan dipakai. Akan lebih baik jika kamu mencari tahu terlebih dahulu tentang kandungan zat yang dibutuhkan rambutmu. Misalnya, shampoo dengan kandungan aloe vera merupakan produk yang tepat untuk perawatan rambut rontok. Terkadang untuk mendapatkan produk yang cocok membutuhkan waktu yang berbeda-beda pada setiap orang.

2. Conditioner

Perawatan rambut dengan conditioner
Perawatan Rambut Dengan Conditioner

Sama halnya dengan shampoo, conditioner juga termasuk item yang harus kamu miliki untuk merawat rambut. Item ini berfungsi untuk membuat rambut menjadi lembut dan  lebih bersinar. Conditioner sama seperti pelembab yang berfungsi melembabkan rambut setelah berkeramas. Ketika berkeramas minyak rambut terkikis sehingga rambut kehilangan kelembabannya.

Conditioner biasanya diaplikasikan setelah selesai berkeramas. Setelah rambut mengering tinggal mengusapkannya ke rambut. Tetapi ada beberapa produk conditioner yang bisa digunakan saat berkeramas sekaligus. Carilah produk yang sesuai dengan kondisi rambutmu. Biasanya ada produk yang sudah memasangkan shampoo dan conditioner dalam satu rangkaian produk.

3. Hair mask

Perawatan Rambut Dengan Hair mask
Perawatan Rambut Dengan Hair Mask

Tidak hanya wajah, rambut juga perlu diberi masker. Jika shampoo dan conditioner telah banyak dikenal orang, beda halnya dengan hair mask. Hanya orang-orang yang memperhatikan kesehatan rambut saja yang mengetahui produk ini. Padahal jika produk ini rutin digunakan permasalahan seperti rambut kering tidak akan pernah menghampirimu.

Untuk kamu yang sering menggunakan catok, kamu wajib mengaplikasikan hair mask sebagai bagian dari perawatan rambut kering. Seperti kita ketahui bahwa catokan dapat membuat rambut mudah mengering. Tidak sulit mengaplikasikan masker pada rambut. Masker dapat diaplikasi layaknya kamu menggunakan conditioner. Hanya perlu diusapkan ke permukaan rambut saja.

Jenis produk perawatan rambut wanita yang harus rutin dilakukan

4. Vitamin rambut

Perawatan Rambut Dengan Vitamin
Perawatan Rambut Dengan Hair Vitamin

Jika tubuh saja butuh vitamin, rambut pun demikian. Rambut perlu diberi vitamin agar pertumbuhannya terjaga dengan baik. Biasanya vitamin rambut berbentuk seperti minyak. Jika rambutmu sering di-styling atau diberi pewarna, kamu bisa menggunakan vitamin rambut sebagai perawatan rambut rusak. Cara memakai vitamin rambut cukup mudah.

Vitamin rambut dapat diaplikasikan setelah kamu selesai keramas dan mengusapkan conditioner. Tetapi jangan mengaplikasikan vitamin rambut langsung ke kulit kepala karena dapat menimbulkan permasalahan kulit yang baru. Masalah itu dapat berupa rasa gatal di kepala dan ketombe. Beri vitamin pada rambut setidaknya 2 kali dalam seminggu.

5. Serum rambut

Perawatan Rambut Dengan serum
Perawatan Rambut Dengan Hair Serum

Produk untuk merawat rambut berikutnya adalah serum. Fungsi serum diantaranya: melindungi rambut dari kerusakan, melembabkan rambut, dan membuat rambut terlihat berkilau. Serum sebagian besar terdiri dari protein yang dapat memperkuat akar rambut. Serum wajib digunakan untuk kamu yang sering terpapar sinar matahari, zat polutan, dan bahan-bahan kimia.

Gunakan serum rambut dalam kondisi rambut bersih. Kamu juga bisa mengaplikasikan produk ini setelah berkeramas. Aplikasikan serum ke batang rambut. Jangan aplikasikan serum ke akar rambut karena tempat kinerja serum bukan disana. Sama seperti produk yang lain, perhatikan juga kandungan-kandungan di dalam produk yang akan kamu gunakan.

6. Nutrisi

Perawatan Rambut Dengan Hair Nutrisi
Perawatan Rambut Dengan Hair Nutrisi

Merawat rambut tidak bisa hanya dilakukan dengan menutrisi rambut saja. Kamu juga perlu mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi untuk menunjang kesehatan rambut dari dalam. Cara paling sederhana untuk menutrisi rambut dari dalam adalah dengan memperbanyak minum air putih. Minum air putih sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Ada beberapa zat gizi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan rambut, diantaranya protein, vitamin, zat besi, zinc, dan omega 3. Jika selama ini kamu kurang memperhatikan asupan makanmu, mulai sekarang kamu harus mengubahnya. Memperhatikan asupan makanan tidak hanya membuat badan bugar saja, tetapi juga dapat membuat rambut menjadi sehat dan berkilau. Sama seperti wajah, rambut juga harus dirawat secara rutin.

Merawat rambut untuk meningkatkan kepercayaan diri

Baca Juga : Tips Merawat Rambut untuk Wanita Berhijab

Tak dapat dipungkiri rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang dapat menunjang penampilan. Memiliki penampilan yang menarik dapat meningkatkan kepercayaan diri. Salah satu indikator penampilan yang menarik adalah kepemilikan rambut yang sehat dan berkilau.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top