Fashion & Beauty

Terlalu Banyak Lihat Layar Gadget Karena Di Rumah Terus? Hati-hati Bisa Bikin Kulit Kusam Loh

Terlalu Banyak Lihat Layar Gadget? Hati-hati Bisa Bikin Kulit Kusam Loh

Paparan cahaya dari layar gadget atau yang biasa disebut blue light, ternyata berdampak pada kulit wajah. Tanpa disadari, ternyata kita bisa menghabiswak waktu lebih dari 12 jam di depan layar gadget. Tentu saja hal ini akan berpengaruh pada kondisi kulit khususnya pada bagian wajah karena menjadi bagian tubuh yang paling berhadapan dengan gadget.

Dari sebuah penelian, disebutkan paparan sinar blue ray dapat membuat kulit kusam, kering hingga menimbulkan flek hitam dan kerutan. Sebuah penelitian menyatakan sinar blue light dari gadget dapat menembus kulit lebih dalam daripada UV matahari.

Melalui stress oksidatif, blue light atau sinar biru bisa menghancurkan kolagen. Kulit mempunyai bahan kimia bernama flavin yang dapat menyerap sinar biru. Reaksi yang terjadi pada saat penyerapa sinar biru oleh flavin tersebut menghadil molekul oksigen yang tak stabil yang akhirnya membentuk radikal bebas yang dapat merusak kulit.

Lihat Juga: Cara Mencerahkan Wajah Kusam Secara Alami

Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang terbukti dapat mengatasi masalah kulit akibat paparan sinar biru. Untuk yang wajib on-screen tiap hari dengan waktu lama, simak ulasannya di bawah ini.

Gunakan Sunscreen

Selain dapat menghalau sinar UV matahari, sunscreen juga berguna untuk menghindari blue light. Kandungan zinc pada sunscreen mampu menghadang dan meminimalisir penyerapan sinar yang dapat merusak kulit. Karena itu, sunscreen wajib digunakan secara rutin, tak hanya saat akan keluar rumah, namun juga di dalam rumah.

Gunakan Serum

Serum yang memiliki kandungan niacinamide bisa mengoptimalkan pemulihan sel kulit dan meningkatkan kemampuan skin barrier dari penyerapan sinar berbahaya. Tahapan skincare yang umum dilakukan ini dapat menjadi salah satu cara mencegah kulit kusam karena blue light.

Gunakan Produk Kaya Antioksidan

Selain sunscreen dan serum, pelindungan kulit dari bahaya blue light juga dapat dilakukan dengan menggunakan produk yang kaya akan kandungan antioksidan. Banyak penelitian membuktikan bahwa antioksidan mampu melindungi kulit dari bahaya sinar biru dengan sangat baik.

Lihat Juga: Kulit Tetap Sehat Dan Cantik Dengan Bahan Alami, Yuk Gunakan Rempah-Rempah Ini

Selain penggunaan luar, pasokan antioksidan juga bisa diperoleh dari dalam, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Seperti blackberry, cranberry, raspberry, blueberry dan kacang kenari yang diketahui mengandung antioksidan tinggi.

Itulah beberapa cara merawat kulit dari paparan sinar blue light agar terhindar dari kulit kusam dan masalah kulit lainnya. Punya cara lain? Share di kolom komentar ya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top