Fashion & Beauty

Terlihat Pintar dalam Smart Casual Dress Code

Memasuki dunia kerja untuk pertama kali akan membuat beberapa orang panas dingin terutama tentang bagaimana meninggalkan kesan baik pada pertemuan pertama. Pemilihan pakaian dan cara Anda memadupadankan pakaian ternyata juga sangat berpengaruh besar pada kesan pertama. Pertanyaannya, haruskan berbusana sangat formal pada hari pertama kerja atau tidak? Karena terlalu formal juga bisa membuat Anda terlihat kaku dan lebih dekat dengan label ‘geek’ atau cupu yang tentunya bukan jenis kesan pertama yang ingin Anda berikan.

Smart Casual Dress Code Untuk Kesan Pertama yang Baik

Apa yang dimaksud dengan smart casual?  Smart casual adalah cara berbusana walaupun mengenakan jenis pakaian yang tergolong kasual tapi tetap terlihat smart atau memberikan kesan ‘pintar’ dan tentunya tetap terlihat formal dan sopan untuk dikenakan di lingkungan kerja.

Paduan Smart Casual untuk Pria

Dalam lingkungan kerja, busana pria biasanya hanya terdiri dari kemeja, jas, celana kain dan sepatu pantofel. Well, ternyata pilihan busana yang membosankan itu juga bisa terlihat kasual jika tepat dalam memadupadankannya.

Kemeja Ukuran Pas Badan

Jangan hanya terpaku pada kemeja longgar yang biasanya tertutupi blazer untuk ke kantor. Cobalah kenakan kemeja ukura pas padan tanpa blazer dipadupadankan dengan celana kain warna gelap. Untuk pilihan motif kemeja sebaiknya jangan yang polos tapi tetap dengan kesan yang ‘cowok banget’ yaitu seperti motif kotak-kotak dan garis vertikal. Bisa juga ditambah syal tebal sebagai aksen.

Blazer

Blazer merupakan alternatif dari jas yang terkesan konservatif dan formal. Blazer juga tersedia dalam berbagai macam model dan pilihan warna. Selain itu blazer juga tak hanya cocok dipadupadankan dengan kemeja tapi juga cocok dengan t-shirt tapi tetap terlihat formal.

T-Shirt

Ternyata t-shirt juga bisa dikenakan sebagai busana kerja asalnya tetap dipadankan dengan blazer dan celana formal. Model kasual ini walaupun cocok untuk dikenakan sehari-hari di kantor, dan masih juga cocok dikenakan jika Anda sering berpergian bertemu klien di luar kantor dalam suasana yang santai seperti di cafe atau restoran tapi sebaiknya dihindari jika harus menghandiri rapat direksi penting.

Celana

Pilihan celana untuk pria tak terbatas pada celana kain, ternyata jeans juga bisa dikenakan di kantor. Tapi hanya jeans dengan warna gelap dan tidak berlubang yang boleh. Selain itu chino juga bisa dijadikan alternatif celana kain.

Paduan Smart Casual untuk Wanita

Dibandingkan pria, wanita memiliki lebih banyak pilihan untuk tampil cantik dan pintar dalam busana smart casual.

Blazer atau Jaket

Mengenakan blazer atau jaket ukuran pas badan otomatis membuat seorang wanita terlihat pintar di suasana apapun tidak harus di tempat kerja karena saat ini blazer tak hanya digunakan di lingkungan kerja tapi sudah menjadi salah satu outfit wajib yang setiap wanita harus punya.

Kemeja atau Dress

Kemeja tentunya sudah menjadi pakaian wajib wanita kantoran tapi cobalah pilih kemeja dengan motif yang tidak biasa, seperti motif bunga-bunga warna cerah atau bisa juga mengenakan dress selama desain tidak terlalu heboh seperti mau ke pantai dan panjangnya sopan dan formal untuk dikenakan di kantor.

Celana Panjang

Untuk wanita celana panjang kain sudah sangat ketinggalan jaman. Untuk apa mengenakan sesuatu yang terlihat jelek di diri Anda jika ada banyak pilihan yang lebih baik seperti chinos dan jeans misalnya. Saat ini pun sudah ada bahan jeans yang terlihat tidak seperti jeans sehingga cocok untuk dikenakan di semua situasi formal di kantor.

Jadi buat Anda yang saat ini sedang dag dig dug mempersiapkan mental untuk menghadapi hari pertama kerja jangan lupa untuk menyiapkan busana yang tepat untuk memberikan kesan baik yang Anda inginkan dan ide smart casual di atas bisa coba Anda terapkan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top