Fashion & Beauty

Tips Merawat Wajah Berjerawat

Tips Merawat Wajah Berjerawat

Setiap jenis kulit pasti membutuhkan perawatan yang berbeda, apalagi bagi kulit berjerawat. Cara merawat wajah berjerawat juga membutuhkan penanganan khusus. Ada beberapa faktor yang menyebabkan wajah menjadi jerawatan, seperti faktor hormon, gen, bahkan makanan. Jika salah merawat, bukannya mereda malah kulit yang berjerawat bisa lebih parah.

Nah, jika anda sedang bermasalah dengan jenis kulit satu ini, berikut beberapa cara untuk merawat wajah agar kulit tetap sehat dan lebih bersih. Apa saja ya? Yuk simak artikelnya di bawah ini.

Penting Untuk Menjaga Kebersihan Saat Merawat Wajah Berjerawat

Menjaga Kebersihan

Bakteri P Acne disebut-sebut sebagai penyebab jerawat semakin berkembang dan meradang. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya menjaga kebersihan kulit wajah. Untuk merawat wajah berjerawat dengan tepat, tentu harus memperhatikan kebersihan wajah. Bukan hanya mencuci wajah, tapi juga harus memperhatikan kebersihan lain seperti, sarung bantal, helm, dan benda-benda lain yang dipakai sehari-hari.

Produk Pencuci Wajah Khusus Kulit Berjerawat

Pencuci Wajah Khusus Kulit Berjerawat

Menjaga kebersihan kulit rasanya tidak cukup kalau tidak dilengkapi dengan menggunakan pencuci wajah khusus untuk masalah kulit berjerawat. Produk pencuci wajah berjerawat biasanya memiliki kandungan aktif yang dapat bekerja untuk mengatasi peradangan jerawat dan mengangkan sel-sel kulit mati pada wajah. Tentu saja merawat wajah berjerawat dengan tepat seperti ini sangat membantu untuk langkah awal merawat kulit yang sedang bermasalah tersebut.

Toner Untuk Merawat Wajah Berjerawat

Toner Khusus Jerawat

Bukan hanya menggunakan pembersih wajah, merawat wajah berjerawat yang tepat lainnya juga bisa dilakukan dengan penggunaan toner setelah mencuci wajah. Toner ini berfungsi untuk memastikan kulit wajah anda sudah benar-benar bersih. Toner juga akan mengangkat kotoran yang sebelumnya masih tertinggal di kulit wajah, sehingga dapat mencegah jerawat timbul kembali.

Menggunakan Clay Mask Seminggu Sekali

Clay Mask Seminggu Sekali

Salah satu cara untuk merawat kulit wajah yang sedang berjerawat lainnya adalah dengan menggunakan clay mask. Anda bisa menggunakannya cukup satu kali setiap satu minggu. Pada dasarnya, clay mask ini memang diciptakan bagi kulit yang berminyak, berjerawat, maupun yang berpori-pori besar. Masker ini memiliki formulasi khusus yang berguna untuk mengangkat kotoran, merawat kulit wajah, dan mengontrol minyak wajah berlebih sehingga akan terhindar dari jerawat.

Gunakan Pula Produk Eksfoliasi

Produk Eksfoliasi

Pemilik kulit berjerawat memang sangat membutuhkan proses eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati. Karena itulah, pemilik wajah berjerawat bisa menggunakan berbagai produk yang memiliki fungsi eksfoliasi. Produk dengan kandungan aktif seperti ini biasanya disebut chemical peeling, selain itu produk scrub juga bisa mengangkat sel kulit mati.

Hindari Makanan Pemicu Jerawat

Makanan Pemicu Jerawat

Tahu tidak, kalau menjaga dari dalam juga menjadi salah satu cara untuk merawat wajah berjerawat. Cara perawatan yang satu ini adalah dengan memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi. Beberapa makanan diketahu dapat menjadi pemicu munculnya jerawat, seperti makanan berminyak, makanan cepat saji, dan makanan yang mengandung susu.

Saat kulit sedang bermasalah seperti ini, ada baiknya untuk mengkonsumsi air putih lebih banyak. Sayur dan buah juga dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin, selain itu olahraga juga menjadi cara lain untuk menyembuhkan kulit berjerawat.

Jadi, kalau anda memiliki jenis kulit yang rentan berjerawat, lakukan beberapa cara untuk merawat kulit berjerawat di atas ya. Karena beberapa cara tersebut akan membantu kulit berjerawat lebih terkontrol. Semoga bermanfaat ya!

To Top