Fashion & Beauty

Tips Mudah Ubah Jeans Biasa Jadi ‘Ripped Jeans’

Tips Mudah Ubah Jeans Biasa Jadi ‘Ripped Jeans’

This post is also available in: English

Celana jeans memang tak pernah mati. Benda yang merupakan favorit outfit kalangan remaja hingga dewasa itu terus mengalami perkembangan tren. Kini, tren celana jeans dengan motif robek-robek kembali in di kalangan muda-mudi. Ripped Jeans, begitu namanya, kembali melejit kembali setelah cukup lama mati suri. Bagi Anda yang selalu up to date di dunia fashion tak perlu khawatir karena harus merogoh kocek lagi untuk membeli fashion stuff yang satu ini.

Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan alat-alat yang sederhana dan memanfaatkan celana jeans yang sudah lama terabaikan di almari Anda. Cara membuatnya pun mudah, hanya memerlukan ketangkasan Anda dalam membuat pola sobekan pada jeans Anda. Berikut beberapa tips mudah untuk membuat gaya Anda semakin fun dengan ripped jeans buatan Anda sendiri:

  1. Tentukan Celana Jeans

Hal penting pertama yang perlu Anda lakukan adalah pilih celana jeans yang akan di re-make. Anda bisa memilihnya sesuai selera, bisa warna biru, putih, hitam dengan model boyfie atau skinny. Semua tergantung selera Anda!

  1. Tentukan Style

Yap, Anda harus menentukan gaya robekan seperti apa yang Anda inginkan. Sebagai referensi, Anda dapat melihat tren Ripped Jeans terkini yang dikenakan para seleb. Tentukan robekan seperti apa yang Anda inginkan. Apakah robekan besar, halus atau robekan-robekan kasar. Alangkah baiknya Anda mencetak model seperti apa yang Anda inginkan sebagai referensi sekaligus patokan dalam tahap selanjutnya. Hal ini tentu sangat memudahkan Anda.

  1. Sediakan Alat Perlengkapan

Alat perlengkapan tentu komponen penting dalam pembuatan ripped jeans. Tanpa alat dan perlengkapan lainnya, mustahil ripped jeans akan tercipta. Penyediaan alat perlengkapan pun tak sembarangan karena disesuaikan dengan tipe robekan yang Anda inginkan. Untuk robekan halus Anda dapat menggunakan amplas atau sabut besi. Untuk sobekan besar, Anda cukup menggunakan gunting. Jangan lupa sediakan papan balok kecil sebagai alat saat eksekusi terhadap jeans dilakukan. alat untuk ripped jeans

  1. Tentukan Area Robekan

Gunakan penggaris dan pensil untuk menentukan area robekan yang Anda inginkan. Hal ini untuk menghindari robekan yang kebablasan. Cukup garis dengan pensil area batas robekan yang dikendehaki.

  1. Tahap Eksekusi

Setelah semuanya siap, masukkan balok kecil yang sudah disediakan ke dalam area robekan. Kemudian asah dengan amplas atau sabut besi (tergantung selera robekan) atau jika Anda ingin robekan yang  besar, cukup gunakan gunting untuk membuat pola sobekan sesuai selera.

  1. Jahit Sekeliling Robekan

Langkah terakhir jahit sekeliling robekan dengan benang yang telah disesuaikan warnanya. Hal ini untuk menghindari robekan yang berlebihan sehingga celana Anda tidak akan “kebablasan” robek saat dikenakan.

Setelah keenam langkah ini sukses Anda lakukan, maka ripped jeans ala Anda pun siap untuk dikenakan. Celana jeans dengan motif robekan ini cocok dikenakan dalam acara non formal. Untuk atasan pun relatif fleksibel, Anda dapat mengenakan kaos, kemeja atau jenis atasan lainnya. Selain itu, celana ini dapat Anda padu padankan dengan high heels untuk terlihat lebih kasual. Anda bisa gunakan sneakers jika Anda ingin terlihat lebih santai. Selamat mencoba!

To Top