Totok Wajah, Begini Cara Melakukan Sendiri Dirumah

Untuk merawat wajah agar selalu tampil segar dan cantik, banyak cara yang dapat ditempuh. Mulai dari bermacam obat tanaman herbal atau obat kimia, operasi dan berbagai cara lain. Salah satu cara lain yang dapat anda lakukan adalah dengan totok wajah. Cara ini lebih aman untuk dilakukan dan lebih murah.

Totok wajah adalah proses pemijitan yang dilakukan pada beberapa titik di area wajah yang berguna untuk melancarkan peredaran darah dan merawat kecantikan kulit wajah.

Fungsi totok wajah

Totok wajah mempunyai beberapa manfaat yang baik diantaranya:

  • Merangsang sirkulasi darah sehingga membuat wajah lebih terlihat bersih dan segar
  • Mencegah timbulnya garis – garis halus keriput pada dahi, sekitar alis dan sepanjang garis bibir.
  • Meringankan gejala penyakit sinusitis dan alergi.
  • Merangsang pembuluh limfatik untuk melakukan detoksifikasi pada tubuh.
  • Membantu penyerapan make-up.
  • Meremajakan kulit.
  • Membantu agar otot – otot pada wajah menjadi lebih kenyal dan lentur.
  • Merangsang dari regenerasi sel kulit pada wajah.
  • Membantu meredakan beberapa penyakit seperti sakit kepala, tegang dan letih.

Sebelum anda memulai untuk melakukan totok wajah sendiri, ada bberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti:

  • Gunakan jari tengah dan jari manis saat melakukan totok wajah agar mendapatkan hasil terbaik dari totok wajah tersebut.
  • Saat melakukan penekanan pada totok wajah, lakukan penekanan pada otot wajah dan tidak pada tulang. Jika anda melakukan penekanan pada tulang, maka dapat menimbulkan lebam atau memar pada wajah.
  • Saat akan berpindah dari satu titik ke titik yang lain, pastikan agar jari tetap menempel pada wajah anda.
  • Saat melakukan penekanan pada titik wajah, lakukan sambil menarik nafas dan ditahan selama beberapa saat lalu hembuskan nafas saat melepaskan penekanan pada titik wajah.
  • Saat melakukan totok wajah untuk mengencangkan kulit, lakukan dengan sedikit menariknya kearah atas.

Agar manfaat dari totok wajah dapat dirasakan dengan baik. berikut adalah teknik totok wajah yang benar untuk anda lakukan sendiri dirumah.

Titik Totok wajah

Dahi

Mulailah dari bagian tengah dahi dengan melakukan gerakan melingkar kecil ke arah luar menuju ke titik meredian. Ulangi proses tersebut sebanyak lima kali.

Mata

Mulailah dari pelipis dengan menggunakan jari telunjuk menuju ke kening dan lingkaran disekeliling mata dengan tekanan yang ringan. Ulangi proses tersebut sebanyak dua kali.

Hidung

Untuk melakukan pemijatan area hidung, dari setiap sisi hidung geser ke arah bawah jari secara bertahap dari ujung ke bawah. Ulangi sebanyak dua sampai tiga kali.

Mulut

Totok Wajah

Mulailah dari area dagu dengan menggunakan jari telunjuk dengan pijatan lembut. Lalu lanjutkan dengan gerakan melingkar ke arah bibir dan mulut. Lakukan cara yang sama dengan menggeser ke arah gunung dan bawah lubang hidung. Ulangi proses tersebut sebanyak lima kali.

Pipi

Mulailah dengan gerakan melingkar keatas secara bertahap dari dagu sampai ke daerah dekat telinga. Lakukan pijatan dari area sudut mulut ke bagian tengah mata secara bertahap dan dilanjutkan ke area lubang hidung sampai pada gerakan akhir menuju kearah meredian. Ulangi sebanyak dua kali.

Leher

Mulailah dari bagian leher belakang menuju keatas dengan gerakan melingkar kecil. Ulangi sebanyak lima kali dan dilanjutkan dengan bagian depan leher dengan pijatan lembut dari bagian bawah ke atas. Ulangi sebanyak tiga kali.

This website uses cookies.