Fashion & Beauty

Tren Skin Icing Yang Bolak-Balik Booming Di Dunia Kecantikan

skin icing

Belakangan ini, penggunaan teknik skin icing di rutinitas skincare kembali populer. Teknik tersebut memang bukan teknik yang asing di industri tren kecantikan. Sejak dulu, teknik ini sudah banyak digunakan terutama oleh makeup artist (MUA) di Indonesia sebagai awal proses sebelum merias. Teknik ini digunakan untuk mengecilkan pori-pori agar proses merias lebih mudah dan memberikan daya tutup sempurna.

Seperti halnya tren lainnya, teknik skin icing ini sempat tenggelam digantikan dengan teknik-teknik perawatan lainnya sebelum akhirnya kembali booming. Bagi yang penasaran, apa sih sebenarnya teknik skin icing tersebut dan apa saja manfaatnya bagi kulit wajah? Yuk intip ulasannya di bawah ini.

Skin Icing

Skin Icing
Es batu untuk teknik skin icing

Mungkin akan terdengar aneh bagi sebagian orang. Skin icing merupakan suatu tindakan yang menggunakan es batu dan meletakkannya di wajah. Teknik ini sebagai bentuk terapi dingin yang sudah dilakukan sejak dulu yang melibatkan es, penggulung es, air, es atau alat cryotherapy lainnya yang bisa menurunkan suhu kulit sebagai bentuk perawatan kulit.

Manfaat pada kulit wajah

Teknik ini diyakini dapat mengecilkan pori-pori meskipun efeknya hanya sementara. Tidak hanya itu, teknik menggunakan es batu ini juga bisa mengurangi jerawat, peradangan, kemerahan, pembengkakan pada kulit seseorang, bahkan bisa dijadikan perawatan anti aging. Selain itu, suhu dingin dari es batu membantu meningkatkan sirkulasi darah sehingga semakin banyak oksigen yang masuk ke sel kulit dan menjadikan kulit tampak bersinar.

Meskipun banyak manfaatnya untuk kulit, namun seseorang yang menggunakan teknik ini juga harus berhati-hati. Seseorang tidak boleh menempelkan es batu secara langsung pada kulit wajah. Hal itu menyebabkan kulit akan menjadi kering, iritasi, hingga luka bakar karena es. Terlalu lama melakukan teknik ini pada wajah hanya akan memberikan dampak buruk bagi wajah.

Cara melakukan teknik skin icing

Cara melakukan teknik skin icing pada wajah
Foto pengaplikasian skin icing

Bagi yang penasaran dengan teknik skin icing ini, jangan langsung menempelkan es batu pada wajah. Penggunaan teknik dengan es batu ini dilakukan dengan cara tertentu, diantaranya:

  • Bersihkan wajah terlebih dahulu dari makeup yang menempel
  • Bungkus es batu dengan kain lembut agar es tidak bersentuhan langsung dengan kulit. Diamkan selama 15-30 detik.
  • Tempelkan di kulit wajah kemudian lakukan secara perlahan dengan gerakan memutar ke area seluruh kulit wajah selama kurang lebih 5 menit
  • Selanjutnya gunakan pelembab untuk mengunci kelembapan yang didapat dari es batu
  • Lakukan dua kali dalam satu hari di pagi dan sore hari

Perkembangan teknik skin icing selama pandemi

Di masa pandemi ini, semua hal mengalami perubahan tidak terkecuali teknik skin icing yang semakin bervariasi. Jika biasanya teknik ini menggunakan es batu yang terbuat dari air, kini bisa menggunakan bahan lain yang dibekukan agar menjadi es.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu pengguna media sosial bernama Craig. Dia melakukan eksperimen-eksperimen selama masa lokcdown, salah satunya eksperimen terhadap teknik skin icing.

Kita pastinya tahu bahwa es batu terbuat dari air, namun Craig mengubah bahan baku es batu dari air menjadi santan. Hal itu dilakukan agar dapat mengurangi resiko buruk yang ditimbulkan dari teknik skin icing. Titik beku santan yang lebih rendah dari air telah menghasilkan tekstur es yang lebih lembut dan creamy sehingga cocok digunakan untuk merileksasikan diri. 

Ada bahan-bahan lain yang juga bisa digunakan seperti oat untuk menutrisi kulit, ataupun teh komamil yang kaya akan antioksidan.

Baca Juga :

Saat pengaplikasian es batu dari santan untuk teknik ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan sheet mask. Penggunaan tersebut sebagai perantara kulit dan es sehingga tidak akan menyentuh kulit secara langsung.

Gimana, tertarik untuk mencoba teknik skin icing dalam rutinitas skincare kalian? Jika iya, lakukan seperti cara yang di atas ya! Jangan langsung menempelkan es batu ke kulit kalian agar tidak menghasilkan efek buruk pada kulit wajahmu.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top