Fashion & Beauty

Urutan Pemakaian 10 Step Korean Skincare Routine!

10 Step Korean Skincare: Begini Urutan dan Cara Pemakaiannya!

Sejak beberapa tahun lalu, Korea seakan-akan mengambil alih pasar kecantikan global. Produk kecantikan atau skincare dari brand Korea memang lengkap banget ya, mulai dari face wash, sheet mask dan bahkan sleeping mask! Orang-orang sangat kagum dengan kecantikan kulit wanita Korea. Nah, biasanya wanita Korea menggunakan 10 step Korean skincare routine.

Memang sih kedengarannya ribet banget ya, untuk memiliki kulit secantik wanita Korea saja harus menerapkan 10 langkah. Tapi sudah banyak wanita yang membuktikan bahwa langkah-langkah tersebut memang terbukti ampuh membuat kulit mereka menjadi lebih sehat dan cantik.

Urutan dan Cara Pemakaian 10 Step Korean Skincare Routine

Urutan dan Cara Pemakaian 10 Step Korean Skincare Routine

Karena ada 10 langkah, pastinya membuat kita bingung manakah skincare yang lebih dulu digunakan. Untuk lebih jelasnya, mari simak urutan pemakaiannya yuk.

1. Makeup Remover dan Oil Cleanser

Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu membersihkan wajah. Jika kamu menggunakan makeup, pastinya harus membersihkan wajah dengan skincare yang khusus untuk makeup yaitu makeup remover. Tapi ada beberapa makeup yang memang sulit untuk dibersihkan seperti mascara waterproof atau eyeliner waterproof. Untuk membersihkan makeup waterproof ini kamu bisa menggunakan oil cleanser.

2. 10 Step Korean Skincare dengan Cleanser

Siapa nih dari kalian yang sering menganggap bahwa membersihkan wajah dengan makeup remover atau oil cleanser saja sudah cukup? Ternyata salah besar lho. Makeup sudah dibersihkan, tapi bukan berarti wajah kamu sudah bersih secara menyeluruh. Untuk membuat wajah bersih, jangan lupa gunakan cleanser atau sabun pembersih khusus untuk wajah.

Langkah kedua dari 10 step Korean skincare routine ini memang sangat penting untuk dilakukan setiap hari untuk membersihkan wajah dari debu, kotoran dan juga sebun yang bisa menyumbat pori. Tapi jangan terlalu sering mencuci wajah karena bisa membuat kulit lebih kering dan timbul jerawat.

3. Exfoliator

Sel-sel kulit mati akan membuat wajah terlihat kusam dan kasar. Gunakanlah exfoliator untuk mengangkat sel-sel kulit mati tersebut dan membuat kulit “baru”. Exfoliator digunakan hanya 1 atau 2 kali saja dalam seminggu, karena jika digunakan terlalu sering akan membuat kulit lebih sensitif, tipis dan bahkan iritasi.

4. Toner

Fungsi toner bukan hanya mengangkat sisa-sisa kotoran di wajah yang tidak mampu diangkat oleh cleanser. Tapi toner bertindak sebagai “pembuka jalan” untuk skincare berikutnya lebih meresap ke dalam kulit. Selain itu toner juga berguna menyeimbangkan pH kulit.

Kamu bisa menggunakan toner dengan dua cara. Yaitu dengan menuangkannya langsung ke tangan dan menepuk-nepuk ke wajah atau dengan menggunakan kapas.

Ada berbagai jenis toner di pasaran, kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan kulit. Ada toner yang membuat kulit wajah lembab, ada juga yang mengandung AHA/BHA untuk mengikis sel-sel kulit mati.

5. Essence

Mungkin kamu masih bingung membedakan antara essence dan serum, atau bahkan menganggap keduanya sama. Ternyata essence dan serum merupakan skincare yang berbeda dan essence ini digunakan sebelum serum. Essence adalah campuran dari serum dan juga toner yang berfungsi memperbaiki kulit dan menghasilkan kulit baru yang lebih sehat. Jika menggunakan essence secara teratur, pori akan tampak lebih mengecil dan jerawat lebih jarang muncul.

6. 10 Step Korean Skincare dengan Serum

Serum ini sebenarnya merupakan essence dengan konsentrat yang lebih tinggi sehingga bisa membantu mengatasi masalah-masalah kulit tertentu seperti jerawat, tanda-tanda penuaan, kulit kusam dan lain sebagainya. Gunakan serum setelah penggunaan essence. Tuangkan beberapa tetes serum dan tepuk-tepuk dengan lembut ke wajah.

7. Sheet Mask

Untuk kamu yang “menggilai” skincare Korea, pastinya sudah gak asing lagi ya dengan sheet mask ini. Ya, sheet mask merupakan masker wajah berbentuk lembaran dengan kandungan essence yang melimpah. Ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan sheet mask, seperti kulit lebih lembap, glowing dan cerah.

Sheet mask digunakan pada wajah selama 15 hingga 20 menit. Jangan menggunakan sheet mask lebih dari waktu yang telah ditentukan karena bisa membuat manfaat sheet mask menjadi berkurang.

8. Eye Cream

Kulit disekitar mata memang lebih tipis dan lembut maka dari itu dibutuhkan perawatan yang tepat. Gunakanlah eye cream agar kelembapan di kulit mata tetap terjaga, kerutan tersamarkan dan mata lelah atau kantung mata bisa disamarkan.

9. 10 Step Korean Skincare Moisturizer

Moisturizer memang sangat penting untuk membuat kulit lebih lembap dan sehat. Gunakan moisturizer yang sesuai dengan jenis kulitmu. Meskipun kamu memiliki kulit berminyak, tetap saja harus menjaga kelembapannya. Moisturizer ada dua jenis yaitu untuk pagi dan malam.

10. Sunscreen

Dan urutan 10 step Korean skincare yang terakhir adalah sunscreen. Sunscreen berguna untuk melindungi kulitmu dari berbagai efek buruk sinar matahari. Meskipun kamu sedang tidak melakukan aktivitas di luar ruangan, tetap saja sunscreen perlu digunakan karena sinar matahari dapat menembus kaca sehingga bisa membahayakan kulitmu.

Sekarang kamu tidak bingung lagi kan dengan urutan 10 step Korean skincare? Perlu di ingat, jangan terlalu banyak menggunakan produk skincare ke wajah, jadi gunakanlah secukupnya saja ya.

To Top