Fashion & Beauty

Ingin Wajah Tetap Terawat Meskipun Pakai Masker Di Masa Pandemi, Begini Tipsnya

Wajah Tetap Terawat Meskipun Pakai Masker

Merawat kulit terutama wajah itu sangatlah penting apalagi dalam kondisi pandemi dimana semua orang diwajibkan menggunakan masker. Mungkin ada sebagian orang tidak mempedulikan kondisi wajahnya. Mereka beranggapan wajah tidak akan terlihat karena sudah memakai masker. Hal itu membuat sebagian orang stop menggunakan skincare di masa pandemi ini.

Meskipun memakai masker, seseorang wajib untuk tetap merawat kulit wajahnya dengan memakai produk skincare yang biasanya dipakai agar tidak menimbulkan masalah. Sebab ketika menggunakan masker tentunya udara yang dikeluarkan tidak tersikulasi dengan baik sehingga kulit akan lembab di area yang tertutupi masker sehingga akan memicu berbagai masalah seperti jerawat, kulit dehidrasi dan masalah-masalah lainnya.

Meskipun dalam merawat wajah tidak dengan produk-produk skincare yang lengkap, ada beberapa tips yang dapat dilakukan dalam merawat wajah meskipun setiap harinya kita menggunakan masker. Dengan demikian,  kulit wajah akan tetap terjaga meskipun kita dalam keadaan memakain masker. Apa saja tips-tips tersebut? yuk simak baik-baik ya..

1. Rutin mencuci muka

Mencuci Wajah

Mencuci muka adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh banyak orang. Setelah memakai masker, sangat diwajibkan untuk mencuci muka. Hal ini dinilai lebih efektik karena bisa mencegah timbulnya jerawat, bruntusan atau masalah wajah lainnya yang diakibatkan dari pertumbuhan bakteri yang ada di area wajah yang tertutup masker.

Cuci muka bisa dilakukan hanya dengan menggunakan air, tetapi akan lebih efektif lagi jika menggunakan facial foam yang sesuai dengan jenis kulit masing-masing. Jika menggunakan facial foam, maka sangat disarankan untuk memiliki sabun cuci muka yang memiliki kandungan untuk melembutkan dan menghaluskan wajah sehingga mencegah timbulnya iritasi

2. Rutin dalam mengeksfoliasi wajah

Eksfoliasi wajah ini sangat penting dilakukan satu kali atau dua kali dalam seminggu dimana hal ini berguna untuk mengangkat kotoran serta sel-sel kulit mati yang telah menyumbat pori-pori kulit wajah. Dengan demikian, kulit wajah akan tetap terjaga dari berbagai masalah wajah seperti jerawat, pori-pori tersumbat, komedo, dan masalah lainnya akibat memakai masker dalam waktu yang lama.

Exfoilasi bisa menggunakan produk dengan kandungan AHA dan BHA maupun alat seperti sponge, brush, glove. Bisa juga menggunakan scrub atau masker wajah seperti clay mask, sheet mask, peel of mask, mud mask atau yang lainnya tergantung tipe kulit. Eksfoliasi dengan masker maupun scrub digunakan 1 sampai dua kali dalam seminggu.

3. Pemakaian serum

Serum adalah vitamin yang memiliki kandungan konsentrasi bahan-bahan aktif yang tinggi yang mempercepat penyerapan hingga bagian terdalam kulit. Kinerja serum sendiri jauh lebih efektif dibandingkan dengan pelembab.

Pemakaian serum sendiri tentu saja harus diiringi dengan eksfoliasi secara rutin. Hal itulah mengapa kinerja dari produk eksfoliasi akan semakin sempurna jika didukung dengan pemakaian serum wajah. Rutinitas dalam eksfoliasi dan pemakaian serum bertujuan untuk mengangkat kotoran-kotoran yang tertinggal setelah menggunakan masker.

Perlu diketahui bahwa ketika kalian menggunakan serum sebaiknya perhatikan kandungan bahan aktif di dalamnya. Pilihlah serum sesuai dengan jenis kulit kalian beserta masalah yang timbul di wajah.

3. Gunakan Moisturizer atau Pelembab

Penggunaan pelembab ini bertujuan untuk mencegah kulit kering ataupun kulit dehidrasi. Hal ini juga berlaku ketika kita sering menggunakan masker. Gunakan pelembab yang memiliki kandungan yang dapat mengembalikan kondisi kulit yang sensitif.

4. Jangan lupa gunakan sunscreen

Kita pastinya sering merasakan bahwa meskipun tidak memakai sunscreen itu tidak masalah karena wajah kita sudah tertutupi oleh masker. Pemikiran tersebut sebaiknya dibuang jauh-jauh karena ketika menggunakan masker, kita tetap harus memakai sunscreen karena itu sangat penting untuk melindungi wajah dari sinar matahari.

Ketika menggunakan masker, sebaiknya kalian memakai sunscreen yang mengandung bahan dasar mineral. Gunakan sunscreen secukupnya karena jika terlalu banyak maka bisa saja sunscreen tersangkut di masker.  Nah, ketika kalian memakai masker tersebut tanpa dicuci maka sisa sunscreen yang menempel bisa memicu tumbuhnya jerawat.  

5. Sementara jangan gunakan make up yang berlebihan

Ketika kalian menggunakan masker, sebaiknya jangan gunakan produk-produk untuk make up terlebih dahulu karena produk make up sendiri bisa dibilang cenderung mudah untuk masuk ke pori-pori dan menyumbatnya. Hal itu tentunya akan menyebabkan pori-pori yang ada di wajah akan tersumbat sehingga menimbulkan jerawat, bahkan bisa menyebabkan kering.

Namun hal itu berbeda jika kalian memang dituntut untuk memakai make up setiap hari, maka kalian bisa mencari produk-produk make up yang matte agar nantinya tidak akan menempel di masker yang digunakan. Lebih baiknya lagi ya stop make up dulu jika tidak ingin timbul masalah pada wajah.

7. Pastikan wajah terhidrasi dengan baik

Menjaga kulit agar terhidrasi dengan baik adalah cara penting untuk merawat wajah. Ketika kalian memakai masker, kalian bisa membuka masker beberapa jam sekali agar memberikan udara di area yang tertutupi masker. Jika wajah berkeringat, maka keringkan dengan tisu wajah agar lebih aman. Jangan lupa untuk gunakan produk yang melembabkan agar kulit tetap terhidrasi dan tidak kering.

8. Rutin Mencuci Masker

Di masa pandemi ini tentunya kita akan menggunakan masker secara berulang-ulang. Jika kita mempunyai banyak masker tentunya itu tidak jadi masalah, tetapi jika kita mempunyai masker sebanyak 1-2 masker, mau tidak mau kita menggunakannya secara berulang-ulang. Belum tentu masker yang kita pakai itu bersih atau tidak dari bakteri. Meskipun masker tersebut kita pakai sendiri bisa saja masker tersebut tertempel bakteri. Oleh karena itu sangat perlu untuk mencuci masker setelah digunakan terutama masker kain agar masker tetap higenis dan tentunya ketika dipakai tidak akan menimbulkan masalah pada wajah.

9. Rutin ganti masker

Ketika kita berada di luar rumah sepanjang hari, jangan hanya membawa satu masker. Sediakan cadangan masker lain di tas maupun di dompet khusus. Masker sendiri minimal dipakai selama 4 jam. Jadi setelah itu, kalian diharuskan untuk berganti masker. Hal itu dikarenakan masker yang sudah dipakai cukup lama mungkin saja sudah terkena banyak keringat yang akan membuat efektivitas masker akan berkurang. Selain itu, masker yang sudah lama digunakan mungkin saja akan basah yang dapat memicu iritasi.

9. Jangan terlalu ketat dalam menggunakan masker

Penggunaan masker terlalu ketat akan menimbulkan masalah di wajah seperti bekas maupun memar. Oleh karena itu, jangan terlalu ketat dalam penggunaan masker. Jika masker yang digunakan termasuk masker tali, maka jangat diikat terlaru erat.

10. Penuhi cairan yang ada di dalam tubuh

Kurangnya cairan dalam tubuh akan berefek ke kulit kering. Untuk menghindari hal tersebut, jangan lupa penuhi cairan dengan meminum air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari.

11. Datang ke klinik perawatan untuk konsultasi jika dibutuhkan

Jika memang kondisi wajah membutuhkan tindakan lebih, tidak ada salahnya jika datang untuk konsultasi masalah kulit di klinik perawatan. Di masa pandemi tentunya konsultasi dilakukan secara daring sehingga tidak perlu datang ke klinik. Dengan konsultasi tentunya akan mendapatkan saran-saran yang sesuai dengan kondisi kulit yang sedang dialami.

Itulah tips-tips yang dapat dilakukan agar wajah tetap terawat meskipun pemakaian masker dalam waktu yang lama. Pemakaian masker yang lebih dari 4 jam sangat berpotensi memincu masalah pada wajah. Untuk itulah mengapa kalian sangat perlu untuk tetap merawat kulit wajah meskipun sepanjang hari kalian memakai masker. Jangan lupa untuk selalu mencuci maupun mengganti masker. Semoga bermanfaat.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top