Health

10 Makanan Mengandung Kalium Tinggi dan Manfaatnya

10 Makanan Mengandung Kalium Tinggi dan Manfaatnya

Potassium adalah nama senyawa yang bisa kita disebut dengan Kalium dalam bahasa Indonesia, ialah mineral yang sangat penting untuk fungsi sel dan jaringan yang tepat pada organ seluruh tubuh kita.

Hal ini juga merupakan elektrolit dalam tubuh yang bekerja sebagai penghantar listrik dalam tubuh beserta beberapa mineral lain, yaitu natrium, kalsium, klorida, dan magnesium.

Banyak sekali peran kalium dalam tubuh, termasuk membantu pergerakan otot, membantu kerja saraf, membantu detak jantung, dan metabolisme protein dan karbohidrat ; hal inilah mengapa kita sebut kalium sangat penting bagi fungsi tubuh yang optimal.

Tak hanya itu saja, studi juga menemukan bahwa peningkatan asupan kalium juga menurunkan potensi stroke dan ostoporosis. Kalium juga berperan menurunkan sensitifitas terhadap garam, sehingga dapat mengendalikan tekanan darah tinggi akibat asupan natrium berlebihan – sehingga akhirnya mencegah penyakit stroke. Baca lebih banyak tentang ” Manfaat Kalium Bagi Tubuh dan Kesehatan”

10 Makanan Dengan Kandungan Kalium / Potassium tertinggi

10 Makanan yang mengandung kalium tertinggi

1. Buah Pisang

Anda mungkin sudah tahu bahwa buah pisang terkenal sebagai sumber kalium yang baik, kandungan kalium pada pisang adalah 400 mg kalium .

Pisang juga merupakan buah yang mampu memasok kebutuhan energi bagi tubuh, bahkan lebih tinggi manfaatnya dari minuman berenergi. Selain kaya akan energi dan kalium, pisang juga merupakan sumber serat yang baik juga vitamin B6 dan vitamin C.

Buah segar yang tinggi kalium lainnya termasuk melon, kiwi, jeruk, dan buah stroberi. Kabar baiknya, buah yang tinggi kalium umumnya juga rendah kolesterol dan bagus bagi kesehatan secara keseluruhan.

2. Buah Alpukat

Siapa sih yang tak kenal kelembutan buah alpukat?…. selain lezat, alpukat dikenal sebagai buah paling bernutrisi didunia. Hal ini juga termasuk kaya akan kalium, kandungan kalium pada alpukat sekitar 975 mg dalam satu buah alpukat saja. Tak cuma itu, buah yang legit ini juga menyediakan banyak vitamin dan asam lemak yang menyehatkan jantung, plus secara alami bebas natrium dan kolesterol.

3. Ubi jalar

Banyak macam dari ubi jalar, dari yang berwarna merah, ungu, oranye, atau putih semuanya merupakan sumber kalium alami yang baik.  Kandungan kalium pada ubi jalar adalah 900 mg kalium bisa ditemukan dari sebuah ubi jalar.

Makanan ini juga menyediakan karbohidrat kompleks, vitamin C, vitamin A, vitamin B6, dan zat besi. Namun Anda perlu mengolah dengan cara yang lebih sehat dengan direbus atau panggang, namun hindari mentega atau tambahan gula dan minyak.

4. Sayuran hijau

Sayuran yang berdaun hijau bisa menjadi sumber kalium terbaik, seperti bayam, bok choy, atau brokoli. Sayuran hijau umumnya merupakan sumber gizi tinggi yang kebanyakan terdiri dari vitamin dan mineral namun rendah kalori.

5. Tomat Kering

Tomat segar sebenarnya juga mengandung kalium, namun jumlahnya akan semakin meningkatketika sudah dimasak menjadi pasta tomat, saus tomat, atau tomat kering, kandungan kalium pada tomat adalah 1.800 mg potasium per cangkir. Selain rendah lemak, tomat kering juga tinggi akan serat, protein, dan vitamin C dan berperan membantu mempromosikan kesehatan pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tomat juga tinggi lycopene, antioksidan yang hanya ditemukan dalam tomat.

6. Kacang merah

Kacang merah merupakan makanan sumber kalium tinggi, sekaligus juga tinggi serat. Dengan demikian sangat bagus bagi yang ingin mendapatkan manfaat kombinasi serat dan kalium untuk jantung sehat dari makan kacang merah. Kacang lain juga mengandung kalium, termasuk kacang hijau, kacang almond, kacang hitam, dll.

7. Susu dan produk susu

Buah-buahan dan sayuran adalah salah sumber kalium terbaik, namun produk susu juga bisa membantu menambah asupan mineral penting ini dari diet sehat. Secangkir susu bisa menyediakan lebih dari 300 mg kandungan kalium, namun pada umumnya semakin tinggi lemak dalam susu, maka semakin rendah kadar kaliumnya. Yogurt juga mengandung kalium, antara  300 hingga 500 mg per cangkir, tergantung jenis.

8. Ikan laut

Kebanyakandari jenis ikan juga tinggi kalium. Ikan seperti ikan salmon, tuna,  dan cod merupakan sumber tertinggi kalium. Tak hanya itu, ikan-kan laut ini juga kaya akan asam lemak omega 3 dan vitamin D. Selain seafood, daging merah seperti daging sapi atau domba, serta ayam  juga mengandung tinggi kalium.

9. Buah Kering

Ketika disajikan dalam bentuk kering, tingkat nutrisi menjadi lebih terkonsentrasi pada buah kering. Aprikot kering, buah plum kering,  persik kering, kismis, atau buah kurma, tinggi kalium dan selalu tersedia dipasaran.

10. Telur

Selain merupakan makanan yang menyediakan lebutuhan kalim yang tinggi, telur merupakan sumber protein hewani terbaik,  kolin, dan beberapa mineral penting. Hanya saja, telur menyediakan jumlah kalium yang sama banyaknya dengan natrium, serta tinggi lemak dan kalori.

10 makanan yang menyediakan kandungan kalium tinggi. Seperti yang sudah kita jelaskan, kalium memang sangat penting bagi kesehatan secara keseluruhan, dan untungnya sebagian besar makanan yang kita konsumsi bisa memberikan banyak  kalium bagi tubuh.

Makanan tertinggi di potassium adalah dari jenis buah dan sayuran, dan tak hanya itu saja, mereka juga tinggi antioksidan, mineral, serat dan vitamin juga rendah kolesterol.

10 manfaat kalium untuk kesehatan tubuh

10 manfaat kalium untu kesehatan tubuh
Ilustrasi Wanita kekurangan Kalium

1. Menjaga Fungsi Otak yang optimal

Otak bisa  bekerja dengan kurang baik jika tubuh kekurangan kalium. Kalium bagi otak kita berperan membantu mengirimkan oksigen lebih banyak, sehingga memungkinkan bagi otak untuk melakukan tugasnya dengan baik.

Jika tidak mendapatkan cukup kalium, maka otak bisa kekurangan oksigen sehingga membuatnya terganggu. Untuk dapat memiliki jumlah kalium yang baik, kurangi makanan olahan dan memperbanyak makan sayuran dan buah segar.

2. Fungsi Otot Lebih Baik

Otot-otot melakukan banyak tugas dalam membantu aktifitas Anda sehari-hari. Jika tubuh kekurangan kalium maka sulit bagi Anda untuk dapat bekerja dengan tanpa merasa lelah.

Jika Anda sedang mencoba untuk membangun massa otot, atau menjaga otot Anda supaya tetap sehat seumur hidup, maka kalium sangat dibutuhkan.

Salah satu dari gejala metabolisme yang rendah adalah kelemahan bahkan kerusakan otot, sehingga untuk menjaga otot Anda sehat maka penting untuk mengonsumsi makanan yang tinggi kalium. Buah pisang, buah alpukat, atau kismis adalah beberapa makanan yang baik untuk meningkatkan asupan kalium Anda.

3. Menurunkan risiko penyakit Jantung

Cukup mendapatkan asupan kalium akan menurunkan risiko menderita masalah jantung termasuk stroke dan sakit jantung. Jika Anda sudah didiagnosis dengan masalah jantung, Anda mungkin perlu untuk meningkatkan asupan kalium.

Menariknya, makanan yang kaya kalium kebanyakan sekaligus mengandung antioksidan dan mineral lain yang penting untuk mendukung kesehatan jantung. Untuk melengkapi profil kesehatan jantung Anda,  pastikan Anda memperoleh cukup olahraga setiap hari, seperti berjalan, berlari, berenang, dsb Kalium bermanfaat untuk fungsi sistem kardiovaskular dengan mengatur tekanan darah, sehingga tidak menciptakan ketegangan pada pembuluh darah arteri dan meringankan kerja jantung .

Dalam keadaan yang lebih santai, jantung dan arteri bisa berfungsi dengan lebih baik sehingga akan meningkatkan kesehatan untuk sekarang dan nanti.

4. Menjaga keseimbangan cairan

Asupan kalium yang cukup setiap hari akan membantu tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan. Kalium adalah salah satu bagian dari semua mineral yang dibutuhkan, dan penting untuk memastikan bahwa Anda telah mendapatkan semua mineral penting untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam darah Anda.

Makanan cepat saji dan beberapa makanan ringan seperti keripik mengandung banyak natrium dair kadar garam yang banyak ditambahkan. Kelebihan natrium akan meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan risiko terkena hipertensi. 

Untuk itu diperlukan kalium dan kalsium untuk membantu menciptakan keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Minum cukup air juga sangat penting untuk keseimbangan cairan yang tepat.

5. Menciptakan Tulang yang sehat dan Kuat

Kalium merupakan salah satu mineral kunci untuk tulang sehat. Jadi tak hanya kalsium saja mineral yang penting bagi kesehatan tulang, kalium juga penting. Seiring dengan kalsium, fosfor, mangan, dan mineral penting lainnya, kalium juga berperan dalam menjaga tulang yang kuat dan sehat. Tulang membutuhkan jumlah mineral yang tepat untuk dapat mencegah penyakit seperti osteoporosis.

6.  Mengurangi  Tingkat Stres

Tingkat kalium yang tepat adalah kunci untuk menangani berbagai pemicu stres dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini karena kalium membantu mengatur tekanan darah, sehingga Anda hanya akan merasa kan sedikit  stres ketika tekanan darah normal dan sehat. Kalium juga membantu mengendurkan otot, sehingga akan membuat Anda tidak mudah tegang.

7. Menjaga tingkat Tekanan Darah

Tekanan darah yang tinggi adalah sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Memperoleh jumlah kalium yang tepat  setiap hari akan membantu menurunkan tekanan darah Anda, namun harus disandingkan dengan diet  tekanan darah dan gaya hidup yang sehat. Tekanan darah tinggi adalah prekursor untuk serangan jantung, stroke, dan diabetes.

Jangan biarkan diri Anda rentan terhadap kondisi yang berpotensi tinggi terhadap kematian ini. Untuk itu,  fokuslah pada asupan kalium yang cukup yang disertai dengan diet dan gaya hidup sehat. Kalium bekerja melemaskan pembuluh darah, sehingga darah dapat mengalir lebih lega sehingga bisa menurunkan tekanannya.

Tentu saja hal ini bukan satu-satunya faktor untuk menjaga tekanan darah, sehingga Anda masih perlu untuk berkonsultasi dengan dokter untuk membuatnya tetap terkendali dalam kisaran pengukuran tekanand darah yang sehat.

8. Meningkatkan metabolisme tubuh

Kalium membantu meningkatkan metabolisme tubuh yang lambat dan membawanya kembali ke tingkat yang efektif. Jika Anda pernah mengalami kesulitan menurunkan berat badan saat diet, hal tersebut bisa dikarenakan metabolisme tubuh yang lambat yang diperburuk oleh kadar kalium yang rendah.

Kalium membantu tubuh untuk memecah dan memetabolisme makanan dengan cara membantu pekerjaan mineral lain. Hal ini artinya kalium merupakan salah satu komponen penting untuk fungsi metabolisme tubuh Anda.

9. Meningkatkan kinerja sistem saraf

Mengkonsumsi secara teratur makanan kaya kalium akan bermanfaat untuk saraf. Sistem saraf adalah sistem yang kompleks yang bertugas untuk mengirimkan sinyal ke seluruh tubuh sehingga Anda mampu berinteraksi dengan dunia di sekitar Anda.

Kalium memang bukan satu-satunya, tapi jika Anda mendapatkan jumlah kalium yang memadai dari diet, maka hal ini akan membuat saraf berfungsi dengan optimal. Kalium membuat sistem saraf bisa berfungsi dengan cara yang seharusnya, dengan cara membantu tubuh ditingkat sel.

10. Mencegah Kram Otot

Salah satu gejala yang mungkin dari tubuh kekurangan kalium adalah otot-otot yang mudah kram tanpa penyebab yang diketahui dengan jelas.

Jika Anda merasa sering mengalami kram otot setelah melakukan kegiatan fisik yang berlebihan, mungkin penyebabnya bukan karena kakurangan kalium. Tetapi jika Anda mengalami kram otot padahal otot belum digunakan secara maksimal, maka Anda mungkin perlu memperhatikan asupan kalium Anda.

Otot berkedut juga bisa dikatakan sebagai pertanda awal kekurangan. Kalium bekerja dengan membantu jaringan tubuh untuk bersantai, sehingga kekurangan dapat menciptakan ketegangan otot dan membuatnya menjadi  mudah kram.

Anda hanya cukup untuk memperolehnya dari mengonsumsi makanan yang terdiri dari buah dan sayur-sayuran

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top