Health

10 Manfaat Susu Kunyit, Minuman Tradisional Asal India

resep dan manfaat susu kunyit

This post is also available in: English

Susu Kunyit adalah campuran susu dan kunyit merupakan minuman tradisional yang populer di India. Meskipun belum begitu populer di Indonesia, campuran susu dan kunyit ini memiliki berbagai manfaat yang luar biasa.

Berikut sejumlah manfaat susu kunyit :

1. Memperlancar pencernaan
Apabila pencernaan Anda kurang lancar, barangkali konsumsi campuran susu dan kunyit ini dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah ini. Konon, campuran susu dan kunyit ini telah terbukti dalam mengurangi rasa kembung dan melancarakan pencernaan.

Untuk memperoleh manfaat tersebut, Anda dapat meminum campuran ini ketika hendak tidur dan silahkan rasakan sendiri manfaatnya ketika bangun pagi pada keesokan harinya. Niscaya, pencernaan Anda akan terasa lebih baik.

2. Meredakan nyeri sendi dan arthritis
Nyeri sendi yang biasanya diderita oleh para manula kini dapat diatasi dengan mengkonsumsi campuran susu dan kunyit. Hal ini dikarenakan konsumsi campuran susu dan kunyit juga dipercaya untuk meredakan nyeri sendi, mengurangi pembengkakan akibat arthritis serta memperkuat tulang.

3. Mencegah kanker
Kandungan antioksidan pada susu dan senyawa kukurmin pada kunyit dapat menjadi gabungan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas pemicu penyakit kanker. Kandungan antioksidan pada campuran susu dan kunyit ini juga dapat berfungsi untuk meningkatkan fungsi hati, menghambat sistesis protein maupun menghancurkan sel-sel kanker yang bermutasi di dalam tubuh.

4. Meredakan sakit kepala
Kandungan nutrisi dan antioksidan yang terkandung dalam campuran susu dan kunyit konon juga dipercaya dapat mengobati sakit kepala, yang terutama disebabkan oleh kemacetan.

5. Meningkatkan fungsi otak
Kandungan senyawa kukurmin yang terdapat dalam kunyit pada campuran susu dan kunyit juga dapat berguna untuk meningkatkan kecerdasan, memori dan fungsi otak karena terbukti dapat meningkatkan faktor Brain Derived Neurotriphic (BDNF). Hal ini membuat tubuh tercegah dari penyakit degenerasi otak seperti Alzheimer maupun depresi.

6. Membantu menurunkan berat badan
Senyawa yang terkandung dalam kunyit pada campuran susu dan kunyit juga dipecaya dapat membantu tubuh untuk memecah lemak sehingga dapat membantu dalam penurunan berat badan. Untuk memperoleh manfaat ini, Anda dapat mengkonsumsi campuran susu dan kunyit tanpa gula maupun pemanis lainnya secara rutin. Konon niscaya perlahan-lahan, berat badan Anda akan sedikit demi sedikit berkurang.

7. Menjaga kesehatan jantung
Selain manfaat di atas, senyawa kukurmin pada kunyit yang terkandung dalam campuran susu dan kunyit ternyata juga dapat berguna untuk menghambat perkembangan aterosklerosis dan penyakit jantung serta mencegah proses oksidasi yang dapat menyebabkan kerusakan pembuluh saraf dan pembentukan plak yang memicu serangan jantung dan stroke. Campuran susu kunyit ini juga dipercaya dapat membantu menurunkan kadar homosistein yang dapat merusak dinding pembuluh darah pada tubuh Anda.

8. Meredakan kram perut pada saat menstruasi
Kunyit pada campuran susu dan kunyit memiliki sifat antispasmodic yang dapat meredakan kram perut saat menstruasi. Hal ini sangat membantu para wanita ketika menghadapi sakitnya kram perut ketika menstruasi berlangsung.

9. Meredakan batuk dan pilek
Sekali lagi, senyawa kurkumin pada campuran susu dan kunyit ini berguna bagi tubuh manusia salah stunya adalah sebagai antivirus dan anti inflamasi. Dikarenakan senyawa kukurmin pada kunyit dan kandungan vitamin dan protein pada susu, campuran susu dan kunyit ini dapat membantu meredakan gejala batuk kering dan pilek serta bahkan dapat mempercepat proses penyembuhan.

10. Membersihkan racun dalam tubuh manusia
Dengan mengkonsumsi campuran susu dan kunyit, kinerja hati Anda dapat meningkat serta aliran darah dapat menjadi semakin lancar sehingga proses pengeluaran racun-racun dalam tubuh jug adapt berjalan dengan lancar.

Resep dan Cara Membuat Susu Kunyit

resep dan manfaat susu kunyit
Susu Kunyit

Cara membuat susu kunyit sangat mudah berikut resep dan step by step bagaimana cara membuat susu kunyit.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat susu kunyit :

  • 1/2 gelas (120 ml) susu sapi atau susu alternatif sapi lainnya, tanpa pemanis
  • 1 sdt kunyit
  • 1 potong kecil jahe segar parut atau 1/2 sdt bubuk jahe
  • 1/2 sdt bubuk kayu manis
  • sejumput lada hitam
  • 1 sdt madu atau sirup maple (opsional)

Campurkan semua bahan ke dalam panci yang berisi air panas.

Kecilkan api, biarkan airnya mendidih selama 10 menit atau sampai tercium bau kunyit yang khas.

Saring minuman tersebut dan masukkan pada gelas. Kemudian, sajikan dengan “sendok” kayu manis.

Minuman ini dapat bertahan selama 5 hari jika disimpan dalam kulkas.

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Manfaat Susu Beruang Atau Bear Brand Yang Perlu Anda Ketahui - LoperOnline.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top