Health

100-an Anak RI Terjangkit Gagal Ginjal Misterius, Ada Kaitannya dengan COVID-19?

Gagal Ginjal Misterius pada Anak

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyampaikan adanya peningkatan kasus gagal ginjal misterius yang menjangkiti anak-anak. Diketahui, sebanyak 131 anak dilaporkan sudah terinfeksi penyakit ini,

Kata dokter spesialis anak dr Henny Adriani, SpA(K), kenaikan kasus ini mulai terlihat dalam dua bulan terakhir. Kondisi ini kebanyakan dialami anak-anak di bawah usia 6 tahun.

“Di dua bulan terakhir ada lonjakan kasus gagal ginjal akut daripada yang biasa kita temukan,” kata dr Henny di Youtube IDAI TV, Senin (10/10/2022).

Berikut beberapa hal terkait temuan kasus gagal ginjal anak misterius pada anak:

Belum Diketahui Penyebabnya

Menurut penjelasan Henny, penyebab gagal ginjal yang menyerang anak-anak ini masih belum diketahui. Menurut pengamatan yang dilakukan, kasus perburukan gangguan ginjal ini lebih cepat dari yang sebelumnya ditemukan.

“Penyebabnya sampai saat ini belum kita ketahui, kami masih mempelajari, apa yang hal tidak biasa yang kita temui di anak-anak ini (dibandingkan) kasus sebelumnya sambil kami terapi anak-anak ini terkait kondisi tersebut,” jelasnya.

“Kita menggunakan istilah gangguan ginjal akut progresif untuk kasus ini karena kasusnya cepat dan tidak seperti biasanya,” imbuh dia.

Lihat Juga: Gara-gara Paracetamol, 66 Anak Gambia Meninggal Gagal Ginjal

Gejala Gagal Ginjal Misterius pada Anak

Dr Henny mengatakan anak-anak yang terserang penyakit ini dilaporkan lebih cepat mengalami perburukan dan seringkali terjadi secara mendadak.

“Dia mengalami demam, diare, kemudian ada gangguan saluran napas, atau mungkin muntah ya, kemudian kita harus memperhatikan produksi air kencing anak kita. Kita harus memastikan dia mendapatkan cairan yang cukup, kita harus rajin-rajin buka popoknya, urinenya berkurang nggak ya daripada biasanya,” beber dr Henny.

Beberapa gejala gagal ginjal misterius pada anak yang banyak dilaporkan, yaitu:

  • Demam
  • Diare
  • Intensitas buang air kecil menurun
  • Batuk pilek
  • Kejang
  • Badan membengkak

Ada Kaitannya dengan COVID-19?

Meski belum diketahui penyebabnya secara pasti, namun pakar mengaitkan penyakit ini dengan COVID-19.

“Kami melihat sebagian besar punya bukti terhadap infeksi COVID baik saat ini, walaupun sudah terjadi sebelumnya,” ungkap dr Henny.

Kebanyakan pasien yang mengalami gangguan ginjal misterius ini berusia kurang dari 6 tahun. Artinya, di usia itu mereka belum mendapatkan imun COVID-19 sebab belum divaksinasi.

Meski demikian, kaitan antara gagal ginjal misterius dengan COVID-19 masih diteliti.

“Lantas kita berpikir apakah ini berhubungan, kita belum bisa mengkonfirmasi tapi kita tetap berpikir ada kaitan,” tutupnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top