Health

2 Jenis Minyak Sehat, Baik Bagi Jantung hingga Bisa Bikin Umur Panjang Loh!

2 Jenis Minyak Sehat, Baik Bagi Jantung hingga Bisa Bikin Umur Panjang Loh!

Apa dua jenis minyak sehat yang diklaim baik bagi tubuh? Berikut jawabannya.

Apa yang kita konsumsi akan mempengaruhi kesehatan tubuh. Makanan bahkan disebut dapat memperpanjang atau memperpendek umur, tergantung dengan pola makan kita.

Di dunia ada lima wilayah yang dikenal sebagai zona biru yang memiliki rata-rata usia penduduknya hampir 100 tahun. Bukan saja panjang umur, orang-orang yang hidup di lima wilayah ini pun sehat secara fisik.

Seperti melansir Well and Good, lima wilayah tersebut yaitu Okinawa (Jepang), Ikaria (Yunani), Loma Linda (California), Nicoya (Costa Rica) dan Sardinia (Italia).

Ahli nutrisi Tammy Lakatos Shames mengatakan, orang-orang di lima wilayah tersebut sebagian besar memiliki pola makan nabati dan berpikiran positif serta tetap terhubung dengan keluarga.

Menggunakan 2 Jenis Minyak Goreng Sehat

Bukan saja selalu berpikir positif, konsumsi minyak goreng ternyata juga berpengaruh pada kesehatan dan umur seseorang. Mereka menggunakan minyak yang diklaim sehat dan kaya vitamin.

Inilah dua jenis minyak goreng sehat yang diklaim dapat memperpanjang usia dan banyak digunakan oleh masyarakat di lima wilayah zona biru tersebut.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung asam lemak omega-3 yang baik bagi kesehatan jantung. Selain mengandung lemak bermanfaat, minyak zaitun juga menjadi sumber antioksidan. Minyak zaitun terbuat dari perasan buah zaitun.

Lihat Juga: Manfaat Minyak Zaitun dan Khasiatnya

Di pasaran tersedia banyak jenis, mulai dari minyak zaitun murni, virgin hingga extra virgin. Minyak zaitun virgin dan ekstra virgin diproses dengan pengepresan dingin. Jenis minyak sehat satu ini sudah sejak lama disebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah menurunkan risiko jenis kanker tertentu dan mengontrol gula darah serta kolesterol.

Minyak Alpukat

Minyak alpukat berasal dari buah alpukat yang terdiri dari sekitar 60% minyak. Banyak studi telah mengaitkan minyak alpukat dengan kesehatan, termasuk menekan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida.

Jenis minyak sehat satu ini memiliki rasa ringan bahkan dapat dikonsumsi mentah. Secara nilai gizi dan kegunaan, minyak alpukat sangat mirip dengan minyak zaitun.

Seperti minyak zaitun extra virgin, minyak satu ini juga diperas dingin tak dimurnikan dan mempertahankan beberapa rasa maupun warna buahnya sehingga warnanya pun terlihat kehijauan.

Lihat Juga: Manfaat Daun Alpukat Sebagai Obat Herbal

Minyak alpukat juga bisa dioleskan secara langsung ke kulit untuk melembabkan. Selain itu, salah satu jenis minyak sehat ini juga banyak ditemukan di produk kosmetik maupun produk perawatan kulit.

Itulah dua jenis minyak sehat yang diklaim memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh hingga dapat mempengaruhi usia seseorang.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top