Health

4 Waktu Tepat Tes Kehamilan Menggunakan Test Pack

4 Waktu Tepat Tes Kehamilan Menggunakan Test Pack

Bagi pasangan suami istri, terutama mereka yang berencana memiliki anak, positif hamil merupakan hal yang dinanti-nanti. Banyak faktor yang kemudian membuat  pasangan memutuskan untuk tes kehamilan menggunakan test pack.

Test pack adalah alat pendeteksi yang paling banyak digunakan. Selain mudah dipakai dan dapat dilakukan secara pribadi di rumah, tingkat akurasi test pack pun mencapai 99,9%. Hal tersebut akhirnya menjadi acuan. Jika positif, maka hamil. Sebaliknya, jika negatif, maka tidak hamil. Benarkah demikian mutlaknya? Jawabannya, belum tentu.

Penggunaan test pack yang kurang tepat, seperti tidak mengikuti petunjuk pemakaian, waktu yang tidak sesuai atau test pack sudah melewati batas kadaluarsa, bisa menyebabkan hasil tes kurang akurat. Untuk itu kita perlu tahu kapan saja waktu tepat menggunakan test pack.

Minimal Dua Minggu Setelah Terlambat Haid

Terlambat haid merupakan salah satu tanda kehamilan. Namun, jangan terburu-buru. Bisa saja terlambat haid karena faktor lain seperti disebabkan oleh hormon, stres atau terlambat haid karena pengaruh dari pil atau suntik KB.

Test Pack mendeteksi kehamilan lewat hormon hCG (Human Chorionic Gonadotoprin), maka tunggulah sampai 2-4 minggu setelah terlambat haid dimana hormon tersebut baru dapat terdeteksi pada waktu tersebut.

4 Waktu Tepat Tes Kehamilan Menggunakan Test Pack

Dua minggu terlambat haid adalah waktu ideal untuk melakukan tes kehamilan.

Perlu diketahui, siklus haid yang normal bukan berarti tanggal haid sama setiap bulannya. Siklus haid normal adalah 21-28 hari.

Setelah Mengalami Tanda-Tanda Kehamilan

Tubuh kita sensitif dalam merasakan perubahan sekecil apapun. Jika mengalami tanda-tanda kehamilan maka sebaiknya melakukan tes kehamilan, salah satunya menggunakan test pack.

Tanda-tanda kehamilan mesti cepat Anda sadari untuk segera memutuskan akan melakukan tes kehamilan atau tidak. Jika hasil tes menunjukkan positif, periksa ke dokter Anda untuk mendapat pengarahan dan penanganan yang tepat. Berikut ini tanda-tanda kehamilan yang umum terjadi:

  • 2-4 Minggu Terlambat Haid
  • Mual dan Muntah
  • Perut Kram
  • Punggung Nyeri
  • Pusing
  • Payudara Nyeri
  • Penciuman Lebih Sensitif
  • Ngidam
  • Emosi Tidak Stabil
  • Keluar Flek Darah Seperti Menstruasi

Jika Anda mengalami tanda-tanda seperti di atas, maka sebaiknya lakukan tes kehamilan. Sekali lagi, jangan terburu-buru. Jika ingin menggunakan test pack untuk mendeteksi kehamilan, tunggulah hingga waktunya cukup meski tanda-tanda di atas sudah Anda alami.

Gunakan Test Pack Pagi Hari

Seperti yang tertera pada petunjuk pemakaian test pack, pagi hari adalah waktu terbaik untuk melakukan tes kehamilan. Tampung urin yang pertama kali Anda gunakan setelah bangun tidur di pagi hari. Urin pertama ini memiliki hormon hCG yang masih terkonsentrasi sehingga hasil tes kehamilan lebih akurat.

4 Waktu tepat Tes Kehamilan Menggunakan Test Pack

Tes hCG melalui urin pagi hari lebih akurat.

Untuk beberapa merek test pack, ada yang penggunaannya tidak harus di pagi hari. Pastikan Anda teliti dan cermat dalam penggunaannya.

Lakukan Tes Ulang

Jika Anda merasa sudah benar menggunakan test pack dan tanda-tanda kehamilan terus berlangsung namun hasil tes menunjukkan negatif, maka jangan menyerah dan lakukan lagi tes ulang pada waktu berikutnya.

Kapan waktu tepat untuk hormon hCG terkonsentrasi berbeda-beda bagi setiap orang. Ada yang 40 hari usia kehamilan hormon hCG baru terdeteksi, sebaliknya malah ada yang cepat terdeteksi. Kondisi ini berbeda-beda dan tergantung kondisi Anda.

Perhatikan pula jenis atau merek test pack yang Anda gunakan. Tidak ada salahnya mencoba merek lain demi mendapatkan hasil yang lebih akurat. Semakin mahal sebuah test pack, semakin sensitif produk tersebut mendeteksi adanya hormon hCG dalam tubuh kita.

Itulah 4 waktu tepat melakukan tes kehamilan menggunakan test pack. Semoga bermanfaat dan Anda sehat-sehat selalu.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top