Health

5 Alasan untuk Mulai Mengkonsumsi Creatine Sekarang

manfaat creatine

This post is also available in: English

Banyak manfaat yang didapat dari creatine, seperti menghasilkan otot sehingga lebih berenergi, memperkuat jantung, hingga menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti parkinson, rematik hingga distrofi pada otot.

Manfaat creatine yang cukup banyak membuat banyak orang menggunakannya, khususnya untuk suplemen saat berolahraga. Namun banyak juga yang tidak mau mengkonsumsinya karena creatine menimbulkan efek samping seperti masalah pada ginjal, diare, atau membuat sistem pencernaan terganggu. Padahal bila digunakan dalam dosis yang tepat, creatine bisa jadi sangat bermanfaat bagi tubuh.

Artikel ini akan menawarkan pada Anda beberapa alasan yang tepat agar mengkonsumsi creatine sekarang, karena produk ini akan membantu Anda dalam banyak hal. Mari kita lihat beberapa manfaatnya!

1. Meningkatkan Performa saat Workout

Mungkin sudah menjadi pilihan yang mutlak bahwa creatine adalah suplemen yang sangat cocok untuk workout, ini karena sudah banyak penelitian yang menunjukan bahwa creatine mampu meningkatkan performa saat workout, aerobik atau kegiatan olahraga lainnya.

Cara kerja yang dilakukan creatine saat sedang workout adalah dengan fokus memberikan asupan energi ekstra saat latihan, meningkatkan kekuatan, bahkan mampu untuk merangsang pertumbuhan massa atau volume tubuh.

Khasiat dari creatine tidak sampai disitu saja, produk creatine yang bila dipilih dengan tepat juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi peradangan, atau kerusakan sel saat latihan yang intens.

Dilansir dari life of science menunjukan bahwa pelari yang mengkonsumsi selama 5 hari sebelum perlombaan sejauh 30 Km memiliki gejala peradangan dan nyeri otot lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya. Selain itu, penggunaan creatine juga mampu mengurangi kram dan menjaga suhu tubuh saat berolahraga. Sudah terbukti bahwa creatine sangat diperlukan sebagai suplemen olahraga.

2. Creatine Membantu Meningkatkan Kepadatan Tulang

Creatine bisa menjadi solusi yang tepat dalam investasi masa depan untuk tulang. Dengan asupan mineral yang tinggi, membuat Anda akan terhindar dari patah tulang yang sering terjadi akibat osteoporosis. Penggunaan creatine ini tentunya harus diimbangi dengan olahraga teratur.

Setiap tahun, ada 8.9 juta orang meninggal di dunia yang diakibatkan oleh patah tulang, dengan spesifik 1 banding 3 untuk perempuan dan 1 banding 5 untuk pria yang berada pada umur 50 tahun. Inilah mengapa creatine sangat dibutuhkan bagi tubuh dan patut dikonsumsi sekarang juga.

3. Memiliki manfaat yang dapat Meningkatkan Kinerja Otak

Selain otot, creatine juga mampu untuk meningkatkan kinerja otak Anda. ini dikarenakan creatine memiliki kandungan kreatin fosfat atau PCr, yang dapat menjadi sumber energi yang baik bagi otot dan terutama otak Anda.

Ada satu penelitian yang menunjukan bahwa penggunaan creatine selama 5 hari berturut-turut ternyata mampu untuk mengurangi kelelahan mental secara signifikan  serta mampu meningkatkan peningkatan oksigen di dalam otak. Selain itu penggunaan creatine juga bisa untuk meningkatkan dan mempertahankan fungsi kognitif, sehingga kinerja otak menjadi meningkat dan maksimal.

4. Bisa mencegah kelelahan tubuh

Creatine juga bisa dianggap sebagai suplemen yang mampu mencegah kelelahan pada tubuh. Seperti yang dilansir dari National Library of Medicine yang menunjukan bahwa hanya 10% orang yang mengkonsumsi creatine setelah mengalami cedera otak traumatik mengalami kelelahan/fatigue dibandingkan yang lainnya.

Selain mengurangi kelelahan/fatigue ternyata creatine juga mampu mengurangi rasa pusing dan rasa lelah selama berolahraga.

5. Suplemen Bermanfaat yang Aman untuk Dikonsumsi

Creatine sudah dipercaya sebagai minuman yang bermanfaat bagi tubuh, namun banyak mitos yang mengatakan bahwa creatine tidak sehat dan menimbulkan berbagai macam penyakit.

Bila dikonsumsi dengan takaran yang pas seperti 5 gram perhari, creatine sudah bisa dirasakan manfaatnya. Usahakan untuk tidak berlebihan, karena dapat menyebabkan sakit  perut hingga gangguan ginjal.

Penutup

Bila Anda rasa bahwa creatine bermanfaat, Anda bisa mencoba untuk melihat berbagai tips yang dapat Anda perhitungkan sebelum membeli creatine. Beberapa di antaranya adalah dengan pilih jenis creatine sesuai kebutuhan, pastikan konsumsi creatine bersamaan dengan kegiatan olahraga, dan tentunya pilih creatine dengan merk yang sudah dikenal oleh orang banyak.

Dengan melakukan hal tersebut setidaknya creatine yang digunakan dapat membuat energi semakin bertambah dan membuat Anda bertenaga untuk melakukan olahraga yang dilakukan.

Itulah 5 Alasan untuk Mulai Mengkonsumsi Creatine Sekarang, semoga Anda akan mendapat creatine yang sesuai kebutuhan dan membuat stamina Anda menjadi lebih kuat. 

To Top