Health

5 Cara “Cerdik” ini, Atasi Pembunuh No. 1 Di Dunia

5 Cara “Cerdik” ini, Atasi Pembunuh No. 1 Di Dunia

Tahukah anda semua, jika penyakit kardiovaskuler merupakan penyebab kematian nomor satu setiap tahunnya di seluruh dunia, baik untuk negara yang berkembang maupun negara maju. Berdasarkan data Kemenkes RI, setiap tahunya hipertensi menyebabkan minimal 45% kematian karena penyakit jantung dan 51% kematian terjadi karena penyakit stroke.

Namun alangkah baiknya, jika anda mulai dari dini untuk melakukan pencegahan terjadinya penyakit kardiovaskuler melalui perilaku CERDIK. Apa itu CERDIK? CERDIK yaitu: rajin Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok dari hidup anda, Rajin aktivitas fisik seperti berjalan, Diet sehat dengan kalori seimbang untuk tubuh anda, Istirahat cukup, dan Kelola stress anda. Anda CERDIK, maka masa muda dan masa tua sehat nikmat terhindar dari penyakit.

Aplikasikan Sistem Cerdik

Penyakit kardiovaskuler adalah suatu penyakit yang disebabkan gangguan fungsi jantung dan pembuluh darah. Terdapat beberapa macam penyakit kardiovaskuler, dimana stroke dikenal pula sebagai silent killer. Untuk mencegahnya kita menggunakan 5 cara, pertama:

  1. Cek kesehatan secara berkala

Cek kesehatan secara berkala disebut juga dengan medical check up. Medical check up bisa dikatakan sebagai rangkaian uji kesehatan secara menyeluruh secara berkala. Tujuan dlakukannya medical check up yaitu untuk membandingkan kondisi seseorang dari satu waktu ke waktu lainnya agar dapat secara dini mendeteksi penyakit tertentu sehingga dapat melakukan pencegahannya. Karena terdapat beberapa penyakit (termasuk didalamnya penyakit kardiovaskuler) yang tidak menunjukkan gejala penyakit, sehingga hal inilah yang mendasari penting untuk dilakukan medical check up.

Medical check up sendiri dimulai dengan pemeriksaan awal. Tujuan dilakukannya pemeriksaan awal adalah untuk mengetahui riwayat kesehatan seseorang. Selanjutnya dilakukanlah pemeriksaan fisik dan penunjang seperti uji laboratorium serta melakukan uji radiologi.

Medical check up dapat dilakukan pada seseorang mulai usia produktif bukan hanya untuk usia lansia, dengan idealnya melakukanya 2 kali dalam setahun atau setiap 6 bulan sekali.

  1. Enyahkan asap rokok

Mengapa harus mengenyahkan asap rokok? Karena kandungan dalam rokok banyak terdapat racun selain racun utama (tar, nikotin, dan karbon monoksida) di antaranya:

  • Asam asetik (bahan pembersih lantai)
  • Sodium hidroksida (bahan pembersih bulu kaki/ketiak yang memberi efek panas dan perih)
  • Naptalin (bahan pewangi toilet deodorizer), dll

Bagaimana jika semua racun yang ada di dalam asap rokok terhirup oleh seseorang? Pastinya seseorang yang terkena asap rokok terutana perokok pasif cenderung memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena berbagai penyakit seperti hipertensi, gagal jantung, hati, keguguran, dan lain-lain.

Tanamkanlah dalam diri kalian, jika berhenti merokok bukanlah sebuah pengorbanan tetapi langkah meninggalkan hal yang tidak bermanfaat.

  1. Rajin aktivitas fisik, Diet sehat dengan kalori seimbang

Aktivitas fisik adalah aktivitas untuk melakukan pergerakan tubuh sehingga terjaid pengeluaran energi yang penting bagi pemeliharaan kesehatan fisik dan mental yang baik. Hal ini dapat menjaga hidup tetap sehat dan bugar sepanjang waktu. Terdapat 2 jenis aktivitas fisik yang dapat dilakukan. Pertama kegiatan sehari-hari contohnya berjalan kaki, berkebun, menyapu, mengepel, mencuci baju, dll. Kedua olahraga seperti melakukan push up, berlari-lari, jogging, berenang, yoga, senam aerobik, dan masih banyak yang lainnya.

Sedangkan diet sehat dengan kalori seimbang yaitu pola konsumsi makanan mengandung gizi sesuai dengan kebutuhan tubuh. Kebutuhan zat gizi ini tergantung pada umur, jenis kelamin, berat dan tinggi badan, iklim, dan aktivitas fisik. Jangan pula asal sembarang melakukan diet dengan tanpa memperhatikan asupan gizi, adanya nanti anda terkena penyakit.

  1. Istirahat cukup

Setiap orang membutuhkan istirahat yang cukup agar tubuh kembali bugar. Idelanya tidur yang baik adalah 6-8 jam sehari. Hal-hal yang harus anda lakukan untuk mendapatkan istirahat cukup yaitu:

  • Menghindari konsumsi kopi, rokok dan alkohol karena dapat menyebabkan pola tidur terganggu dan susah tidur (insomnia).
  • Menetapkan waktu tidur yang teratur.
  • Jika melakukan olahraga hendaknya lakukan pagi hari jangan malam hari sebelum tidur dikarenakan tubuh masih dalam kondisi segar nantinya akan susah tidur pada malam hari.
  • Menenangkan pikiran dan mental dengan tidak berpikiran macam-macam menjelang tidur.

Kurang tidur dapat menyebabkan hal-hal yang buruk bagi seseorang diantaranya: hilang fokus sangat mengendarai motor, sulit konsentrasi saat belajar, memicu obesitas, memperburuk kondisi kesehatan tubuh, memicu terjadinya stress, kesehatan kulit menurun dengan kulit terlihat tua, dan sering lupa akan sesuatu.

  1. Kelola stress

Stress adalah situasi dan kondisi yang menekan pada seseorang. Situasi dan kondisi ini dapat berasal dari lingkungan kerja, rumah tangga, maupun sekolah. Reaksi seseorang atas stress dapat negatif (menimbulkan gangguan) maupun positif (tidak menimbulkan gangguan berarti). Reaksi ini didasari bagaimana seseorang dapat mengelola stress mereka.

Tanda seseorang mengalami stress yang menumpuk adalah gelisah, muka pucat, susah tidur/tidak nyenyak, nafsu makan berkurang/berlebih, mudah tersinggung, sult terkonsentrasi, ada keluhan sakit kepala/pusing/sakit perut/maag.

 

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top