Health

5 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Menambah Berat Badan

5 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Menambah Berat Badan

Anda yang selalu memiliki masalah dengan berat badan pasti tahu rasanya ketika segala sesuatu sudah Anda lakukan untuk tetap menjaga berat badan mulai dari diet ketat, olah raga teratur dan aneka tips hidup sehat lainnya tapi tetap saja setiap Anda melihat kearah timbangan, mimpi buruk itu tidak pernah pergi. Well, ternyata ada 5 kebiasaan buruk yang sering Anda lakukan bahkan tanpa Anda sadari dan kebiasaan itu ternyata adalah akar masalah dari berat badannya yang selama ini tetap menolak untuk turun.

 

Kebanyakan Tidur

Para pakar kesehatan selalu menyarankan untuk tidur tidak lebih dari 8 jam sehari. Hal ini tentunya memiliki alasan tersendiri karena ketika Anda kebanyakan tidur, walaupun saat tidur Anda tidak melakukan aktifitas apapun atau tidak makan apapun ternyata aktifitas tidur itu sendiri berdampak buruk terhadap berat badan. Menurut beberapa penelitian, ketika Anda tidur terlalu banyak maka potensi meningkatnya BMI atau Body Mass Index juga tinggi.

Sebaliknya, jika Anda kurang tidurpun tetap tidak baik untuk kesehatan karena saat tubuh kurang istirahat, hormon stress yang dihasilkan justru membuat Anda ingin makan lebih banyak. Jadi sebaiknya tidurlah yang cukup, jangan kebanyakan dan juga jangan terlalu kurang.

 

Tubuh Kurang Mendapatkan Sinar Matahari Pagi

Salah satu kebiasaan pagi hari yang sering Anda lupakan adalah membuka jendela. Ketika Anda terbangun dipagi hari seringnya langsung ke kamar mandi untuk bersiap-siap berangkat kerja dan ketika sampai di luar rumah segera masuk ke dalam kendaraan dan setelah itu menghabiskan seharian di dalam kantor sampai nanti tiba waktu pulang di sore atau malam hari. Sinar matahari pagi tak hanya kaya akan vitamin D tapi ternyata juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga kalori yang dikonsumsi tidak ditumpuk tapi langsung diserap optimal menjadi energi.

5 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Menambah Berat Badan

 

Tempat Tidur Tidak Rapi

Mungkin beberapa dari Anda berfikir, apa hubungannya merapikan tempat tidur dengan naiknya berat badan? Well, ternyata tempat tidur yang rapi dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang sementara tempat tidur yang berantakan berakibat sebaliknya. Seperti yang disebutkan pada poin pertama, tidur yang cukup dapat membantu tubuh Anda berada pada berat ideal. Jadi, rapikan tempat tidur sebelum tidur atau segera rapikan tempat tidur setelah Anda bangun.

 

Lupa untuk Menimbang Berat Badan Secara Teratur

Karena setiap kali melihat ke arah timbangan yang Anda lihat hanyalah sebuah mimpi buruk yang tak mau pergi jadi kebanyakan orang lupa atau memilih untuk tidak terlalu sering menimbang berat Anda. Padahal hal ini penting untuk dilakukan sebagai salah satu media untuk memotivasi Anda. Lakukan setiap pagi segera setelah bangun tidur ketika berat tubuh Anda berada pada posisi akurat, setelah itu tentukan target dan berusahalah dengan keras untuk mencapainya.

 

Sarapan Pagi Terlalu Sedikit

Kebiasaan orang Indonesia menganggap bahwa makan siang adalah saat dimana perlu makan dengan lahap. Padahal sebenarnya sarapan pagilah yang harus menduduki posisi paling tinggi baik untuk kualitas dan kuantitas makanan. Dengan mengkonsumsi cukup nutrisi saat sarapan pagi Anda memiliki waktu yang sangat banyak untuk membakar kalori, sementara ketika jam makan siang tiba Anda tidak akan menjadi terlalu lapar sehingga dapat menghindarkan Anda makan terlalu berlebihan.

5 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Menambah Berat Badan

Dengan mengubah lima kebiasaan buruk tersebut menjadi sebuah kebiasaan positif di keseharian Anda maka menjaga berat badan ideal Anda akan jauh lebih mudah. Walaupun tentu saja, Anda tetap harus melakukan segala jenis kebiasaan baik yang sehat untuk hidup Anda. Saatnya untuk melakukan kebiasaan hidup sehat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top