5 Manfaat Buah Salju Khas Bedugul Bali

Date:

Buah yang viral di TikTok bernama buah salju ternyata menyehatkan dan kaya manfaat loh. Buah yang dalam bahasa Inggris diberi nama ‘Ice Cream Bean’ ini termasuk buah langka di Indonesia.

Buah Salju adalah buah khas Bedugul, Bali. Warna daging buahnya putih dan teksturnya yang lembut. Buah ini viral di TikTok setelah seorang pengguna @diikadik mengunggah video ulasan cita rasa buah ini.

Dalam videonya, TikToker tersebut terlihat menikmati buah khas Bedugul ini. Ia mengatakan bahwa rasa buah salju sangat manis juga enak dan berhasil mengundang rasa penasaran netizen hingga ditonton 3,6 juta kali. Berikut fakta-fakta dan manfaat.

ASAL-USUL BUAH SALJU

Bukan saja ditemui di Bedugul, Bali, ice cream bean atau inga edulis juga dapat dijumpai di Amerika Selatan dan sangat pipuler di Kolombia, Peru dan Venezuela.

Pohon buah satu ini dapat tumbuh hingga 30 meter dan tumbuh subur di daerah tropis maupun daerah dingin. Buahnya mempunyai kulit berwarna hijau dan daging buah berwarna putih. Tekstur daging buahnya pun mirip seperti kapas dan terdapat biji cukup besar di dalamnya.

Mudah Ditemukan di Bedugul – Bali

Saat berkunjung ke Bali, pasti mudah untuk menemukan buah satu ini. Apalagi kalau tengah berkunjung ke Bedugul yang merupakan pusatnya buah salju.

Buah ini banyak dijual di pinggir jalan, biasanya para penjual menggantungkan buah ini di etalase mereka. Buah yang ditawarkan biasanya memiliki kulit berwarna kekuningan yang artinya buah telah matang sempurna.

Menurut beberapa sumber, buah unik ini ditawarkan dengan harga sekitar Rp30.000 – Rp50.000 per kilogram.

Cara Menikmatinya

Buah ini bisa dinikmati langsung seperi buah-buahan lainnya. Kamu bisa membelah kulitnya dan makan bagian daging buah yang berwarna putih.

Karena daging buah ini tidak begitu tebal, kamu harus berhati-hati karena ada biji di dalamnya. Cara memakannya mirip seperti buah cokelat alias kakao, srikaya atau sirsak. Terkait rasanya, buah ini tidak terlalu mais.

Manfaat untuk Diet

Apa manfaat buah tersebut? Simak ulasannya di sini!

Mengutip Fitness vs Weightloss, buah ini diketahui bermanfaat untuk diet. Alasannya karena rendah kalori namun rasanya enak. Karena itulah, ice cream bean ini cocok dijadikan pilihan camilan sehat.

Sementara itu, kandungan nutrisinya yakni 60 kalori dalam 100 gram buah. Ada pula kandungan serat, protein dan karbohidrat yang bermanfaat bagi tubuh. Jadi tidak perlu ragu lagi jika ingin menikmatinya saat diet.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah salju ternyata kaya akan kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, buah ini juga mengandung anti inflamasi yang bisa menangkal peradangan.

Karena itulah, buah ini baik dikonsumsi secara rutin untuk menjaga daya tahan tubuh. Kandungan lain pada buah ini adalah flavonol quercetin, gallic acid dan epicatechin yang bemanfaat untuk menghindari risiko kanker.

Share post:

More like this
Related