Health

5 Manfaat Jeruk Mandarin untuk Kesehatan: Kendalikan Kolesterol - Tekanan Darah

5 Manfaat Jeruk Mandarin untuk Kesehatan

Seperti jenis jeruk lainnya, jeruk mandarin memiliki rasa asam, manis dan menyegarkan. Selain itu, buah yang identik dengan perayaan Imlek satu ini juga kaya nutrisi. Berikut manfaat jeruk mandarin untuk kesehatan:

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Beta-Karatoen dan beta-cryptoxanthin merupakan senyawa yang membuat jeruk mandarin dan keprok memiliki warna oranye tua.

Selain itu, kandungan tersebut merupakan antioksidan yang bisa membantu menekan risiko beberapa jenis kanker. Seperti melansir WebMD, jeruk mandarin mempunyai kandungan beta-karoten dan beta-cryptoxanthin lebih tinggi ketimbang jeruk biasa.

Lihat Juga: Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Beta-Karatoen dan beta-cryptoxanthin akan diubah oleh tubuh jadi vitamin A, yang penting bagi sistem imun, penglihatan dan pertumbuhan yang normal.

Jeruk mandarin juga mengandung vitamin C yang tinggi yang merupakan nutrisi penting untuk sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit dan mempercepat penyembuhan luka.

Perlu diketahui bahwa vitamin C dari makanan lebih bisa diserap tubuh ketimbang vitamin C dosis tinggi yang didapat dari suplemen.

Membantu Mengendalikan Kolesterol

Manfaat Jeruk mandarin lainnya yakni mengurangi kolesterol. Buah satu ini merupakan sumber serat larut yang baik dan bisa membantu merasa kenyang lebih lama.

Serat larut terbukti membantu menekan kolesterol LDL atau yang disebut “kolesterol jahat” sebab bisa terkumpul dalam pembuluh darah dan mengakibatkan gangguan jantung. Dengan mengendalikan kolesterol LDL, kita bisa menurunkan risiko stroke atau serangan jantung.

Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi bisa dikarenakan makan makanan berlemak, terlalu banyak minum alkohol atau merokok. Apabila tidak diatur, hal itu dapat berisiko penyakit jantung.

Mengonsumsi buah yang kaya serat membantu menekan tekanan darah dan menjalani pola hidup yang lebih sehat.

Jeruk mandarin memiliki kandungan potasium. Kalium mengurangi tekanan darah dengan membantu mengurangi natrium (garam) berlebih dalam tubuh.

Lihat Juga: 5 Manfaat Buah Salju Khas Bedugul yang Viral di TikTok

Manfaat Jeruk Mandarin untuk Tulang Lebih Kuat

Bukan saja potasium, jeruk mandarin juga memiliki kalsium dan magnesium. Orang yang mendapat asupan tiga mineral ini dalam makanannya cenderung mempunyai kepadatan mineral tulang lebih tinggi. Artinya tulang mereka lebih kuat dan mengurangi risiko patah.

Jeruk Mandarin juga Bermanfaat untuk Kesehatan Usus

Adanya serat larut di jeruk mandarin membuatnya baik untuk pencernaan. Serat larut akan membentuk gel pada saluran pencernaan. Ini membuat usus melunakkan tinja dan memperlancar buang air besar.

Jeruk mandarin pun mengandung beberapa serat tidak larut. Menurut Healthline, jeruk mandarin mengandung lebih banyak jenis serat ini ketimbang buah lainnya.

Itulah lima manfaat jeruk mandarin untuk kesehatan, sehingga jeruk jenis satu ini sangat baik untuk dimasukkan dalam tambahan menu harian.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top