Health

5 Manfaat Ketumbar bagi Kesehatan, Salah Satunya untuk Menurunkan Gula Darah

Manfaat Ketumbar bagi Kesehatan

Manfaat ketumbar ternyata sangat banyak. Ketumbar merupakan salah satu rempah yang kaya antioksidan. Rempah yang populer di kawasan Asia ini ternyata memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Kandungan antioksidan yang tinggi membuatnya baik untuk kesehatan tubuh. Diketahui, bumbu masak satu ini mengandung Vitamin B, C, Kalium, Kalsum, Mangan, Magnesium, Kalsium hingga Zat besi.

Bahan satu ini juga kerap disebut sebagai salah satu obat ampuh untuk sejumlah penyakit. Berikut lima manfaat ketumbar bagi kesehatan

Lihat Juga: Manfaat Kunyit Putih, Cara Penggunaan – Dosis – Efek Samping

5 Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan

1. Menurunkan Kolesterol

Kandungan antioksidan dalam ketumbar berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Selain itu, ketumbar memiliki sifat diuretik yang berguna untuk membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh.

2. Menurunkan Gula Darah

Pada penelitian yang diterbitkan oleh The British Journal of Nutrition membuktikan bahwa ekstrak biji ketumbar memiliki sifat anti hiperglikemik, menjaga kadar gula darah dan pelepasan insulin. Ketumbar membantu menjaga diabetes secara alami dengan cara merangsang sekresi insulin.

3. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Manfaat ketumbar lainnya yaitu mencegah kerusakan sel yang diakibatkan oleh radikal bebas. Sebuah studi tabung reaksi menunjukkan bahwa antioksidan di dalam ekstrak biji ketumbar mampu menurunkan peradangan dan menekan pertumbuhan sel kanker payudara, paru-paru, usus besar dan prostat.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Minyak ketumbar mampu melancarkan dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Menurut penelitian, ketumbar secara signifikan dapat mengurangi kembung, sakit perut dan rasa tidak nyaman pada pencernaan.

Lihat Juga: Manfaat Lada Hitam Untuk Kesehatan

5. Menjaga Kesehatan Otak

Ketumbar juga bersifat anti inflamasi yang dapat menekan risiko penyakit otak seperti alzheimer, parkinson dan multiple sclerosis. Menurut penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan ekstrak ketumbar bisa melindungi mereka dari kerusakan sel saraf usai kejang karena obat.

Efek Samping Ketumbar

Selain manfaat ketumbar bagi kesehatan, namun rempah satu ini juga dapat menimbulkan reaksi alergi, masalah perut dan hati. Pasalnya, jika dikonsumsi secara berlebihan, ketumbar dapat menyebabkan sakit perut dan gangguan fungsi hati. Bukan itu saja, mengonsumsinya terlalu banyak juga menyebabkan turunnya tekanan darah.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top